Teknik Sipil - Universitas Diponegoro

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Diponegoro
Nama Fakultas : Teknik
Alamat Sekretariat : Tembalang, Semarang, Jawa Tengah Indonesia
Telp : (024) 7474770    Telp2 :
Fax : (024) 7460060    Fax2 :
Website : http://www.sipil.undip.ac.id/
Nama Kepala Program Studi : Ir. Sri Sangkawati, MS

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Teknik Sipil merupakan jurusan tertua di Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (UNDIP) dan pada tahun 2008 ini sudah berusia 50 tahun.  Sejak diberlakukannya sistem Akreditasi, Jurusan Teknik Sipil selalu mendapatkan Peringkat Akreditasi A, dan yang terakhir adalah sesuai dengan SK Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi No. 021/BAN-PT/AK-VII/S1/VI2004.

Jumlah mahasiswa teknik sipil yang masuk tahun 2008 ini cukup besar yaitu 276 orang,  dengan jumlah mahasiswa yang berasal dari SMA 249 orang dan lintas jalur 27 orang.

Banyak hal yang sudah dilakukan dan terus akan dilakukan untuk mencetak sarjana teknik sipil yang berkualitas, memiliki kompetensi, kemandirian dan daya saing yang tinggi, seperti evaluasi proses belajar mengajar, peningkatan kualitas para dosen dan sarana prasarana.

Website Pedoman Jurusan Teknik Sipil ini diterbitkan untuk memberikan panduan bagi Mahasiswa Teknik Sipil, Dosen, Dosen Wali, Karyawan dan juga dapat dipergunakan oleh alumni, dan instansi lain yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
Visi
Menjadi institusi pendidikan Teknik Sipil yang mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan teknik informasi serta mempunyai kemampuan profesional yang tinggi dalam menghadapi kompetisi di pasar lokal, regional maupun internasional, dengan tetap memperhatikan Pola Ilmiah Pokok Universitas Diponegoro yaitu berorientasi pada pengembangan lingkungan wilayah pantai/ pesisir (Coastal Region Eco Development)



Misi
   1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas tinggi dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi ketekniksipilan.

   2. Menstimulasi dan meningkatkan kualitas penelitian, publikasi baik oleh dosen maupun mahasiswa yang berorientasi pada produk dan inovasi.

   3. Menyediakan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dalam menyelesaikan persoalan pembangunan.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Fasilitas Program Studi
Prasarana kampus yang dimiliki Jurusan Teknik Sipil FT. UNDIP terdiri dari 5 (lima) gedung utama dan sebuah bangunan penunjang yang meliputi :

a.    Gedung – A : adalah bangunan satu lantai, merupakan Gedung Aula dengan luas  lantai total 672 m2. Gedung ini digunakan untuk kegiatan seperti : kuliah umum, seminar, diskusi, serta untuk kegiatan massal lainnya yang dapat melayani kegiatan dengan kapasitas + 300 orang. Dalam kondisi tidak ada pemakain resmi, gedung ini juga bisa dimanfaatkan sebagai gedung arena olah raga “bulutangkis”.

b.    Gedung – B : adalah bangunan tiga lantai, merupakan Gedung Kuliah dengan luas lantai total 2.080 m2, digunakan untuk ruang kuliah seluas  1.092 m2, laboratorium Mekanika Tanah seluas 135 m2, ruang administrasi pengajaran seluas 45 m2, administrasi pengajaran program Ekstensi/Reguler-2 seluas 90 m2, ruang diskusi / ruang panitia ujian semester seluas 90 m2, selasar dan lain-lain seluas 628 m2.

c.    Gedung – C : adalah bangunan tiga lantai, merupakan Gedung Kuliah dengan luas lantai total 2.080 m2, digunakan untuk ruang kuliah seluas 1.020 m2 (sebagian “dipinjamkan” untuk penyelenggaraan Program Studi Teknik Lingkungan), perpustakaan seluas 90 m2. Laboratorium (Kelompok Studi Aplikasi Komputer Sipil – KSAKS) seluas 126 m2, ruang kegiatan mahasiswa / Himpunan mahasiswa Sipil (HMS) seluas 21 m2, Mushola, dan lain-lain seluas 823 m2.

d.    Gedung – D : adalah bangunan tiga lantai, merupakan Gedung Laboratorium dengan luas lantai total 2.068 m2, digunakan untuk ruang laboratorium (Bahan dan Konstruksi, Pengaliran, Transportasi, Geodesi (Pengukuran), Komputasi seluas 1.137 m2, ruang dosen seluas 279 m2, dan lain-lain seluas 652 m2 termasuk didalamnya ruang administrasi pengajaran Program Doktor Teknik Sipil.

e.    Gedung – E : adalah bangunan tiga lantai, merupakan Gedung Jurusan Teknik Sipil dengan luas lantai total 806 m2, digunakan untuk ruang dosen  seluas 330 m2, ruang administrasi jurusan seluas 108 m2, dan lain-lain seluas 368 m2.

f.    Bangunan Kantin : merupakan bangunan yang disediakan untuk melengkapi sarana kampus guna menunjang aktivitas di kampus Jurusan Teknik Sipil dari pagi hingga sore hari.