Fisika - Universitas Padjadjaran

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Padjadjaran
Nama Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Alamat Sekretariat : Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363
Telp : 022 - 7796014    Telp2 :
Fax : 022 - 7792435    Fax2 :
Email : fisika@unpad.ac.id
Website : http://phys.unpad.ac.id/
Guru Guru Besar : 1.    Prof. Dr. Rustam Effendi Siregar, Drs., M.Sc.
2.    Prof. Dr. Jetti Nurhajati Sajuti, dra.
3. &

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Jurusan Fisika merupakan program studi di Unpad yang memperoleh hibah Technological and Professional Skill Development Project (TPSDP) DIKTI dari 2003 sampai 2007, untuk peningkatan kualitas program studi dan mutu lulusannya. Jurusan Fisika memperoleh akreditasi A dari DIKTI yang berlaku dari 2007 – 2011. Saat ini Jurusan Fisika memiliki kerjasama dengan berbagai instansi di dalam dan di luar negeri untuk meningkatkan kualitas lulusan, seperti BATAN, Pusat Survey Geologi, PT. Elnusa, RIKEN Jepang dll.
Visi Menjadi institusi pendidikan yang berkualitas dalam fisika dan terapannya serta berkontribusi dalam pengembangan ilmu.
Misi
  1. Membekali lulusan secara baik dan komprehensif dalam dalam pengusaan fisika dan terapannya, keterampilan berkomunikasi dan berjiwa entrepreneur untuk memasuki pasar kerja dan pendidikan lanjut.
  2. Menciptakan iklim kerja kondusif agar terbentuk mutu yang tinggi dalam kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  3. Mengembangkan sumber daya untuk menyesuaikan dengan perkembangan sains dan teknologi serta kebutuhan pasar kerja.
  4. Membangun kerjasama dan kolaborasi dalam penelitian dan pengembangan dengan institusi lain.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Indonesia
Fasilitas Program Studi Jurusan Fisika didukung oleh sarana dan prasarana yang lengkap baik untuk perkuliahan maupun praktikum dan perpustakaan.  Laboratorium terdiri dari (1) Fisika Dasar, (2) Fisika Menengah dan Lanjut, (3) Komputer, (4) Elektronika, (5) Instrumentasi, (6) Fisika Material, (7) Geofisika, (8) Fisika Energi, (9) Pengolahan Sinyal dan Citra, (10) Hardware, dan (11) Bengkel Mekanik. Staf pengajar berjumlah 43 orang terdiri dari Profesor (2), Doktor (10), Magister (29), Sarjana (2).
Kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta, atau asing Lulusan Jurusan Fisika terserap di lembaga pemerintah dan swasta seperti, LIPI, BATAN, BPPT, LAPAN, Pusat Survey Geologi, PT. Telkom, PTDI, Departemen Keuangan dan Perdagangan, Perusahaan Migas dan Tambang (Pertamina, TOTAL INDOSIE, PT. ELNUSA, GEOTERMAL, MEDCO ENERGIE, PT. PETRONAS, SCLUMBERGER, ENI SPA, PT. Newmont),  SIEMENS, Trans TV, PT Control System, Sharp Semiconductor, PT. Epson, PT. Connusa Energindo, Grafindo, PT. Yamatake Berca, Bank, Asuransi, dll.