Desain Komunikasi Visual - Institut Seni Indonesia Denpasar - Bali

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Institut Seni Indonesia Denpasar - Bali
Nama Fakultas : Seni Rupa dan Desain
Alamat Sekretariat : Jl. Nusa Indah, Denpasar, Bali
Telp : (0361) 227316    Telp2 :
Fax : (0361) 233100    Fax2 :
Email : dkv@isi-dps.ac.id
Website : http://isi-dps.ac.id/dkv

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual melakukan evaluasi guna mendapatkan suatu gambaran lembaga sehingga, dapat diambil langkah-langkah perbaikan yang tepat dalam upaya meningkatkan mutu yang diinginkan. Program Studi Desain Komunikasi Visual Institut Seni Indonesia Denpasar mengadakan pembenahan secara berkala untuk meningkatkan mutu lembaga dan juga mutu lulusan sehingga dapat bersaing di masyarakat baik lokal, nasional maupun internasional.

Berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat (kegiatan ini perlu terus ditingkatkan) terus dilakukan baik oleh dosen/tenaga edukatif maupun mahasiswa. Penelitian dan pengabdian yang dilakukan dosen/tenaga edukatif sedapat mungkin melibatkan mahasiswa guna memberikan wawasan yang lebih banyak kepada mahasiswa sebagai bekal pengalaman yang berharga. Pengabdian masyarakat yang dikelola oleh mahasiswa dengan melibatkan dosen pembimbing berupa Kerja Sosial Mahasiswa yang merupakan program rutin fakultas untuk mahasiswa baru. Program Studi Desain Komunikasi Visual mengikutsertakan dosen pembimbing dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual untuk berperan aktif dalam memberikan pengenalan program studi kepada mahasiswa baru, mengadakan penyuluhan dan ceramah sesuai bidang ilmu (Desain Komunikasi Visual)  kepada masyarakat.

Jurusan Desain selama ini telah mengadakan kerjasama dengan pengusaha industri grafika. Hubungan ini adalah terbatas dalam bentuk Kerja Praktek Mahasiswa. Di samping itu juga memberikan bantuan tenaga ahli kepada Design Development Organisation (DDO) Bali. Pada tingkat regional jurusan desain telah bekerjasama dengan Universitas Petra Surabaya dan Universitas Trisakti Jakarta untuk meningkatkan mutu kedua institusi dalam bidang pendidikan, seminar, pameran bersama dll

Visi dan Misi Program Studi Desain Komunikasi Visual mengacu pada Visi dan Misi ISI Denpasar sebagai berikut:

Visi Menjadikan program studi Desain Komunikasi Visual sebagai pusat   pendidikan, kajian dan pengembangan Seni, Desain, ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbudaya, berjati diri dengan keseimbangan sains dan skill yang memadai untuk mencapai besaran yang memiliki ukuran dan arah sesuai tujuan pendidikan serta dapat berperan serta dalam pembangunan daerah, nasional maupun internasional.
Misi Meningkatkan kualitas dan kuantitas, pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dengan sumber daya manusia secara berdaya guna dan berkesinambungan serta tetap menjaga kelestarian budaya dan lingkungan.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Indonesia
Fasilitas Program Studi

Tabel 18. Profile Fasilitas Ruang Kuliah

Kapasitas Ruang Kuliah

Jumlah

Total Luas

Jumlah Penggunaan

Fasilitas Pengajaran

Peralatan

R. Kuliah

Ruang (m2)

Shift/hari

hari/minggu

yang ada

100

4

208.4

3

6

OHP. Whiteboard. LCD. Laptof

Total

4

208.4

3

6

Tabel 19. Profile Laboratorium dan Pemanfaatannya

Nama

Jumlah Lab

Total

Kapasitas

Jumlah Penggunaan

Mata Kuliah

Jumlah Percobaan / Semester

Laboratorium

Luas Lab.

Lab./

Shift/

hari/

Pengguna

Yang dapat

Yang

m2

shift

hari

minggu

Lab

dilayani

seharusnya

Lab.Komputer

1

49

9

2

6

Peng. Komputer

9

20

Total

1

49

9

2

6

9

20

Tabel. 20.  Alokasi Penggunaan Laboratorium Untuk Pendidikan (jam/minggu)

Nama Laboratorium

Bidang Ilmu

Total jam/minggu

Total Mhs

Komputer

Peng. Komputer

3

20

Tabel 21.  Profile Koleksi Bahan Pustaka

Jenis Bahan Pustaka

Tahun Penerbitan

Total

1-2  Tahun Terakhir

3-5 Tahun Terahir

>5 Tahun Yang Lalu

Judul

Copies

Judul

Copies

Judul

Copies

Judul

Copies

1

2

3

4

5

6

7

6

7

Buku Teks

175

175

Diktat

2

1

3

Jurnal

10

10

10

10

SkriJurusani

2

3

17

22

Thesis

7

7

Majalah

Buku Refrensi

12

12

Laporan Penelitian

4

4

CD - ROM

Lain-Lain

Total

Informasi Praktik Kerja Lapangan

Mahasiswa diikutsertakan secara aktif dalam kegiatan penelitian maupun pengabdian masyarakat yang diadakan oleh jurusan maupun staf edukatif secara perorangan. Hal ini dimaksudkan untuk menambah wawasan keilmuwan mahasiswa, maupun kehidupan kemasyarakatan yang sangat kompleks.

Mahasiswa dengan sepengetahuan jurusan dan program studi, juga kerap kali mengadakan berbagai kegiatan ilmiah maupun non ilmiah yang dapat menambah wawasan mahasiswa, baik terhadap ilmu Desain Komunikasi Visual maupun ilmu lainnya yang berguna setelah menyelesaikan studinya, seperti seminar, temu karya ilmiah dan juga berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat.