Desain Multimedia - Sekolah Tinggi Desain Interstudi

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Sekolah Tinggi Desain Interstudi
Nama Fakultas : Seni Rupa dan Desain
Alamat Sekretariat : Sekolah Tinggi Desain InterStudi
Jl.Kapten Tendean No. 2 Kebayoran Baru - Jakarta Selatan
Telp : (021) 71793985    Telp2 :
Fax : (021) 71790477    Fax2 :
Email : dwinanto@multimediastdi.com
Website : http://www.multimediastdi.com/

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Design Multimedia

labPesatnya perkembangan dunia informasi yang ditandai dengan meningkatnya kebutuhan akan praktisi –praktisi yang handal dan  kreatif  dalam dunia multimedia design. Untuk menjawab tantangan tersebut, maka STDI menyediakan program yang memang difokuskan untuk menjadikan seseorang menjadi tenaga professional dengan kompetensi  comprehensive, yang mampu menguasai dan mengaplikasikan berbagai program multimedia design hingga dapat bersaing dalam dunia global serta mempunyai jiwa berwirausaha berbasis technologi.  

Multimedia Design sendiri dalam dunia digital merupakan sebuah tampilan hasil akhir dari perpaduan berbagai macam olahan kreasi desain digital. Walaupun secara teori, Multimedia Design tidak terbagi-bagai dalam satu kategori tertentu, namun dalam praktek kerjanya, seorang praktisi yang bergerak dibidang digital multimedia design dapat memilih spesifikasi karir sebagai multimedia designer atau web multimedia designer atau multimedia interactive developer. 

Adapun tahapan program studi yang dapat menunjang komprehensifitas dalam sebuah Digital Multimedia Design adalah sebagai berikut:

·         Digital Multimedia Design

·         Web Multimedia Design

·         Multimedia Interactive & Presentation  Design

v  Digital  Multimedia Design

Langkah pertama untuk menghasilkan seorang Multimedia desainer  masa kini yang handal dan lengkap sebaiknya dapat bereksplorasi dengan garis dan warna untuk menghasilkan kombinasi gambar vector yang menarik, hingga dapat  mengolah ataupun memadukannya dengan image foto yang kemudian dapat menghasilkan rancangan keasi cetak  yang sempurna.  

Sebagai langkah berikutnya adalah  maka dituntut untuk mempunyai penguasaan teknik dasar dibidang animasi, seperti  animasi 2 dimensi icon-icon sederhana dalam tokoh-tokoh kartun jepang atau Disney,  hingga animasi 3 dimensi dalam berbagai tampilan dan kebutuhan, mulai dari contoh produk, demo profile, hingga animasi tingkat lanjut pembuatan anime dan animasi-animasi canggih dalam film-film Hollywood. Setelah penguasaan program-program di atas maka berikutnya dibutuhkan keahlian dalam bidang visual effects, karena tidak semua efek-efek khusus dapat dikerjakan atau dibuat oleh seorang art designer.
Apalagi untuk film-film yang mengangkat tema dari komik, cerita legenda ataupun iklan yang banyak membutuhkan setting dan pernak-pernik imaginative dalam pembuatan produksinya, disinilah peran seorang visual effect dibutuhkan untuk membuat hasil akhir sebuah film menjadi karya visual yang sempurna. Sebagai langkah penutup, untuk melengkapi keahlian sebagai seorang praktisi Multimedia Designer, maka diperlukan kemampuan untuk mengolah, meramu dan menyusun setiap potongan karya yang telah dihasilkan oleh grafis desiner, animator dan after effect, dipadukan dengan hasil capture film hingga menjadi satu tampilan desain multimedia yang atraktif dan solid.

Peluang karir : Designer  Graphics, Product Designer,  Event Organizer, Digital Photographer, Journalist, Editor (magazine,tabloid),  Animator, Product Designer, Advertising, Art director, Post Production, TV Editor, Production house, Multimedia Designer, membuka usaha sendiri   di bidang desain percetakan, animasi dan editing video.

v  Web Multimedia Design

Sama halnya dengan Multimedia Designer, seorang Web Multimedia Designer juga membutuhkan penguasaan lebih dari 3 aplikasi program, untuk membuat tampilan website yang berbasis multimedia design.

 Sebagai langkah awal dibutuhkan kemampuan dasar dalam penguasaan  pembuatan design dan pembangunan sebuah website, mulai dari penempatan layout design awal hingga website siap untuk  launching internet. Selain itu  penguasaan dalam hal website programming dan  animasi  juga dibutuhkan untuk  mendukung website yang berbasis multimedia.

Peluang karir : Web Designer, Online Media, Internet Service Provider, DotCom Company, membuka usaha sendiri (Web Development).  lab

v  Multimedia Interactive &  Presentation Design

Tidak berbeda dengan kedua  hal diatas, untuk menjadi  Multimedia Interactive & Presentation Designer yang handal,  membutuhkan setidaknya  4  aplikasi program yang dikuasai secara aktif. Karena sesuai dengan namanya, multimedia interaktif, maka output yang akan dihasilkan harus mempunyai  tampilan yang bersifat  interaksi dan  atraktif  pada saat ditayangkan.Untuk mendapatkan output tersebut  dibutuhkan keahlian dalam meramu berbagai materi program seperti flash, text video, 3D shockwave, sound, dan graphic menjadi sebuah aplikasi multimedia interaktif  yang menakjubkan, serta mampu mendistribusikan aplikasi tersebut ke dalam cd, website atau file yang berdiri sendiri (exe)

AKREDITASI PROGRAM STUDI

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi Lab Komputer dengan Spesifikasi :

Processor OnboardIntel® Quad Coreo Processor E6550 (2.33 GHz, FSB 1333, 4MB)

Motherboard DFI LANPARTY UT ICFX3200-T2R/G

Standard Memory 4 GB DDR-2 SDRAM PC-5300

Video Type SAPPHIRE RADEON HD 2600 Pro Advantage 512mb

Speakers Type CREATIVE HS-390 (headphone + mic)

Hard Drive Type 250 GB Serial ATA-II/300, 7200 RPM, Cache 8 MB

Optical Drive Type DVD±RW

Monitor CRT 17 inch

Networking Wireless LAN  BELKIN F5D7000ak

UPS APC BE525AS

Hp & Epson professional Printer

Epson Scanner

Lab IMAC
Intel Core 2 Duo 2.4GHz, 1GB DDR2, 250GB HDD, DVD±RW, GbE NIC, WiFi, Bluetooth, VGA ATI Radeon HD 2400XT 128MB, Camera, 20" LCD Display, Mac OS X v10.5 Leopard