Akuntansi - Universitas Kristen Petra

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Kristen Petra
Nama Fakultas : Ekonomi
Alamat Sekretariat : Petra Christian University Jl. Siwalankerto 121-131 Surabaya, Indonesia
Kode Pos : 60236
Telp : +62-31-2983190-92    Telp2 : +62-31-2983193-94
Fax : +62-31-8436418    Fax2 :
Email : kj-akt@peter.petra.ac.id
Website : http://accounting.petra.ac.id/
Nama Kepala Program Studi : Setyarini Santosa, SE, MAFIS, Ak.
Jumlah Mahasiswa : 491

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Program Studi ini didirikan berdasarkan Surat Keputusan No. 93/DIKTI/KEP/1994 tertanggal 9 April 1994. Dalam usianya yang relatif muda, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra telah berhasil meraih banyak kemajuan.
Visi menjadikan institusi sebagai pusat pendidikan, penelitian dan pengembangan sumberdaya manusia yang berkualitas dan mandiri dalam mengintegrasikan ilmu akuntansi dengan ilmu lain untuk mendukung industri dan mengaktualkan perkembangan civil society berlandaskan moral dan etika keilmuan.
Misi menyelenggarakan pendidikan, pelatihan, penelitian dan kajian aplikasi ilmu akuntansi yang berkualitas, kompetitif, untuk mengembangkan potensi yang ada serta diseminasi produk penelitian dan kajian kepada stakeholder.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

Lihat informasi beasiswa di bagian fakultas

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi

CAADAS

Computer-Assisted Accounting Department Administration System adalah sistem administrasi yang dikembangkan sendiri oleh Jurusan Akuntansi sebagai bukti kekuatan di bidang teknologi informasi.

Sistem ini dikembangkan melalui proyek pendanaan competitive grant SEMI QUE-IV dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Sistem administrasi ini dilakukan secara terkomputerisasi dan meliputi antara lain pemantauan prestasi mahasiswa, pemantauan kegiatan mahasiswa dan pemantauan tugas akhir mahasiswa.

Hal ini sangat mendukung efisiensi dan efektivitas kerja di lingkungan jurusan. Sistem administrasi ini memungkinkan terjadinya early warning system atau peringatan dini untuk mahasiswa yang mengalami kesulitan belajar. Inilah wujud kepedulian Jurusan kepada Mahasiswa. Berdasarkan peringatan dini yang dihasilkan, Jurusan bersama-sama dengan Mahasiswa dan orangtuanya melihat ulang semua proses belajar pribadi mahasiswa sehingga mahasiswa dapat melewati masa studi dengan baik.

Ruang Kelas yang Nyaman

Seluruh ruang kelas di UK Petra, dan tentunya Jurusan Akuntansi yang berpusat di gedung T, telah dilengkapi dengan pendingin udara.

Untuk kegiatan perkuliahan umum, seminar, workshop, atau kuliah tamu, tersedia ruang teater yang nyaman di gedung yang sama.

Lab Komputer dan Perpustakaan

Bagi semua mahasiswa disediakan Laboratorium Komputer sebagai tempat melakukan praktikum untuk kuliah berorientasi komputer dan mengerjakan tugas.

Selain laboratorium komputer terdapat pula Perpustakaan Pusat di gedung W, di mana tersedia banyak literatur maupun karya ilmiah yang mendukung proses belajar-mengajar di Jurusan Akuntansi UK Petra.

Pojok Profesi

Sebagai komitmen kami dalam menghasilkan Akuntan Plus, ruang Pojok Profesi diadakan dan ditujukan bagi mahasiswa tingkat akhir dan dosen Akuntansi.

Melalui pojok profesi ini diharapkan dapat mengakomodasi perkembangan terbaru dalam dunia akademis dan profesi, khususnya Jurusan Akuntansi.

Kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta, atau asing IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) Jawa Timur, IARFC (International Association of Registered Financial Consultants). Jurusan Akuntansi UK Petra pada tahun 2002 telah menjadi Sekretariat ISACA (Information Systems Audit & Control Association) Sub-Chapter Surabaya untuk memperkuat keberadaan jurusan ini serta menjalin link dengan industri dan professional khususnya di bidang Audit Information System