Teknik Elektro - Universitas Kristen Petra

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Kristen Petra
Nama Fakultas : Teknologi Industri
Alamat Sekretariat : Jurusan Teknik Elektro
Fakultas Teknologi Industri
Universitas Kristen Petra
Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya
INDONESIA
Kode Pos : 60236
Telp : (62 31) 298 3442    Telp2 :
Fax : (62 31) 849 2562    Fax2 :
Email : jtelka@petra.ac.id
Website : http://electrical.petra.ac.id/
Nama Kepala Program Studi : Ir. Emmy Hosea, M.Eng.Sc.
Jumlah Mahasiswa : 169

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Kristen Petra semula bernama Fakultas Teknik Elektro, didirikan pada tahun 1982 dengan 2 (dua) bidang studi/konsentrasi yaitu Teknik Sistem Tenaga dan Elektronika berdasarkan surat keputusan Rektor tanggal 30 April 1982 No. 110/Kep/UKP/1982. Program pendidikannya adalah jenjang S-1. Fakultas Teknik Elektro beroperasi setelah mendapat ijin operasional yang diberikan oleh Kopertis VII dengan keputusan Kopertis No. 091c/Q/1983 tanggal 28 Juni 1983.

Fakultas Teknik Elektro memperoleh status "terdaftar" pada tanggal 7 Oktober 1983 berdasarkan keputusan Mendikbud No. 0424/0/1983. Pada tahun 1984, Fakultas Teknik Elektro dan Fakultas Teknik Mesin digabung menjadi satu dan dinamakan Fakultas Teknologi Industri dan Fakultas Teknik Elektro diubah namanya menjadi Jurusan Teknik Elektro. Mulai tanggal 10 Mei 1986 berdasarkan keputusan Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Petra No. 23/Kept/YPTK/V/86 Fakultas Teknologi Industri bergabung dengan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan menjadi Fakultas Teknik dimana Jurusan Teknik Elektro bernaung di bawahnya.

Mulai tahun ajaran 1990/1991 Jurusan Teknik Elektro mempunyai 3 (tiga) bidang studi/ konsentrasi yaitu Teknik Sistem Tenaga, Elektronika dan Teknik Komputer. Jurusan Teknik Elektro memperoleh status "diakui" pada tanggal 23 Januari 1992 berdasarkan keputusan Mendikbud No. 0048/0/1991. Pada tahun 1998, Jurusan Teknik Elektro mendapat AKREDITASI TINGKAT B dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) dengan SK-BAN No.: 002/BAN-PT/Ak-II/XII/1998. Pada tahun 2004, akreditasi diperbaharui dengan SK-BAN No.: 021/BAN-PT/Ak-VII/S1/VI/2004. Dengan bertambahnya jurusan-jurusan di bawah Fakultas Teknik, maka pada tanggal 3 Juli 2000, berdasarkan SK Yayasan Perguruan Tinggri Kristen Petra No. 36/Kept/YPTK/VII/2000. Fakultas Teknik di pecah lagi menjadi Fakultas Teknologi Industri dan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan dimana Jurusan Teknik Elektro bersama dengan Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Industri dan Jurusan Teknik Informatika bernaung di bawah Fakultas Teknologi Industri. Kemudian pada tahun ajaran 2002/2003, 3 (tiga) bidang studi/ konsentrasi di Jurusan Teknik Elektro berubah nama menjadi Teknik Energi Listrik, Teknik Elektronika dan Telematika.
Visi Menjadi Jurusan Teknik Elektro yang bereputasi internasional, bermitra dengan industri dan masyarakat, berkomitmen pada nilai-nilai Kristiani
Misi Memajukan dan memberdayakan civitas akademika di lingkup jurusan dan masyarakat sebagai pengejawantahan nilai-nilai Kristiani melalui: * Kepedulian dalam lingkup internal dan eksternal Jurusan. * Wawasan global dalam wujud proses belajar mengajar yang berkualitas dari sisi sistem dan proses pendidikan, kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah, serta pengabdian masyarakat di lingkup ilmu teknik elektro. * Penggunaan teknologi informasi sebagai infrastruktur dari sistem komunikasi dan informasi di lingkup Jurusan Teknik Elektro. * Kualitas dan unggulan dalam hal kepakaran, penelitian dan pelayanan yang berkesinambungan. * Efektifitas dan efisiensi dalam penyusunan maupun pelaksanaan program yang sesuai dengan kebutuhan Jurusan Teknik Elektro.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

Lihat informasi beasiswa di bagian fakultas

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi
  1. Laboratorium Sistem Tenaga Listrik (STL)
  2. Laboratorium Sistem Kendali (Kontrol)
  3. Laboratorium Elektronika
  4. Laboratorium Telematika
Keempat laboratorium tersebut berdiri di gedung I dari lantai-1 hingga lantai-4 serta melayani berbagai praktikum dan kegiatan akademik mahasiswa (tugas, project, tugas akhir, dll).
Kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta, atau asing PT. Schneider Indonesia

Jurusan Teknik Elektro Universitas Kristen Petra ditetapkan sebagai salah satu Authorized Training Center dari PT. Scnheider Indonesia. Pelatihan-pelatihan yang diadakan antara lain:

    * Pelatihan Teknologi Otomasi (PLC, SCADA, dll) melalui IATC (Industrial Automation Training Center)
    * Pelatihan Capacitor Bank melalui Kelompok Studi EPEMS (Electrical Power and Energy Management System

PT. Excelcomindo Pratama TBK

XLPT. Excelcomindo Pratama TBK memberikah hibah sebuah unit SDH-Multiplexer kepada Laboratorium Telematika - Jurusan Teknik Elektro. Perlatan ini sangat bermanfaat guna menunjang kegiatan praktikum mata kuliah Digital Communication Technology di Jurusan Teknik Elektro. Multiplexer adalah perangkat transmisi yang dipakai oleh para operator telekomunikasi. Meskipun alat ini bukan peralatan baru, namun masih sangat bermanfaat bagi kalangan perguruan tinggi untuk mempelajari cara kerja dan operasionalisasi telekomunikasi. Peralatan ini sebelumnya dipergunakan oleh XL untuk operasional.

Double Degree

Fontys UniversityMulai tahun 2005, PS menjalin kerjasama dengan Fontys University dari Belanda untuk menyelenggarakan program Double Degree. Dengan program ini, mahasiswa bisa mengembangkan kompetensi lebih tinggi lagi dengan mengambil mata kuliah berskala internasional. Saat ini sudah masuk angkatan ketiga dan sudah menghasilkan lulusan double degree berjumlah enam orang.