Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) - Universitas Sebelas Maret

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Sebelas Maret
Nama Fakultas : Pertanian
Kode Pos : 57126
Nama Kepala Program Studi : TOTOK MARDIKANTO

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Visi

Menjadi pusat pendidikan tinggi untuk menghasilkan sarjana pertanian berkeahlian penyuluhan dan komunikasi pertanian yang memiliki keunggulan bersaing

Misi
  • Mengembangkan keahlian dan profesionalisme dalam analisis teori bidang pertanian pada umumnya, dan bidang penyuluhan dan komunikasi pertanian pada khususnya.
  • Mengembangkan kemandirian dengan mengaplikasikan teknik-teknik penyuluhan dan komunikasi pertanian dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Mengembangkan kemampuan kewirausahaan .

AKREDITASI PROGRAM STUDI

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi

Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, termasuk di dalamnya memberikan ketrampilan kepada mahasiswa, Jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian sudah memiliki beberapa fasilitas penunjang, yakni :

  1. Ruang Studio rekaman
    Salah satu ruang Multimedia di Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian adalah Ruang Studio Rekaman yang mempunyai fungsi untuk  belajar untuk membuat rekaman suara (Audio)
  2. Ruang komputer 
    Ruang komputer disediakan untuk praktek mahasiswa terutama berkaitan dengan praktikum multimedia (audio visual).
  3. Ruang studio radio komunitas (103,6 FM)
    Selain studio rekaman dan ruang komputer pada Jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian juga memiliki radio komunitas. Keberadaan radio komunitas ini dimaksudkan selain sebagai tempat praktikum mahasiswa juga sebagai sarana untuk menyampaikan berbagai macam informasi kepada masyarakat terutama berkaitan dengan bidang pertanian.
  4. Ruang Percetakan/ Fotocopy 
    Tempat ini sebagai sarana membuat media penyuluhan seperti poster, leafleat, booklet dan berbagai macam media lainnya.
  5. Pusat kajian dan informasi pertanian
    Dirintis dalam rangka sebagai sarana belajar serta wadah partisipasi dan pengabdian dari anggota Jurusan PKP baik staf pengajar maupun mahasiswa kepada masyarakat. Bentuk kegiatan yang dirintis diantaranya adalah bersama-sama masyarakat mengkritisi dan memecahkan permasalahan-permasalahan dalam bidang pertanian.

 

Selain kegiatan belajar mengajar dalam rangka menunjang keberlanjutan dan kemajuan Jurusan, maka ada beberapa kegiatan usaha yang didirikan yaitu :

  1. FotoCopy
  2. Wartel
  3. Koperasi Usaha Mandiri 
    Koperasi Usaha Mandiri merupakan lembaga keuangan yang didirikan oleh Jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian UNS berdasarkan kebersamaan, demokrasi, kemandirian yang berkeadilan. Koperasi ini berkantor di wilayah Kecamatan Polokarto. Adapun tujuan dari koperasi ini antara lain : meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya; meningkatkan kemajuan sektor usaha kecil dan menengah dalam arti luas; media pembelajaran kemandirian dan alternatif lapangan kerja bagi alumni PKP UNS; mempererat kekeluargaan antar anggota.
Informasi Praktik Kerja Lapangan
  1. Penyuluh
  2. LSM
  3. Penulis
  4. Peneliti
  5. Jurnalis/wartawan
  6. Broadcast
  7. Bank
  8. Wiraswasta pertanian
  9. Event organizer
Kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta, atau asing

Jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian telah menjalin kerjasama dengan beberapa instansi diantaranya Departemen Kehutanan, Dirjen Peternakan, Dinas Pertanian di Karesidenan Surakarta, PT. PUSRI dan lembaga-lembaga lainnya baik pemerintah maupun swasta.