Ilmu Tanah - Universitas Sebelas Maret

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Sebelas Maret
Nama Fakultas : Pertanian
Alamat Sekretariat : Jurusan/Program Studi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian UNS Gedung A Lt. 1 Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan - Surakarta
Kode Pos : 57126
Telp : 0271 - 632477    Telp2 : 0271 - 637457 Ext. 124
Fax : 0271-632477    Fax2 :
Email : ilmutanahuns@yahoo.com dan ilmu_tanah@fp.uns.ac.id
Website : http://pertanian.uns.ac.id/s1_ilmutanah.html

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Jurusan Ilmu Tanah merupakan penyelenggara proses belajar mengajar di bidang Ilmu Tanah. Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (FP-UNS) merupakan instansi struktural yang menyelenggarakan Program Studi Ilmu Tanah. Cikal bakal Jurusan / Program Studi Ilmu Tanah FP-UNS diawali dengan penyelenggaran Program Studi Ilmu Tanah pada tahun 1995 yang saat itu masih merupakan Jurusan Budidaya Pertanian. Meskipun demikian sejak tahun 1981 Fakultas Pertanian UNS telah meluluskan sarjana-sarjana yang mempunyai fokus dalam bidang Ilmu Tanah.

Jurusan / Program Studi Ilmu Tanah sebagai salah satu ujung tombak Perguruan Tinggi telah diberdayakan dengan penerapan strategi Total Quality Management. Seiring dengan strategi tersebut diharapkan tercipta kinerja Program Studi Ilmu Tanah yang efisien-efektif, sehingga dihasilkan lulusan unggul, tepat waktu dengan pembiayaan efisien serta tercapai kesejahteraan komunitas program studi baik psikologis maupun materi.

Isu internasional yang terkait dengan Program Studi Ilmu Tanah adalah Soil degradation, Konservasi dan Produktivitas. Untuk itu Jurusan / Program Studi Ilmu Tanah mempersiapkan lulusan-lulusannya sebagai sarjana yang mandiri, profesional  dan berkompetensi dalam kancah bebas melalui berbagai usaha baik dalam proses belajar mengajar secara formal maupun melalui pengkondisian melalui kegiatan ekstrakurikuler.

 

Visi

Menjadi Pusat Pendidikan dan Pengembangan Ilmu dan Teknologi yang handal dibidang pengelolaaan sumberdaya lahan melalui penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Misi

Menyelenggarakan Pendidikan Pengelolaan Sumberdaya Lahan yang mendukung pembangunan bangsa dengan mengedepankan pembinaan suasana akademik yang sehat.

Menyelenggarakan Penelitian yang berorientasi pada Pengembangan Ilmu dan Teknologi dan Pengelolaan Sumberdaya Lahan untuk menjawab berbagai permasalahan meliputi kesuburan, konservasi tanah, dan tata guna lahan yang bertaraf Lokal, Regional, Nasional dan Internasional.

Menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat dengan berorientasi pada pemberdayaan segenap lapisan masyarakat dalam peningkatan pemanfaatan sumberdaya lahan lebih berdaya guna, berhasil guna dan berkelanjutan untuk kemakmuran bangsa. 

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi

Jurusan/Program Studi Ilmu Tanah dalam segala kegiatannya dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang. Selain fasilitas pokok seperti ruang perkuliahan, perpustakaan fakultas maupun universitas, koleksi pustaka jurusan serta laboratorium-laboratorium termasuk diantaranya kebun percobaan. Juga dilengkapi dengan peralatan-peralatan seperti multimedia untuk penyelenggaran perkuliahan dan fasilitas internet secara gratis untuk semua civitas Jurusan / Program Studi Ilmu Tanah termasuk bagi Mahasiswa Ilmu Tanah.

 

EKSTRAKURIKULER

Setiap Mahasiswa Ilmu Tanah Fakultas Pertanian UNS adalah anggota dari Keluarga Mahasiswa Ilmu Tanah (KMIT) yang merupakan wadah organisasi keprofesian dibidang ilmu tanah. KMIT telah berkiprah tidak saja dalam lingkungan intern, tetapi telah mengibarkan benderanya di tingkat nasional. Beberapa kejuaraan nasional telah dijuarainya yang bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi ternama lainnya seperti UGM dan IPB.

KMIT juga telah mengirimkan wakilnya sebagai duta mahasiswa teladan dalam pelayaran mahasiswa nasional pada tahun 2005.

Untuk menampung kegiatan ekstra lainnya, juga terdapat unit kegiatan mahasiswa seperti Perkumpulan Mahasiswa Pecinta Alam KOMPOS, UKM Kesenian THOEKOEL dll.

 

LABORATORIUM

Sebagai penunjang minat studi serta penyelenggaraan pendidikan dan penelitian, Jurusan / Program Studi Ilmu Tanah mempunyai 4 laboratorium yaitu:

Laboratorium Fisika dan Konservasi Tanah

Laboratorium Kimia dan Kesuburan Tanah

Laboratorium Bologi Tanah

Laboratorium Pedologi dan Survai Tanah

 

Disamping itu juga didukung dengan :

Laboratorium Sentral UNS

Rumah Kaca (Green house)

Kebun Percobaan Jatikuwung, Mojosongo, Surakarta

Kebun Percobaan Jumantono, Karanganyar

Lahan Sawah Palur, Sukoharjo

 

LAYANAN DAN JASA

Selain menyelenggarakan pendidikan, Jurusan / Program Studi Ilmu Tanah juga menyediakan layanan dan jasa bagi masyarakat umum, antara lain:

Analisa kesuburan tanah

Analisa jaringan tanaman

Analisa sifat-sifat tanah

Analisa air

Analisa pupuk organik dan anorganik

Inokulasi dan analisa mikrobiologi

Pembuatan peta digital (GIS)

dsb

 

PS2LR

Pusat Studi Sumberdaya Lahan Regional (PS2LR) adalah suatu unit kerja dibawah koordinasi Jurusan / Program Studi Ilmu Tanah sebagai Pusat Kajian dan Pusat Pengembangan Ilmu dan Teknologi dibidang Pengelolaan Sumberdaya Lahan secara terpadu untuk pembangunan pertanian yang mandiri dan berkelanjutan. Pusat studi ini sebagai rujukan data dan informasi semberdaya lahan di tingkat regional. PS2LR berusaha untuk meningkatkan dan mengembangkan ilmu dan teknologi dengan mewadahi berbagai penelitian, diseminasi, kursus, pelatihan, pendampingan dan magang. Diantara beberapa tujuannya, peningkatan kompetensi lulusan dan pengurangan lama studi mahasiswa Jurusan / Program Studi Ilmu Tanah juga menjadi fokus dari keberadaan PS2LR. Dalam mendorong kegiatannya, PS2LR juga menjalin kerjasama dan kemitraan dengan lembaga / institusi lain baik secara formal maupun informal.

Kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta, atau asing

Guna meningkatkan kualitas Jurusan / Program Studi Ilmu Tanah, tidak terlepas dengan lembaga / instansi lain di luar universitas. Beberapa lembaga/instansi yang bekerjasama dengan Jurusan / Program Studi Ilmu Tanah antara lain Pemerintah Kabupaten / Kota di Wilayah Surakarta, BP2TP DAS Indonesia Bagian Barat, Balai Penelitian Pencemaran Lingkungan Pertanian (Balingtan) Jakenan Pati, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), Dinas Pertanian Propinsi Jawa Tengah, Perkebunan PT Sinar Mas tbk, Perkebunan PT Musi Rawas Citra Harpindo, CV Lembah Hijau Multi Farm, PT Ajinomoto Indonesia, PT Sasa Inti Gending, PT Cheil Samsung Indonesia, PT Miwon Indonesia, dsb.