Agronomi - Universitas Sebelas Maret

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Sebelas Maret
Nama Fakultas : Pertanian
Website : http://pertanian.uns.ac.id/~agronomi/

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Dalam perjalanannya sejak berdiri Jurusan Agronomi berupaya untuk selalu mengadakan perubahan untuk menuju penyempurnaan dalam berbagai aspek, sehingga diharapkan akan mampu bersaing dengan Jurusan di perguruan tinggi yang lain. Dengan upaya yang dilakukan maka sekarang iniJurusan Agronomi mendapatkan Akreditasi A dan sekarang dlam rangka mempersiapkan diri unrtuk menghadapi Reakreditasi, karena pada awal tahun 2007 merupakan batas waktu masa berlakunya akreditasi tersebut. Dengan upaya yang dilakukan diharapkan akan dapat mempertahnkan akreditasi yang telah dicapainya tersebut. 

Visi

Menjadi penyelenggara pendidikan bidang agronomi yang unggul guna menghasilkan sumberdaya yang berkualitas dan profesional serta mengembangkan ilmu pengetahuan/teknologi guna mendorong pengembangan sistem pertanian berkelanjutan dalam rangka ikut memacu kesejahteraan masyarakat

Misi

 

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi bidang Agronomi agar dapat menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, kemampuan, ketrampilan, dan pemahaman kondisi lapangan untuk pemecahan masalah nyata di lapangan, berwawasan luas dan memiliki komitmen pada profesi
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian bidang Agronomi untuk mendukung pengembangan ilmu pengetahuan/teknologi di bidang pertanian, khususnya yang berwawasan lingkungan
  3. Melaksanakan transfer ilmu pengetahuan/teknologi yang berwawasan lingkungan kepada masyarakat dalam rangka ikut mendorong percepatan peningkatan kesejahteraaan masyarakat

AKREDITASI PROGRAM STUDI

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi

SARANA DAN PRASARANA

 

 

Untuk menunjang proses pembelajaran tersedia sarana yang berbasis teknologi informasi, Green House sebanyak 4  Unit, Screen House sebanyak 1 Unit, Laboratorium (Ekologi dan Manajemen Produksi  Tanaman, Fisiologi Tumbuhan dan Bioteknologi, Pemuliaan Tanaman, Hama dan Penyakit Tumbuhan), Kebun Percobaan Lahan Kering Jumantono (2 ha) dan Jatikuwung (10 ha) serta lahan sawah di Palur (0,5 ha), Unit-unit kegiatan mahasiswa serta berbagai koleksi tanaman obat dan tanaman hias

 

 

 

 

Laboratorium berfungsi untuk melaksanakan praktikum dan enelitian. selain itu laboratorium juga menyediakan fasilitas untuk kepentingan umum (masyarakat luar) dengan kontribusi biaya tertentu.  Berikut keterangan lebih lengkap mengenai laboratorium Jurusan Agronomi Fakultas Pertanian UNS.

 

 

 

 

 

 Laboratorium Ekologi dan Manajemen Produksi Tanaman 
 Laboratorium Fisiologi Tumbuhan dan Bioteknologi
 Laboratorium Pemuliaan Tanaman 
 Laboratorium Hama dan Penyakit Tanaman

 

 

 

 

Laboratorium Fisiologi Tumbuhan dan Bioteknologi

 

 

 

UNIT USAHA

 

Dalam rangka memelihara sustainability Jurusan Agronomi, dibentuk unit-unit pengembangan. Unit-unit  ini dikelola oleh Dosen bersama-sama dengan Mahasiswa Jurusan Agronomi.

 

 

 

 

A.

UNIT PENGEMBANGAN KULTUR JARINGAN

 

 

Unit kegiatan ini didukung oleh berbagai fasilitas yang lengkap yang dibutuhkan, antara lain laminar, ruang dan peralatan sterilisasi dan aklimatisasi dan lain-lain. Saat ini telah mengerjakan kultur pisang, anggrek, chrisant, bawang merah dan tanaman obat.

 

 

 

 

B.

UNIT PENGEMBANGAN VERTIKULTUR DAN HIDROPONIK

 

 

Unit pengembangan ini telah memiliki 3 instalasi hidroponik yang terpasang di green house. Selain itu  juga tersedia peralatan untuk pengembangan aeroponik, NFT dan vertikultur.

 

 

 

 

C.

UNIT PENGEMBANGAN TANAMAN HIAS

 

 

Unit pengembangan ini telah memiliki koleksi tanaman hias berupa : 100 jenis Adenium , 100 jenis  tanaman indoor dan 20 jenis tanaman anggrek yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk belajar mengelola dan mengambangkan berbagai tanaman hias.

 

 

 

 

D.

UNIT PENGEMBANGAN TANAMAN OBAT

 

 

Unit pengembangan ini telah memiliki lebih dari 70 jenis koleksi tanaman obat yang diusahakan di rumah kaca maupun screen house. pengembangan tanaman obat dilakukan mulai dari proses budidaya dan pengolahan / ekstraksi secara sederhana sehingga mahasiswa akan mempunyai pengetahuan dan kemampuan praktik  tanaman obat yang cukup.

 

 

 

 

E.

UNIT PENGEMBANGAN KLINIK TANAMAN

 

 

Unit klinik tanaman ini dimaksudkan untuk melayani semua masyarakat, baik dari petani, masyarakat umum, maupun institusi ataupun perusahaan dalam penanganan berbagai masalah gangguan kesehatan tanaman. Unit klinik tanaman telah memiliki berbagai fasilitas yang diperlukan untuk deteksi berbagai gangguan tanaman. Selain itu, unit klinik tanaman sering melakukan kunjungan langsung ke lahan petani untuk menemukan atau  memecahkan masalah yang dihadapi petani di lapangan. .... menuju visi dan misi klinik tanaman >>

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berbagai Unit Kegiatan tersebut dapat dimanfatkan sebagai sarana kerjasama dengan institusi di luar UNS dalam hal magang, penelitian maupun pelatihan.

Kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta, atau asing

Untuk menunjang pengembangan akademik, Jurusan Agronomi mengadakan kerjasama dalam bidang penelitian, pendidikan (magang) dan pengabdian dengan beberapa institusi / perusahaan swasta maupun pemerintah yang bergerak di bidang perkebunan, pertanian organik, tanaman hias, tanaman obat, hortikultura, tanaman pangan dan lain-lain. 

Adapun beberapa institusi yang telah mengadakan kontrak kerjasama dengan Jurusan Agronomi antara lain : 
PT. MUSIRAWAS CITRAHARPINDO, PT. UNIPRIMACOM, CV. CRISANT FLOTIST, Balai Penelitian Tanaman Obat ( BPTO ) Tawangmangu ; Balai Tanaman Hias, Cisarua ; Green Leaves Orchid ; Rumah Bunga Rizal ; PT. LEMBAH HIJAU PERMAI ; PT GUJATI 59 UTAMA. Saat ini, pengembangan jejaring kerjasama dengan institusi lain yang mampu menunjang kegiatan belajar mengajar di Jurusan Agronomi masih terus dilakukan.