Ilmu Komputer - Universitas Sebelas Maret

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Sebelas Maret
Nama Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Alamat Sekretariat : Jl. Ir. Sutami No. 36 A Gedung B FMIPA Lantai 4 Surakarta
Kode Pos : 57126
Website : http://www.ilkom.uns.ac.id

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

 

Teknologi informasi dan komunikasi telah dan akan selalu mengalami perkembangan dengan cepat. Kehadirannya memiliki peran yang sangat penting dan dominan dalam segala aspek kehidupan, baik dalam skala individu, komunitas maupun organisasi. Kebutuhan masyarakat terhadap sistem informasi berbasis komputer semakin hari semakin besar, sehingga beberapa institusi terdorong untuk melakukan riset dan pengembangan berbagai produk sistem manajemen basis data yang handal dalam mengelola jumlah data yang besar.

Terjadinya ledakan penggunaan sarana komunikasi seluler (cellular phone) dan jaringan nirkabel (wireless) semakin mempercepat munculnya berbagai inovasi baru. Perpaduan pertumbuhan yang cepat tersebut mendorong kalangan pengembang perangkat lunak untuk membangun berbagai aplikasi yang semakin bervariasi sesuai dengan kebutuhan.

Dari gambaran di atas muncul tantangan sekaligus peluang yang besar, yaitu perlunya penyediaan sumber daya manusia (SDM) terdidik yang memiliki kompetensi bidang teknologi informasi dan komunikasi berbasis komputer. Tantangan dan peluang tersebut harus dijawab oleh institusi pendidikan tinggi dengan cara menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran bidang ilmu komputer. Hal ini diperkuat dengan adanya kebijakan dari pemerintah untuk mengembangkan dan memanfaatkan teknologi informasi melalui Keputusan Presiden No. 50 Tahun 2000 dan Instruksi Presiden Nomor 6/2001.

Universitas Sebelas Maret (UNS) sudah melakukan persiapan yang panjang untuk bisa mendirikan dan mengelola jurusan / program studi Ilmu Komputer baik dari aspek sarana prasarana, infastruktur maupun sumber daya manusia. Berikut ini sejarah singkat upaya yang telah dilakukan oleh Universitas Sebelas Maret dalam mendidirkan jurusan Ilmu Komputer di Universitas Sebelas Maret

Pada tanggal 29 Janari 2007 pemerintah melalui Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional menerbitkan surat nomor 163/D/T/2007 tentang ijin penyelenggaraan jurusan / program studi S1 Ilmu Komputer pada Universitas Sebelas Maret sehingga pada tahun 2007 ini diijinkan menerima mahasiswa baru melalui jalur SPMB Nusantara.

Visi

 

Sebagai pusat kajian dan penyelenggaran pendidikan bidang ilmu komputer untuk menghasilkan sarjana ilmu komputer yang berkualitas, profesional dan mandiri, mampu bersaing di tingkat regional, nasional dan internasional.

Misi

 

  • Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan sarjana ilmu komputer yang berkualitas.
  • Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan tenaga profesional di bidang teknologi informasi yang mandiri dan bertanggung jawab.
  • Melakukan kajian dan penelitian di bidang ilmu komputer untuk pengembangan disiplin ilmu komputer yang bermanfaat dan bermartabat.
  • Melakukan pengabdian pada masyarakat melalui berbagai aplikasi teknologi informasi untuk membantu menciptakan nilai tambah dalam kehidupan masyarakat.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Fasilitas Program Studi

HIMASTER UNS merupakan kependekan dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer Universitas sebelas Maret yang resmi didirikan pada tanggal 23 Februari 2008. HIMASTER UNS merupakan sebuah organisasi yang berbentuk HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) yang berada di bawah naungan Fakultas MIPA UNS. HIMASTER UNS berasaskan Pancasila dan berprinsip pada kebebasan akademik, kebenaran ilmiah, intelektualitas, kekeluargaaan dan juga teknologi informasi.    
    
Fungsi HIMASTER UNS adalah

  1. Sarana komunikatif, aspiratif, integrasi dan konsolidasi pengembangan potensi anggota HIMASTER UNS.
  2. Menumbuhkembangkan potensi akademis dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bersifat ilmiah serta penyaluran minat dan bakat yang ada pada anggota HIMASTER UNS.


Tujuan HIMASTER UNS

  1. Membentuk mahasiswa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Mengembangkan daya kreasi, keahlian,  potensi mahasiswa Ilmu Komputer FMIPA UNS sebagai insan akademis dan anggota masyarakat keilmiahan yang professional, mandiri, kritis, dan bertanggung jawab.
  3. Untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh  dalam kegiatan-kegiatan kemahasiswaan.