Biologi - Universitas Sebelas Maret

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Sebelas Maret
Nama Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Telp : (0271) 663375    Telp2 :
Email : biologi@mipa.uns.ac.id
Website : http://www.biology.uns.ac.id/
Nama Kepala Program Studi : ENDANG ANGGARWULAN

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

 

Berdiri sejak tahun 1997, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Sebelas Maret (UNS) merupakan institusi pendidikan tinggi yang berperan dalam mempersiapkan dan mencetak Sumber Daya Manusia Indonesia yang handal dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Program-program strategis yang dikembangkan dalam bentuk kurikulum dan atmosfir akademik yang mendukung menjadikan Jurusan Biologi FMIPA UNS sebagai wadah yang sesuai untuk pembentukan watak, dan peningkatan kualitas keilmuan khususnya di bidang biologi. Tiga program pokok yang menjadi sasaran pengembangan jurusan biologi ke depan adalah bioteknologi-biologi molekuler, biodiversitas, dan ekosistem perairan darat. Dengan dukungan staff pengajar yang kompeten di bidangnya dan sarana dan prasarana penunjang seperti laboratorium, perpustakaan, laboratorium komputer dan internet, menjadikan institusi ini pasti dalam melangkah dan beraktivitas. Atmosfir akademik yang mendukung proses pendidikan seperti interaksi antara dosen-mahasiswa-dan karyawan menjadikan jurusan biologi menjadi tempat yang nyaman untuk menuntut ilmu sekaligus tempat mengembangkan potensi diri.

Dengan meningkatnya tuntutan dari masyarakat baik dalam skala lokal, nasional, maupun global terhadap kebutuhan akan sumber daya yang handal, maka jurusan biologi telah berupaya untuk terus merespon segala dinamika yang terjadi tersebut dalam wujud peningkatan kualitas dan pelayanan kepada masyarakat. >>


Berdiri sejak tahun 1997, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Sebelas Maret (UNS) merupakan institusi pendidikan tinggi yang berperan dalam mempersiapkan dan mencetak Sumber Daya Manusia Indonesia yang handal dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Program-program strategis yang dikembangkan dalam bentuk kurikulum dan atmosfir akademik yang mendukung menjadikan Jurusan Biologi FMIPA UNS sebagai wadah yang sesuai untuk pembentukan watak, dan peningkatan kualitas keilmuan khususnya di bidang biologi. Tiga program pokok yang menjadi sasaran pengembangan jurusan biologi ke depan adalah bioteknologi-biologi molekuler, biodiversitas, dan ekosistem perairan darat. Dengan dukungan staff pengajar yang kompeten di bidangnya dan sarana dan prasarana penunjang seperti laboratorium, perpustakaan, laboratorium komputer dan internet, menjadikan institusi ini pasti dalam melangkah dan beraktivitas. Atmosfir akademik yang mendukung proses pendidikan seperti interaksi antara dosen-mahasiswa-dan karyawan menjadikan jurusan biologi menjadi tempat yang nyaman untuk menuntut ilmu sekaligus tempat mengembangkan potensi diri. Dengan meningkatnya tuntutan dari masyarakat baik dalam skala lokal, nasional, maupun global terhadap kebutuhan akan sumber daya yang handal, maka jurusan biologi telah berupaya untuk terus merespon segala dinamika yang terjadi tersebut dalam wujud peningkatan kualitas dan pelayanan kepada masyarakat.

Visi

Menjadikan lembaga pendidikan tinggi terkemuka yang memfokuskan dalam bidang pendidikan, penelitian, pengembangan dan pemberdayaan ekosistem perairan tawar, biodiversitas (keanekaragaman hayati) dan biologi molekuler(bioteknologi)

Misi

 

  1. Menghasilkan sarjana biologi yang berkualitas dan mampu berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Mengembangkan biosains yang menjadi landasan pengembangan ekosistem perairan tawar, biodiversitas ( keanekaragaman hayati), dan biologi molekuler(bioteknologi).

AKREDITASI PROGRAM STUDI

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi

Untuk menunjang keberhasilan peserta didik, Jurusan Biologi FMIPA UNS berupaya memberikan fasilitas yang memadai sebagai pendukung dari kurikulum yang telah direncanakan. Adapun fasilitas-fasilitas tersebut adalah:

1. Laboratorium biologi (tempat praktikum dan penelitian)

2. Laboratorium komputer

3. Perpustakaan konvensional dan digital

4. Media pebelajaran (kelas konvensional dan virtual).

5. Green House

6. Lahan percobaan