Kimia - Universitas Sebelas Maret

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Sebelas Maret
Nama Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Telp : (0271)663375    Telp2 :
Email : kimia@uns.co.id
Website : http://www.kimia.uns.ac.id/
Nama Kepala Program Studi : Drs. Patiha, MS.
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 267
Jumlah Mahasiswa Tahun Depan : 371

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

 

Penyelenggaraan pendidikan nasional termasuk pendidikan tinggi merupakan bagian dari pendidikan nasional yang pada hakekatnya merupakan interaksi terpadu antara pembangunan sumber daya manusia dan pengembangan sumber daya alam untuk mencapai tujuan nasional yaitu mncapai masyarakat adil dan makmur. Ilmu Kimia pada hakekatnya merupakan bagian ilmu pengetahuan alam yang mempelajari sifat, struktur komposisi, energi materi serta perubahannya saat ini telah berkembang hingga memegang peranan penting didalam hampir semua kehidupan masyarakat.

Dalam era globalisasi terdapat kaitan yang erat antar bidang dalam ilmu pengetahuan untuk meningkatkan dan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Hal ini berarti bahan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi mutlak diperlukan untuk dapat bersaing dalam era globalisasi.

Peran ilmu Kimia dalam era globalisasi sangat strategis, informasi Kimia diperlukan dalam berbagai bidang kegiatan industri dan perdagangan. Antara lain dalam kegiatan produksi, aspek perlindungan terhadap konsumen, pelestarian lingkungan hidup. Dalam era globalisasi hanya bangsa yang memiliki daya saing tinggi dalam penguasaan ilmu pengetahhuan dan teknologi yang dapat bertahan dan tidak tertinggal dari bangsa lain sehingga hanya melalui berbagai usaha keras dalam pengembangan dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi eksistensi suatu bangsa dapat dipertahankan.

Dalam keadaan demikian kelestarian sumber daya manusia dalam berbagai ilmu pengetahuan mutlak diperlukan. Jurusan Kimia Fakultas MIPA-UNS merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi di Indonesia, melalui program studi Kimia mengemban fungsi dan tugas untuk menyiapkan sumber daya manusia dengan keahlian khusus yang mampu berperan aktif dalam segala bidang kegiatan.

Jurusan Kimia sebagai bagian dari Universitas Sebelas Maret Surakarta akan memikul tanggung jawab pada pembudayaan ilmu Kimia di Indonesia, menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran jenjang program Sarjana(S1) yang bertumpu pada Undang-undang Republik Indonesia No. 2 tahun 1989 pasal 38(1), pasal 39 ayat (1) (2) dan pasal 13 ayat (1) serta peraturan pemerintah No. 30 tahun 1990.
Bertujuan untuk menghasilkan Sarjana Kimia yang memiliki :

  1. jiwa, semangat, dan integritas kepribadian nasional yang tinggi.
  2. Sifat terbuka dan tanggap baik terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi maupun masalah yang timbul dalam masyarakat yang berkaitan dengan keahliannya.
  3. Kemampuan dan kemauan untuk menerapkan keahlian yang dimiliki untuk kepentingan masyarakat.
  4. Kemampuan mandiri untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mau mengembangkan diri.
Visi

Menjadi lembaga yang menyiapkan tenaga terdeidik dibidang kimia yang mampu bersaing pada tingkat nasional maupun internasional dan menghasilkan produk penelitian ilmu kimia yang berguna bagi penegmbangan iptek dan pembangunan nasional khususnya pengembangan potensi wilayah Surakarta dan sekitarnya.

Misi

 

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilakan lulusan dengan kemampuan akademik bertarap nasional maupun internasional dalam menerapkan dan mengembangkan ilmu kimia.
  2. Menyelenggarakan penelitian ilmu kimia yang berkualitas untuk mendudkung pembangunan nasional.
  3. Mendesiminasikan hasil-hasil penelitian kepada masyarakat.
  4. Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran ilmu kimia di dalam pengembangan potensi wilayah Suakarta dan sekitarnya.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia