Matematika - Universitas Sebelas Maret

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Sebelas Maret
Nama Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Alamat Sekretariat : Jl. IR Sutami No. 36 A Surakarta
Telp : 0271 663375    Telp2 :
Website : http://math.uns.ac.id/

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

 

Jurusan Matematika FMIPA UNS, sebagai salah satu institusi di lingkungan UNS, selama tahun 1996-2001 berhasil memperoleh hibah kompetisi DUE yang mengarah kepada upaya peningkatan kapasitas institusional dan telah mendorong terjadinya berbagai peningkatan dalam berbagai aspek. Perkembangan yang telah dicapai oleh Jurusan Matematika dalam lima tahun terakhir antara lain animo calon mahasiswa cukup tinggi, persentase kelulusan mata kuliah cukup tinggi, persentase kehadiran dosen di kelas tinggi, kualifikasi staf memadai, dan sarana proses belajar mengajar memadai. Perkembangan ini terjadi karena adanya dukungan dari hibah DUE yang berakhir tahun 2001, sedangkan pendanaan lainnya untuk kegiatan operasional berasal dari DIK, DIKS, dan program D3 Ilmu Komputer. Berkaitan dengan isu L-RAISE, perkembangan yang telah dicapai dalam lima tahun terakhir adalah (1) telah tersusun visi, misi, dan tujuan Jurusan Matematika yang searah dengan pengembangan institusi UNS (isu leadership), (2) telah terbentuk Lab Komputasi dan Divisi Analisis dan Pelatihan Statistika yang fungsinya adalah untuk melayani jasa komputasi dan statistika kepada masyarakat pengguna (isu relevance), (3) tersusun SAP, GBPP, handout, modul praktikum, serta penerbitan Majalah Ilmiah Math-Info (isu academic atmosphere), dan (4) telah tersusun basis data dan web Jurusan (isu internal management dan efficiency).

 

Jurusan Matematika FMIPA UNS merupakan embrio berdirinya FMIPA UNS yang mulai dirintis sejak tahun 1982.  Pada tahun 1986-1994 dirintis pula kerjasama antara UNS dengan International Development Project (IDP)-Australia dalam pengembangan ilmu-ilmu dasar khususnya Matematika, bentuk kerjasama yang pada waktu itu diberikan antara lain kegiatan technical assistance untuk proses belajar mengajar serta materi dan kurikulum untuk bidang matematika. Rintisan kerjasama inilah yang pada akhirnya dapat menjembatani berdirinya Program Studi Matematika di Jurusan Teknik Sipil UNS berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Nomor: 206/D2/1989 tanggal 26 Januari 1989.  Selanjutnya pada tgl 12 Juli 1995 diusulkan kepada Dirjen Dikti tentang pendirian FMIPA UNS, yang pada akhirnya Mendikbud menerbitkan SK berdirinya FMIPA UNS dengan Jurusan Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi melalui Surat Keputusan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tanggal 1 Oktobert 1996 Nomor : 0297/0/1996.

Adapun faktor yang mendorong dibukanya Jurusan Matematika FMIPA UNS adalah adanya kenyataan bahwa dalam rangka peningkatan pelaksanaan pembangunan nasional diperlukan pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu-ilmu dasar, yang menunjang perkembangan teknologi serta sumber daya manusia yang potensial.

Selama lima tahun terakhir Jurusan Matematika telah berkembang pesat karena adanya dukungan dana lewat program DUE (1996-2001). Hal ini diindikasikan dari:

a.       Staf akademik telah berjenjang pendidikan S2 sebanyak 29 orang, S3 sebanyak 2 orang (1 orang sedang studi lanjut di Belanda) dan satu orang guru besar. Adapun dana untuk studi lanjut 30% diantaranya didanai dari proyek DUE.

b.      Peralatan komputer sebanyak 117 unit komputer yang telah terkoneksi dengan internet, 3 unit komputer notebook, 9 buah printer, 1 buah scanner, 4  buah UPS, 3 buah AC ruang, 3 buah LCD. Peralatan tersebut sangat membantu dalam proses belajar mengajar.

c.       Adanya Research Grant (hibah penelitian) yang melibatkan mahasiswa sehingga mampu menciptakan kerjasama  ilmiah antara dosen dan mahasiswa.

d.      Adanya Teaching Grant (hibah pengajaran) untuk mata kuliah tertentu yang diperoleh melalui kompetisi yang sehat dapat meningkatkan proses belajar mengajar. Hasil dari kegiatan ini adalah tersusunnya SAP,  handout mata kuliah (yang didalamnya memuat GBPP) serta diktat praktikum.

e.       Bantuan buku sebanyak 1964 buah dengan 1412 judul sedangkan jurnal sebanyak 237 buah dengan 29 judul, tetapi pengelolaannya tidak di Jurusan maupun Fakultas tetapi dikoordinasikan lewat perpustakaan pusat (Universitas)

Selain dukungan dana dari proyek DUE yang berakhir tahun 2001, pendanaan lainnya untuk kegiatan operasional berasal dari DIK dan DIKS.

Sebagai rencana pengembangan jangka panjang, saat ini sedang dilaksanakan kurikulum dengan 3 (tiga) bidang konsentrasi, yaitu matematika, statistika dan ilmu komputer.  Dan melalui Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi No. 630/D/T2002 tanggal 3 April 2002, Jurusan Matematika telah mendapatkan ijin untuk pembukaan program D3 Ilmu Komputer.

Sustainability dari berbagai hibah itu antara lain adalah dilaksanakannya workshop dan pelatihan-pelathan, tersedianya sarana komputer dan internet, jasa pelayanan terhadap masyarakat,  tersedianya buku-buku  dan jurnal matematika, perbaikan dan peningkatan proses belajar mengajar, perbaikan silabi dan kurikulum, pengerjaan tugas akhir mahasiswa yang pendek  melalui hibah penelitian.

Dilihat dari umurnya, Jurusan Matematika FMIPA UNS masih relatif muda, oleh karena itu reputasi yang dicapai sampai dengan saat ini di tingkat nasional belum begitu menonjol. Meskipun demikian pembenahan dalam berbagai lini senantiasa terus dilakukan termasuk mengirimkan staf akademik untuk mengikuti berbagai seminar nasional dan internasional serta pelatihan-pelatihan meski dengan keterbatasan dana sejak berakhirnya proyek DUE.

Adapun reputasi dan kinerja yang telah dicapai hingga saat ini yakni:

a.       Bidang penelitian, misalnya, sampai saat ini belum pernah memenangkan penelitian kompetitif setingkat Hibah Bersaing, RUT, dan lain-lainnya. Penelitian kompetitif yang pernah diperoleh hanya sebatas Penelitian Dosen Muda.

b.      Bidang pengabdian pada masyarakat, jurusan telah menjalin kerjasama dengan Diknas, Deperindag dan Pemda di wilayah Surakarta sebagai wujud kepedulian dan pelayanan kepada masyarakat.

c.       Bidang kerjasama, jurusan masih dalam tahap awal untuk membangun kerja sama dengan instansi lain, baik skala lokal, nasional maupun internasional, kerjasama yang ada masih bersifat insidental dan belum terarah.

Visi

Jurusan Matematika FMIPA UNS sebagai pusat kajian dan pengembangan matematika terapan, statistika, dan ilmu komputer yang mampu berperan aktif dalam dunia pendidikan, baik dalam tingkat nasional maupun internasional.

Misi

 

1.      Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan penelitian dalam bidang matematika terapan, statistika, dan ilmu komputer, khususnya yang diterapkan pada bidang industri.

2.      Meningkatkan tanggung jawab sosial dalam bentuk layanan kepada masyarakat dalam bidang jasa layanan dan pendidikan matematika terapan, statistika, dan ilmu komputer.

3.      Meningkatkan kerja sama dalam bidang matematika terapan, statistika, dan ilmu komputer baik dalam tingkat nasional maupun internasional.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS