Ekonomi Pembangunan - Universitas Sebelas Maret

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Sebelas Maret
Nama Fakultas : Ekonomi
Telp : 0271-643667    Telp2 :
Email : ep@fe.uns.ac.id
Website : http://fe.uns.ac.id/ep/
Nama Kepala Program Studi : KRESNO SAROSA PRIBADI

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Pembangunan Universitas Sebelas Maret Surakarta (EP FE UNS) merupakan salah satu jurusan yang ada di lingkungan Fakultas Ekonomi. Sejak berdiri tahun 1976 sampai sekarang telah menghasilkan ribuan alumni yang tersebar di bidang pekerjaan pengajaran, penelitian, sektor pemerintahan maupun swasta. Selama 25 tahun berdiri, telah banyak kemajuan yang dicapai, namun masih banyak pula keinginan-keinginan yang belum terwujud. Karena itulah, melalui Self Evaluation, diharapkan EP dapat mengidentifikasi segala kekuatan dan kelemahannya sekaligus peluang dan ancaman yang akan muncul, sehingga dapat dilakukan langkah-langkah strategis guna pengembangan yang lebih baik lagi.
 
Salah satu kekuatan yang dimiliki oleh EP adalah kesadaran yang tinggi dari SDM-nya untuk mengejar ketertinggalannya dengan jurusan yang sama di universitas lain dan juga jurusan lain di lingkungan FE UNS. Kelemahan terbesar adalah di bidang penyediaan dana. Selama ini EP belum memperoleh grant, yang menyebabkan bebagai keinginan belum dapat diwujudkan, mengingat terbatasnya keuangan internal jurusan. Meskipun demikian, berbagai peluang strategis bisa dimanfaatkan, seperti masih adanya tawaran grant, pola kemitraan dengan pihak luar, otonomi daerah, otonomi jurusan, arus globalisasi dan pemanfaatan teknologi informasi seoptimal mungkin. Jurusan pun menyadari berbagai variabel eksternal tersebut dapat menghambat laju perkembangannya. Untuk ini variabel tersebut perlu diantisipasi dengan berbagai strategi yang dituangkan dalam perencanaan dan pengembangan program.
 
Secara garis besar, rencana dan pengembangan tersebut mencakup berbagai kegiatan, yaitu penataan manajemen, peningkatan relevansi dan kualitas dan program pemerataan pendidikan. Penataan manajemen, mencakup penciptaan suasana akademik yang kondusif, pemberdayaan jurusan, akuntabilitas, dan penataan akreditasi. Peningkatan relevansi dan kualitas, mencakup kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pembinaan mahasiswa. Peningkatan pemerataan pendidikan mencakup pembukaan program D3 dan S2, intensifikasi dan ekstensifikasi kegiatan PPEP (Pusat Pengembangan Ekonomi Pembangunan).
Visi

Menjadi jurusan yang secara terus menerus mengembangkan diri dalam partisipasinya mempersiapkan sumberdaya manusia unggul, berdaya saing tinggi dan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungannya.

Misi

 

Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan analisis teori ekonomi dan penerapannya dalam memecahkan persoalan-persoalan ekonomi di masyarakat dan lingkungan bisnis.

Menghasilkan produk-produk penelitian yang berguna bagi pengembangan kehidupan masyarakat dan pengembangan ilmu ekonomi dan juga aktifitas lain yang berorientasi pada kehidupan sosial ekonomi.

Menghasilkan produk-produk pengabdian pada masyarakat yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, utamanya rakyat kecil.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Fasilitas Program Studi

Dalam proses pembelajaran yang menghasilkan lulusan yang berkualitas, diperlukan suasana akademik yang kondusif bagi mahasiswa. Dengan suasana akademik yang kondusif, diharapkan mahasiswa dapat mengekspresikan pandangannya berdasar teori yang diperoleh, selain itu juga mahasiswa dapat lebih mudah dalam menjawab atau menyelesaikan tugas dari dosen. Upaya untuk mewujudkan suasana akademis yang kondusif dilakukan melalui media atau kegiatan diskusi periodik dosen yang melibatkan mahasiswa sebagai peserta, diskusi mahasiswa HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) EP FE UNS yang melibatkan dosen sebagai pembicara, pelatihan yang dikoordinir HMJ EP dengan pembicara dosen atau pihak luar, serta kegiatan penelitian dosen yang melibatkan mahasiswa. Selain itu, juga tersedia sarana konsultasi secara informal oleh mahasiswa dengan dosen di luar kelas.

Selanjutnya, tersedia sarana untuk diseminasi karya ilmiah, baik bagi para dosen maupun mahasiswa. Sarana ini dapat digunkana sebagai wahana interaksi antara mahasiswa dengan dosen. Sarana diseminasi tersebut adalah jurnal ilmiah jurusan "Jurnal Ilmu Ekonomi dan Pembangunan" JIEP, Jurnal Ilmiah Fakultas "Perspektif", majalah mahasiswa tingkat fakultas "Valuta" dan "Kome", majalah mahasiswa jurusan "Tesis" dan "Jurnal"