Pendidikan Agama Islam - Universitas Paramadina

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Paramadina
Nama Fakultas : Agama Islam
Alamat Sekretariat : Jl. Gatot Subroto Kav. 97 Mampang, Jakarta
Kode Pos : 12790
Telp : +62-21-7918-1188    Telp2 :
Fax : +62-21-799-3375    Fax2 :
Email : info @ paramadina.ac.id
Website : http://www.paramadina.ac.id
Nama Kepala Program Studi : Suratno, MA.
Guru Guru Besar :
  • A.Luthfi Assyaukanie, Ph.D. (Univ. of Melbourne, Australia)
  • Prof. Dr. Abdul Hadi WM. (Univ. Sain Malaya, Mal

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Program Studi Falsafah dan Agama mempelajari ilmu agama, dalam hal ini agama Islam, yang ditopang oleh pengenalan terhadap persoalan filosofis. Program ini memberikan konteks kepada ilmu agama terkait dengan perubahan zaman yang menuntut usaha-usaha ijtihad.
Semua permasalahan ilmu pengetahuan mempunyai dimensi falsafah. Para mahasiswa yang mendalami falsafah akan diperkaya, baik dari segi kekritisan dalam menilai suatu cara pandang maupun dalam kemampuan berpikir. Melalui keterbukaan pikiran, kemampuan analisis, dan kekritisan berpikir yang diperoleh dari tradisi falsafah, para mahasiswa diharapkan akan menjadi pemikir Muslim yang dapat mengembangkan pemikiran Islam modern di Indonesia.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Informasi Sertifikat dan ISO lainnya
Kurikulum disusun dengan memperhatikan ruang lingkup dan aspek-aspek studi Falsafah dan Agama. Di samping itu, penyusunan kurikulum dilakukan melalui proses bertahap. Pada tahap awal mahasiswa dikenalkan pada konsep-konsep dasar, tahap berikutnya mereka akan diarahkan kepada wawasan yang lebih mendalam dan spesifik. Selain melalui ceramah dosen, metode perkuliahan juga dilakukan lewat diskusi, dan presentasi oleh mahasiswa. Untuk memperluas wawasan, Program Studi Falsafah dan Agama mendatangkan dosen tamu dan memfasilitasi mahasiswa untuk mengikuti berbagai workshop dan seminar yang diselenggarakan oleh universitas maupun lembaga-lembaga lain. Demi menjawab tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia dan umat Islam, sejak 2006 Program Studi Falsafah dan Agama menawarkan dua peminatan bagi para mahasiswanya: (1) Falsafah Politik dan Kenegaraan Islam, dan (2) Falsafah Kebudayaan & Peradaban Islam.
 
Mata Kuliah
Untuk memperoleh gelar sarjana di bidang Falsafah dan Agama, mahasiswa wajib menyelesaikan 144 SKS, termasuk 6 SKS Skripsi, yang secara keseluruhan dapat ditempuh dalam waktu tiga setengah tahun.

Semester I :
Pengantar Teknologi Informasi, Pengantar Sosiologi, Falsafah Yunani dan Skolastik, Pengantar Ilmu Politik, Sejarah Kebudayaan Indonesia, Ulum al-Hadith, Ulum al-Qur’an, Bahasa Arab I.
Semester II :
Bahasa Inggris I, Dasar-dasar Logika, Asas-Asas Falsafah Islam, Fiqh/Ushul Fiqh, Ilmu Kalam, Bahasa Arab II, Tafsir al-Qur’an, Tasawuf.
Semester Pendek I :
Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia / Pemberantasan Korupsi, Bahasa Inggris II, Dasar-dasar Manajemen.
Semester III :
Falsafah Islam di Timur, Sosiologi Agama, Falsafah Barat Modern, Etika Islam, Falsafah Sejarah, Psikologi Agama,pengantar Ilmu Sastra, Sejarah Kebudayaan Islam I.
Semester IV :
Falsafah Islam di Barat, Hermeneutika (Barat dan Islam), Falsafah al-Qur’an, Epistemologi (Barat dan Islam), Kosmologi (Barat dan Islam), Falsafah Ilmu (Barat dan Islam), Falsafah Agama, Falsafah Moral Barat/Etika Modern.
Semester Pendek II :
Pendidikan Pancasila, Anti-Korupsi, Kewarganegaraan.
Semester V :
Falsafah Sosial-Politik (Barat dan Islam), Kajian Teks Utama Pemikiran Sosial-Politik, Falsafah dan Teori Kebudayaan, Estetika dan Falsafah Seni, Falsafah Timur, Sejarah Peradaban Barat, Seminar Penulisan Ilmiah.
Semester VI :
Pemikiran Politik Islam Modern, Islam dan Isu-Isu Kontemporer, Sejarah Pergerakan Islam, Sejarah Kebudayaan Islam 2, Islam dan Budaya Nusantara, Sastra Islam Nusantara, Seminar Pemikiran Nurcholish Madjid.
Semester VII: Skripsi.

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia