Ekonomi dan Administrasi - Universitas Negeri Jakarta

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Negeri Jakarta
Nama Fakultas : Ekonomi
Website : http://www.unj.ac.id/fe/ekoad/
Nama Kepala Program Studi : Dra. Rochyati

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Visi

MENJADI PUSAT UNGGULAN PENDIDIKAN, PENGAJARAN, PEMBIMBINGAN DAN PELATIHAN, PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN ILMU MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN APLIKASINYA UNTUK MENGHASILKAN TENAGA AKADEMIS DAN NON AKADEMIS, PENELITI DAN PRAKTISI YANG MEMILIKI ILMU MANAJEMEN PENDIDIKAN YANG BERMUATAN SESUAI DENGAN PERKEMBANGAN ZAMAN, ILMU DAN TEKNOLOGI SERTA ERA GLOBALISASI

Misi

(a) MELAKSANAKAN PEMBINAAN MELALUI PENYEDIAAN PENDIDIKAN SARANA, PRASARANA DAN WAHANA SERTA PROSES YANG EFEKTIF DAN TERINTEGRASI DALAM BERBAGAI AKTIVITAS YANG BERKAITAN DENGAN PENDIDIKAN DAN PENELITIAN (b) MENYELENGGARAKAN KEGIATAN PENDIDIKAN YANG DAPAT MENGHASILKAN DOKTOR BIDANG MANAJEMEN PENDIDIKAN, YANG MEMPUNYAI KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN KONSEP BARU DI DALAM BIDANG ILMU DAN PROFESI MANAJEMEN PENDIDIKAN (c) MEMBERIKAN PERSPEKTIF PENGETAHUAN BARU MENGENAI METODE DAN HASIL-HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG MANAJEMEN PENDIDIKAN (d) MENYELENGGARAKAN KEGIATAN PENDIDIKAN DALAM SUASANA AKADEMIK DAN EDUKATIF YANG KONDUSIF SERTA MENJUNJUNG TINGGI NILAI-NILAI KEMANUSIAAN YANG LUHUR (e) MENYELENGGARAKAN PENGELOLAAN PENDIDIKAN BERDASARKAN PROSEDUR YANG BERSIFAT RASIONAL, TRANSPARAN, DAN BAKU BERASASKAN PRINSIP AKUNTABILITAS, SERTA SECARA KONSISTEN DAN BERKESINAMBUNGAN MELAKUKAN PERBAIKAN MUTU DI SEGALA BIDANG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MANAJEMEN MUTU TERPADU (f) MENYEDIAKAN WAHANA UNTUK MENGEMBANGKAN GAGASAN-GAGASAN BARU YANG KREATIF DAN INOVATIF DALAM BIDANG MANAJEMEN PENDIDIKAN (g) MENGADAKAN KERJASAMA DAN HUBUNGAN YANG AKTIF ANTARA LEMBAGA DENGAN UNIVERSITAS SERTA ORGANISASI TERKAIT

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

 

Fakultas Ekonomi UNJ dalam rangka meringankan beban ekonomi dan meningkatkan prestasi belajar mahasiswa regular menyediakan beberapa jenis beasiswa, diantaranya,

1.Yayasan Supersemar,
2. Peningkatan Prestasi Akademik (PPA),
3. PT Gudang Garam,
4. Yayasan Toyota Astra,
5. Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM),
6. Beasiswa Mengikuti Ujian (BMU),
7. Penanggulangan Akibat Kerusuhan(PKPS-BBM),
8. Yayasan Indofood,
9. Yayasan Salim,
10. Yayasan Summitmas,
11. POM (Persatuan Orangtua Mahasiswa) UNJ,
12. Tempo Grup, TPSDP,
13. Jepang, Dikmenti,
14. Beasiswa Jakarta, dan
15. Beasiswa Dikmenti untuk Penulisan Skripsi.

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi

Jurusan Ekonomi Fakultas Ekonomi memiliki beberapa unit laboratorium, yakni,

 

1. Laboratorium Ekonomi dan Koperasi

2. Laboratorium Administrasi Perkantoran

3. LAboratorium Sekretari

4. Unit Pertokoan

5. Laboratorium Komputer

 

Jurusan Ekonomi dan Administrasi Fakultas Ekonomi memiliki fasilitas perpustakaan dan laboratorium komputer sebagai sarana penunjang bagi dosen dan mahasiswa untuk melakukan studi literatur.

 

Perpustakaan Jurusan Ekonomi dan Administrasi selain berada di Pusat Belajar Ekonomi (PBE) juga tersedia di masing-masing program studi sebagai master buku-buku referensi yang ada di PBE.

 

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (FE-UNJ) adalah fakultas paling muda di UNJ yang merupakan lembaga pendidikan yang mengemban misi menghasilkan tenaga pendidik dan Pure Science yang profesional di bidang ekonomi khususnya di bidang akutansi, administrasi perkantoran, manajemen, kesekretariatan, dan ekonomi koperasi. Sebagai lembaga penyedia calon tenaga profesional di dunia kerja, FE-UI memiliki tanggungjawab sosial dan moral kepada para pengambil kebijakan dan masyarakat pada umumnya untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

 

Berbagai upaya telah dilaksanakan untuk membawa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta menjadi sejajar dengan fakultas-fakultas lain untuk dapat meningkatkan kompotensi para dosennya khususnya di bidang pengajaran dan penelitian. FE-UNJ memiliki laboratorium komputer sebagai pusat kegiatan mahasiswa untuk melakukan simulasi kegiatannya.

 

Kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta, atau asing

Fakultas Ekonomi FE-UNJ mempunyai sejumlah tenaga ahli dan pengalaman secara praktis dalam semua aspek pendidikan. Jurusan FE-UNJ telah melakukan sejumlah kerjasama dengan berbagai bangsa dan institusi internasional. FE-UNJ juga telah berpartisipasi dan melakukan sejumlah program pertukaran untuk mahasiswa dan staf fakultas-fakultas, penelitian bersama, pelatihan, konferensi dan seminar-seminar ilmiah.

 

Beberapa institusi baik dalam maupun luar negeri yang telah bekerjasama dengan FE-Universitas Negeri Jakarta antara lain:

National Council Economic Education (NCEE)

Sejumlah universitas di Indonesia