Ekonomi Pembangunan - Universitas Katolik Atma Jaya

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Katolik Atma Jaya
Nama Fakultas : Ekonomi
Alamat Sekretariat : Jl. Jenderal Sudirman 51, Jakarta
Kode Pos : 12930
Telp : (62-21) 5727615    Telp2 : 5703306, 5708823
Fax : (62-21) 5747912    Fax2 :
Email : fe@atmajaya.ac.id
Website : http://www.atmajaya.ac.id/\
Nama Kepala Program Studi : Lestano, S.E., M.Ec., Dev., Ph.D.
Jumlah Mahasiswa : 173

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Program Studi Ekonomi Pembangunan mempunyai dua peminatan, yakni (i) Ekonomi Keuangan (Financial Economics) dan (ii) Uang dan Bank (Money and Banking).  Dasar alasan Program Studi Ekonomi Pembangunan memilihan kedua peminatan tersebut dilandasi oleh peran krusial sistem keuangan dalam perekonomian. Kinerja sistem keuangan bersinergi erat dengan perkembangan perekonomian. Sistem keuangan secara fundamental berperan dalam menyalurkan instrumen keuangan dari tabungan kedalam peluang investasi dan sekaligus mentransfer resiko keuangan. Fungsi fundamental ini menjadi mesin penggerak peningkatan produktivitas dan standar hidup suatu perekonomian dan sekaligus ketidakstabilan sistem keuangan dalam menjalankan fungsinya dapat menyebabkan keterpurukan perekonomian. Fungsi ini dapat dimainkan secara langsung oleh pasar keuangan atau secara tidak langsung lewat intermediasi keuangan. Pasar keuangan yang menjalankan fungsinya sebagai direct financing antara saver dan investor, seperti pasar modal dan obligasi. Sementara intermediator keuangan, seperti perbankan dan mutual funds fungsinya sebagai indirect financing antara saver dan investor.

 

Deskripsi kedua peminatan sebagai berikut:

 

Ekonomi Keuangan

Peminatan Ekonomi Keuangan mencakup pemahaman bagaimana operasional sektor keuangan. Kajian pokok ekonomi keuangan adalah bagaimana harga dan alokasi instrumen keuangan ditentukan dalam pasar keuangan dan bagaimana agen ekonomi, individu dan perusahaan, menyiasati resiko keuangan. Prinsip ilmu ekonomi diaplikasikan pada manajemen keuangan, penilaian dan seleksi sekuritas, dan dampak operasional sistem keuangan terhadap aktivitas perekonomian. Selain aspek globalisasi sistem keuangan, analisis kuantitatif terhadap data keuangan menjadi tekanan dalam peminatan ini.

 

Uang dan Bank

Peminatan Uang dan Bank mencakup pemahaman akan peran operasional perbankan dalam perekonomian. Topik utama peminatan uang dan bank adalah perkembangan moderen dari teori uang, manajemen resiko bank, dan analisis performa bank. Aspek globalisasi perbankan akan dikaji lewat aspek sistem moneter international dan pasar valuta asing. Perbankan dan pasar keuangan dewasa ini semakin terelaborasi dan kompleks, dengan demikian analisis hubungan antara kedua bagian sistem keuangan tersebut juga akan tercakup. Prinsip ilmu ekonomi dan analisis kuantitatif akan diterapkan dalam menelaah operasional perbankan. 

 

Kurikulum Program Studi Ekonomi Pembangunan dikonstruksi agar lulusannya siap untuk berada pada posisi lini pertama (entry level) dunia kerja bidang keuangan dan perbankan di sektor swasta atau pemerintah. Karir di sektor swasta dan pemerintah yang dapat ditekuni antara lain sebagai berikut.

Sektor Swasta:

- Perbankan: Lending Officer, Management Trainee, Manajer Valuta Asing, Foreign Exchange Trader, Trust Officer, dan Economist.

- Manajemen Uang: Analis Portoflio dan Manajer Portofolio.

- Perusahaan Asuransi: Life Underwriter, Property and Casualty Underwriter, Claims Analyst-Adjuster, dan Agen Asuransi.

- Investment Banking: Analis Sekuritas Ekuitas, Analis Fixed Income, Bond Trader, Stock Trader, Futures Trader, Options Trader, Stock Broker, dan Investment Banker.

- Perusahaan Non-Keuangan: Analis Keuangan, Analis Inventory, Administratur Dana Pensiun, dan Analis dan Peneliti Ekonomi.

 

Sektor Pemerintah

- Pemerintah Pusat dan Daerah: Analis Anggaran, Economist, Analis Keuangan, dan Statistician - Economist.

- Bank Sentral: Economist, Analis Keuangan, dan Statistician-Economist.

 

Sebagian besar dari posisi profesional yang dipaparkan diatas menuntut sertifikasi profesi yang tingkat pengetahuannya diatas tingkat sarjana S1. Program studi ini memberikan latar belakang pengetahuan yang akan membantu dalam persiapan untuk mengambil sertifikasi tersebut. Program studi ini juga memberikan pilar pengetahuan bagi mahasiswa yang akan menempuh pendidikan formal diatas strata-1 dengan bobot profesional atau akademik baik dalam bidang keuangan dan perbankan maupun bidang yang terkait. Dengan adanya tuntutan bahwa program magister dalam bidang keuangan dewasa ini menggunakan pendekatan integrasi antara keuangan dan ilmu ekonomi, dan program doktor dengan spesialisasi keuangan menuntut orientasi analisis kuantitatif yang solid, maka program studi ini dirancang untuk memberikan persiapan awal sebagai dasar berpijak untuk ke jenjang strata pendidikan formal yang lebih tinggi.

Visi Menjadi program studi yang unggul dan profesional dalam pengembangan ilmu ekonomi yang secara konsisten mewujudkan perpaduan iman kristiani, teknologi dan budaya Indonesia yang mampu menghadapi perubahan baik secara nasional maupun global.
Misi
  • Mengembangkan ilmu ekonomi pada tingkat strata satu yang menekankan pada penelitian yang berlandaskan kompetensi, teknologi, etika, dan tanggung jawab sosial.

  • Menyelenggarakan jenjang pendidikan akademik berkelanjutan dan profesi dalam bidang ilmu ekonomi yang berkiprah aktif dalam memberikan sumbangan analisis dan kajian penelitian ilmu ekonomi.

  • Mengembangkan dan meningkatkan kegiatan akademik yang efektif dan efisien dalam suasana yang beretika dan bermartabat.

  • Mengimplementasikan ilmu ekonomi sebagai wujud pengabdian kepada  dunia profesi khususnya dan masyarakat pada umumnya.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi

Terdapat perpustakaan Fakultas Ekonomi di Lantai 4 Gedung  B, beberapa buku terbaru di sediakan dan terdapat ruang baca yang ideal untuk  berdiskusi serta mengembangkan diri bagi para dosen dan mahasiswa.


Laboratorium Fakultas Ekonomi

Untuk mendukung kegiatan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan khususnya praktek komputer, laboratorium komputer yang saat ini di koordinatori oleh Almatius Setya Marsudi, S.E. Ak. M.Si. memberikan pelayanan pada dosen dan mahasiswa khususnya yang menggunakan komputer sebagai alat bantu.

Dengan dukungan komputer 100 unit PIV 3.0E GHz yang berbasiskan processor dual core serta tersedianya 2 ruang kelas lab, pelayanan mahasiswa di selenggarakan 4 shift dalam sehari mulai 07.30 AM sampai 18.15PM. Laboratorium komputer juga merekrut asisten dosen serta tenaga pengajar dari luar Fakultas Ekonomi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Selain mengelola kegiatan lab koordinator laboratorium juga membantu mendukung kegiatan operasional yang memanfaatkan komputer di seluruh ruang perkuliahan Fakultas Ekonomi.

Setiap semesternya laboratorium fakultas ekonomi mefasilitasi hampir 450 mahasiswa setiap semesternya dengan bantuan 13 asisten yang memberikan perkuliahan. Terdapat 8 Mata Kuliah yang saat ini aktif di selenggarakan di Laboratorium Fakultas Ekonomi yaitu:

Statistika --------------------------- SPSS

Ekonometrika--------------------- E-View

SIM ----------------------------------  EXCEL

Pajak -------------------------------  Riset pajak

PSI --------------------------------- Microsoft Office dan VISIO

Riset Pemasaran ------------- EXCEL

Audit Lanjutan------------------ ACL (Teknik Audit Berbantukan Komputer)

SIA ------------------------------- MYOB / Accurate Accounting

Manajemen Data Base----  Microsoft Access