Ilmu Ekonomi - Universitas Katolik Parahyangan

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Katolik Parahyangan
Nama Fakultas : Ekonomi
Telp : 022-4213470    Telp2 :
Email : pasca@home.unpar.ac.id
Nama Kepala Program Studi : HAMFRI DJAJADIKERTA

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Membekali mahasiswanya dengan pengetahuan Ekonomi Mikro (perilaku individu, konsumen, perusahaan dan tenaga kerja), Ekonomi Makro (perilaku pasar/agregat) serta aspek-aspek ekonomi lebih spesifik seperti Ekonomi Industri, Ekonomi Internasional, Ekonomi Pertanian dll.

Mahasiswa dapat memilih keahlian Ekonomi Industri dan Perdagangan, Ekonomi Moneter dan Keuangan, atau Ekonomi Kawasan dan Lingkungan.

Studi dibidang Ekonomi Industri dan Perdagangan dititikberatkan pada pembahasan aspek investasi, produksi, dan perdagangan di dalam negeri ataupun di dunia internasional.

Studi di bidang Ekonomi Moneter dan keuangan dititikberatkan pada aspek moneter, perbankan dan pasar keuangan seperti jual beli saham di bursa efek.

Studi di bidang Kawasan dan Lingkungan dititikberatkan pada pembahasan aspek otonomi daerah, kesejahteraan masyarakat dan lingkungan alam.

Bidang pekerjaan lulusan program studi ini luas dan fleksibel. Para lulusan dapat bekerja di pemerintahan, perusahaan swasta, menjadi ahli ekonomi (akademis) atau wiraswasta.

Visi

Visi Program Doktor Ilmu Ekonomi: Menghasilkan doktor ekonomi dengan keahlian ekonomi, manajemen atau akuntansi yang : 1. memiliki integritas tinggi sebagai ilmuwan; 2. bersikap terbuka dan tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya yang terkait dengan bidang keahlian ekonomi, manajemen atau akuntansi; 3. menguasai teori dan keterampilan yang diperlukan untuk mengadaptasi dan menghasilkan temuan baru melalui telaah atau penelitian yang taat kaidah di bidangnya; 4. mampu menggunakan pengetahuan dan keterampilannya secara mandiri, maupun dalam kerjasama lintas disiplin untuk memberikan kontribusi terhadap pemecahan masalah yang dihadapi masyarakat.

Misi

Misi Program Doktor Ilmu Ekonomi: Meliputi ketiga dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, sebagai berikut:

  Bidang pendidikan dan pengajaran, mempersiapkan pada mahasiswanya menjadi tenaga ahli yang mampu memberikan solusi berbagai masalah bidang ekonomi, melakukan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang Ilmu Ekonomi, mampu bekerjasama secara inter dan multidisipliner, serta memiliki kemampuan melakukan penelitian secara mandiri;

  Bidang penelitian, melakukan kajian-kajian, pendalaman dan pengembangan mengenai berbagai aspek dalam bidang Ilmu Ekonomi, yang mencakup baik aspek perencanaan dan manajemen;

  Bidang pengabdian kepada masyarakat, memiliki keinginan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, dan memanfaatkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki untuk ikut serta menyelesaikan berbagai masalah ekonomi yang dihadapi masyarakat Indonesia.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Fasilitas Program Studi

Ruang kuliah: gedung kuliah dilengkapi dengan lift
Perpustakaan, 2002: koleksi 171.578 judul, 64.307 eksemplar
Laboratorium: ada di semua program studi
Fasilitas lain: kantor pos, wartel, bank, warnet, warung foto kopi, mushola, antara lain.