Ilmu Jurnalistik - Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta
Nama Fakultas : Ilmu Komunikasi
Alamat Sekretariat : Jalan Raya Lenteng Agung No 32
Jakarta 12610
Kode Pos : 12610
Telp : 021-7806223    Telp2 : 021-7806334
Fax : 021-7817630    Fax2 :
Email : admin@iisip.ac.id
Website : http://www.iisip.ac.id/
Nama Kepala Program Studi : ASRUL MUHAMMAD MUSTAQIM
Jumlah Mahasiswa : 12

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Seiring dengan tingkat perkembangan masyarakat, maka dirasakan perlu pendidikan lebih tinggi untuk jurnalis sehingga mampu menganalisis, membuat sintesisi, dan memahami lebih baik tentang efek media yang didasari oleh demokratisasi, transparansi, dan akuntabilitas.
Perkembangan teknologi komunikasi dan informatika yang makin maju melahirkan tuntutan bagi profesional di dalam industri media untuk memahami secara holistik tentang masyarakat yang dinamis sehingga bisa menyalurkan aspirasi. Selain itu diperlukan pula kemampuan untuk menganai media sebagai entitas bisnis yang padat modal.
Berdasarkan pada hal tersebut IISIP Jakarta mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu menjawab tantangan kemajuan itu dengan membuka program Magister Ilmu Komunikasi Kekhususan Imu Jurnalistik. Mahasiswa dari berbagai bidang ilmu dapat mengikuti proses pembelajaran di Kampus Tercinta, yang dilakukan secara teratur dan disiplin.
Secara rinci magister dalam bidang jurnalistik dibutuhkan kemampuannya dalam:
1. Menulis berita hasil investigasi dengan baik;
2. Menyusun beragam bentuk opini berdasarkan pada fakta;
3. Menganalisis pendapat pubik;
4. Menginterpretasi situasi sosial ekonomi untuk memberikan rekomendasi;
5. Memanfaatkan teknologi komunikasi dan informatika untuk melaksanakan tugas jurnaistik secara sistemik;
6. Mengelola ruang pemberitaan yang terintegrasi untuk aneka media. Menjadi pendidikan pascasarjana unggulan dalam bidang Ilmu Komunikasi kekhususan Ilmu Jurnalistik yang mendidik sarjana dari berbagai bidang untuk menjadi praktisi dan teoritisi media melalui pendidikan yang berorientasi pada tuntutan industri media, dan mutu proses pembelajaran yang baik.
Visi Menjadi pendidikan pascasarjana unggulan dalam bidang Ilmu Komunikasi kekhususan Ilmu Jurnalistik yang mendidik sarjana dari berbagai bidang untuk menjadi praktisi dan teoritisi media melalui pendidikan yang berorientasi pada tuntutan industri media, dan mutu proses pembelajaran yang baik.
Misi Mendidik para sarjana untuk menjadi ahli dalam pengelolaan isi dan organisasi media dengan memperhatikan perkembangan pengetahuan, teknologi komunikasi, dan dinamika masyarakat dimana media beroperasi, sehingga praktik jurnalistik dijalankan secara profesional berlandaskan pada hukum dan etika.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B
Informasi Sertifikat dan ISO lainnya

Kurikulum
Kurikulum dirancang agar peserta program magister memperoleh kompetensi yang dibutuhkan industri media ke arah penggunaan teknologi dalam pemanfaatan informasi secara bersamaan dalam ruang berita yang konvergen. Pengetahuan industri media sebagai entitas bisnis yang padat modal mesti mempertimbangkan nilai-nilai ekonomi, bukan sekedar dimaksudkan agar media semata berorientasi bisnis, tapi juga memberdayakan masyarakat dalam kerangka mengambil keputusan yang tepat untuk penyelesaian masalah.

Mata Kuliah

Mata Kuliah Wajib 21 sks
Mata Kuliah Pilihan 15 sks
Tesis 6 sks
Total 42 sks

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Pendaftaran Rp. 5.000.000
Per Semester / Per SKS Rp. 4.500.000

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi

Sumber daya
IISIP Jakarta memiliki sumber daya manusia, sarana dan prasarana yang berada dalam kondisi optimal untuk menghasilkan lulusan magister sesuai standar kompetensi profesi. Tata pengelolaan yang baik (good governance) sudah menjadi prinsip yang terus dipertahankan dan terbukti mampu menjaga kualitas yang unggul selama 55 tahun. Fasilitas yang tersedia meliputi kelas berperalatan multi media, laboratorium komputer, hotspot, serta konsultasi statistik, metodologi, dan penulisan tesis.

Dosen
Dosen pengajar adalah Doktor yang lulus dari PTN di Indonesia, maupun dari luar negeri.