Ilmu Periklanan - Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta
Nama Fakultas : Ilmu Komunikasi
Alamat Sekretariat : Jalan Raya Lenteng Agung No 32 Jakarta 12610
Kode Pos : 12610
Telp : 021-7806223    Telp2 : 021-7806334
Fax : 021-7817630    Fax2 :
Email : admin@iisip.ac.id
Website : http://www.iisip.ac.id/

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Lulusan program sarjana Ilmu Periklanan dapat bekerja sebagai praktisi bidang Periklanan (account director, account manager, account executive, creative director, art director, copy writer, copy visual, lay out man, casting director talent, post production, strategic planner, media planner, media buyer, media research, media analyst, media consultant,) dan juga tidak menutup kemungkinan untuk bidang lainnya. Lulusan Ilmu Periklanan dapat bekerja di bidang apapun di media massa, di rumah produksi, agency periklanan, instansi pemerintah maupun swasta, yang khusus menangani periklanan, promosi atau aktivitas komunikasi lainnya.

Untuk menjadi profesional di bidang periklanan, maka Program studi Ilmu Periklanan membekali mahasiswa dengan wawasan teoritis dan keterampilan praktis. Wawasan teoritis yang ditanamkan menyangkut wawasan teoritis umum dan wawasan teoritis khusus Ilmu Komunikasi, mulai dari Pengantar Ilmu Komunikasi, Filsafat Komunikasi, Teori Komunikasi, Komunikasi Antarpribadi, Komunikasi Massa, serta yang bersifat kajian khusus. Wawasan teoritis Ilmu Komunikasi ini dilandasi dengan wawasan dan keterampilan metodologis. Sementara itu, pembekalan keterampilan bidang periklanan diberikan melalui materi kuliah Dasar-dasar Ilmu Periklanan, Manajemen Periklanan, Creative Thinking, Account Handling, Eksekusi Pesan Iklan Cetak, Eksekusi Pesan Iklan Audio, Eksekusi Pesan Iklan Audio Visual, Penulisan Naskah Iklan, Fotografi Periklanan, Perilaku Konsumen, Penggunaan Media Periklanan, Riset Pemasaran, Manajemen Pemasaran, Komunikasi Pemasaran dan mata kuliah lain yang berkaitan dengan periklanan.

Dengan bekal tersebut, mahasiswa diharapkan mampu mengenali, mengkaji dan menganalisis, menyelesaikan persoalan-persoalan, dan mampu mengelola kegiatan periklanan. Mahasiswa juga diberikan kesempatan mempraktikkan ilmunya dengan Kuliah Kerja Lapangan di Biro Iklan. Dalam Kuliah Kerja Lapangan mahasiswa mempraktekkan bidang creative (Copy Writer atau Art Director), dimana mahasiswa dibekali kemampuan untuk mengeksekusi sebuah ide menjadi sebuah karya iklan. Bidang Account, mahasiswa dibekali dengan kemampuan untuk mencari client, mendiskusikan brief iklan dengan client, melakukan brainstorming sampai akhirnya brief iklan disetujui client untuk dieksekusi. Bidang media periklanan, mahasiswa dibekali kemampuan untuk membuat perencanaan media yang akan digunakan dalam beriklan (Below The Line atau Above The Line), bagaimana merencanakan anggraran biaya media periklanan .

Untuk kemampuan aplikasi praktek membuat sebuah iklan (Below The Line atau Above The Line) di IISIP Jakarta mahasiswa mempraktekannya di laboratorium Audio, Audiovisual, dan desain grafis.

Kompetensi

Membentuk profesi di bidang periklanan yang profesional dan mampu mengenali, mengkaji dan menganalisis, menyelesaikan persoalan-persoalan, dan mampu mengelola kegiatan periklanan. .

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Pendaftaran Rp. 5.260.000
Per Semester / Per SKS Rp. 2.160.000

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia