Ilmu Jurnalistik - Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta
Nama Fakultas : Ilmu Komunikasi
Alamat Sekretariat : Jalan Raya Lenteng Agung No 32 Jakarta 12610
Kode Pos : 12610
Telp : 021-7806223    Telp2 : 021-7806334
Fax : 021-7817630    Fax2 :
Email : admin@iisip.ac.id
Website : http://www.iisip.ac.id/
Nama Kepala Program Studi : WIDYASTUTI
Jumlah Mahasiswa : 1576

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Lulusan Program studi Ilmu Jurnalistik dapat bekerja sebagai wartawan baik sebagai reporter, fotografer, cameraman, lay-outman, redaktur pelaksana, pemimpin redaksi, maupun pemimpin perusahaan, news presenter, news anchor, field reporter, news producer, tv programmer, production house staff, talent scouting, camera person, audio visual editor, dubber, tv mixer, tv switcher, floor director, tv news producer, radio programmer, radio reporter. Lulusan tersebut dapat bekerja di media massa cetak (suratkabar, majalah, tabloid, kantor berita) maupun elektronik (radio, televisi, media on-line). Selain itu, lulusan juga dapat bekerja di instansi pemerintah maupun swasta.
Lapangan pekerjaan bagi lulusan Program studi Ilmu Jurnalistik saat ini semakin luas karena sejak era reformasi, pemerintah memberi kebebasan penerbitan pers. Untuk memenuhi kebutuhan informasi itulah maka banyak bermunculan media massa yang baru, baik stasiun radio, stasiun televisi, surat kabar, majalah, tabloid, kantor berita, dan media on-line. Media massa tersebut tidak hanya terdapat di Jakarta, tetapi juga di daerah lain, di seluruh Indonesia. Lulusan Program studi Ilmu Jurnalistik dapat bekerja di media massa yang jumlahnya banyak tersebut.
Selama kuliah, mahasiswa Program studi Ilmu Jurnalistik diajarkan cara meliput ke lapangan, melakukan wawancara, menulis berita (spot news, reportase, investigasi), menulis feature, artikel, kolom, tajuk rencana, pojok, karikatur, serta membuat resensi. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan cara menyeleksi dan mengedit berita atau tulisan lainnya. Selain itu juga dibekali dengan manajemen media massa. Pengetahuan tersebut diberikan untuk bekal bekerja di media cetak, televisi, radio, dan media on-line.
Mahasiswa juga diberikan kesempatan mempraktikkan ilmunya dengan Kuliah Kerja Lapangan di media massa. Di bidang media cetak, mahasiswa dibekali juga dengan kemampuan membuat sebuah media massa cetak yang dikerjakan berkelompok. Untuk kajian elektronik, mahasiswa memproduksi sebuah program acara untuk radio atau televisi yang diproduksi di Laboratorium Jurnalistik Cetak, Laboratorium Audio dan Laboratorium Audio Video IISIP Jakarta.
Visi Menjadi pendidikan pascasarjana unggulan dalam bidang Ilmu Komunikasi kekhususan Ilmu Jurnalistik yang mendidik sarjana dari berbagai bidang untuk menjadi praktisi dan teoritisi media melalui pendidikan yang berorientasi pada tuntutan industri media, dan mutu proses pembelajaran yang baik.
Misi Mendidik para sarjana untuk menjadi ahli dalam pengelolaan isi dan organisasi media dengan memperhatikan perkembangan pengetahuan, teknologi komunikasi, dan dinamika masyarakat dimana media beroperasi, sehingga praktik jurnalistik dijalankan secara profesional berlandaskan pada hukum dan etika.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Pendaftaran Rp. 8.260.000
Per Semester / Per SKS Rp. 3.160.000

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia