Teknik Geodesi - Institut Teknologi Sepuluh Nopember

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Nama Fakultas : Sipil dan Perencanaan
Alamat Sekretariat : Program Studi Teknik Geodesi
Gedung Teknik Sipil Lantai II
Telp : +62-031-5929486    Telp2 : +62-031-5929487
Fax : +62-031-5947284    Fax2 :
Email : bangunms@rad.net.id
Website : http://www.geomatika.its.ac.id
Jumlah Mahasiswa : 44
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 50

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Pada Seminar Nasional “Pengembangan Pendidikan Survey dan Pemetaan di Indonesia”  bulan Juni 1981 di ITS Surabaya yang diselenggarakan atas kerjasama antara Jurusan Teknik Sipil FTSP-ITS Surabaya dengan Ikatan Surveyor Indonesia (ISI), keinginan untuk membuka program studi ini terbuka.

Pada tahun 1981, ITS mengirimkan Ir. Mansur Muhamadi dari dosen Teknik Sipil untuk mengambil master di universitas Wisconsin, Amerika di bidang Survei dan Pemetaan. Saat itu ITS menerima Ir. Bangun Muljo Sukojo, dan pada tahun 1984 menerima Ir. Teguh Hariyanto dan Ir. Yuwono, dosen yang berlatar belakang pendidikan sarjana teknik Geodesi di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP).

Pada tahun 1985 program D-3 Sipil dan Perencanaan menerima Ir. Muhammad Taufik dan  Ir. Chatarina Nurdjati sebagai dosen yang berlatar belakang pendidikan sarjana teknik Geodesi. Untuk pengembangan selanjutnya 4 orang dosen mengambil studi lanjut, 3 orang program doktor ( 2 orang di Perancis dan  1 orang di Jerman) dan 1 orang dosen mengambil program master di ITB, Bandung.

Pada tahun 1999 setelah melalui perjalanan yang panjang T. Geodesi - ITS dengan status program studi resmi dibuka dan menerima mahasiswa baru program S-1. Kemudian prodi T. Geodesi menerima Agung Budi Cahyono, ST, MSc (1999) dan Eko Yuli Handoko, ST, MT (2000) sebagai dosen-dosen muda. Selanjutnya pada tahun 2001 diterima Khomsin, ST ,dan  tahun 2002 Ira Mutiara Anjasmara, ST. Disamping itu saat ini telah dipersiapkan 1 (satu) dosen baru yang sifatnya masih magang, yaitu Danar Guruh Pratomo, ST.

Sehingga sampai saat ini di Prodi Teknik Geodesi – FTSP ITS mempunyai 11 orang dosen dengan spesialisasi Survey dan Pemetaan atau Teknik Geodesi (bergelar doktor sebanyak 3 orang, master 4 orang serta sarjana 4 orang).

Kegiatan - kegiatan yang bertujuan untuk mensosialisasikan bidang Survey dan  Pemetaan atau Teknik Geodesi dilakukan antara lain adalah berupa seminar, pertemuan ilmiah, konggres, pendidikan/pelatihan dan sebagainya; beberapa kegiatan yang telah ditempuh antara lain :Seminar  Nasional   “Pemanfaatan Teknologi Remote Sensing dan GIS untuk Tata  Ruang  Dan Pembangunan Daerah” pada tanggal 29 Januari 1994 yang diselenggarakan atas kerjasama FTSP-ITS dan Bakosurtanal (Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional) di ITS Surabaya.

1.                               Penyelenggaraan pelatihan Penginderaan Jauh Dan GIS untuk Tata Ruang di Pusat Studi Lingkungan Lembaga Penelitian ITS pada bulan Juni 1995.

2.                               Penyelenggaraan pendidikan Pasca Sarjana S-2 bidang keahlian Penginderaan jauh di Jurusan Teknik Sipil FTSP –ITS  dimulai pada tahun akademik 1995/1996.

3.                               Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) “Pengembangan Teknologi Remote Sensing dan GIS di Indonesia “ pada tanggal 5 Desember 1995  yang diselenggarakan atas kerjasama ITS, ISI dan BPN (Badan Pertanahan Nasional) di ITS Surabaya.

4.                               Penyelenggaraan Pelatihan Penginderaan Jauh dan GIS untuk program MREP atas kerjasama ITS dan BPPT selama 3 tahun yaitu 1996 s/d 1998.

5.                               Penyelenggaraan pendidikan setara Diploma I bidang keahlian Survey dan Pemetaan di jurusan Teknik Sipil FTSP-ITS yang dimulai tahun akademik 1997/1998.

6.                               Pendirian Pusat GIS dan Pemanfaatan Remote Sensing di Lembaga Penelitian ITS pada bulan Juni 1997

Peran aktif dari para dosen yang mempunyai spesialisasi Teknik Geodesi juga selalu diusahakan agar terlibat dalami organisasi profesi di Indonesia seperti ISI (Ikatan Surveyor Indonesia), MAPIN (Masyarakat  Penginderaan Jauh Indonesi), ISGI ( Ikatan  Sarjana Geodesi Indonesia), MAPETA ( Masyarakat Pemetaan),  DGI (Dewan Geomatika Indonesia)  dan  PII ( Persatuan Insinyur Indonesia)   dan diluar  negeri  seperti  IAG ( International Association of Geodesy) dan ISPRS ( International Society  of Photogrammetry and Remote Sensing) baik sebagai anggota maupun pengurus.

Selain itu juga digalang kerjasama pengembangan pendidikan dan penelitian di bidang teknik Geodesi dengan perguruan perguruan tinggi didalam negeri seperti ITB Bandung, UGM Jogyakarta dan ITN Malang serta perguruan tinggi luar negeri seperti di Perancis dan Jerman.

 

Visi

Menjadi institusi unggulan dalam pengalihan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang survei, pemetaan dan informasi spasial (keruangan)yang berbasis teknologi informasi khususnya untuk menunjang industrialisasi dan pengembangan kelautan yang berwawasan lingkungan.

Misi

Menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi yang unggul dan bermanfaat serta mengembangkan manajemen dengan baik serta senantiasa menjaga nilai, etika dan moral akademis khususnya di bidang survei, pemetaan dan informasi spasial yang berbasis teknologi informasi.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Fasilitas Program Studi
  1. Laboratorium Geodesi
    Menangani masalah penentuan posisi (x, y, z) maupun Lintang Bujur dengan peralatan yang canggih (Global Positioning System), Dinamika bumi (pergeseran kulit bumi, penurunan permukaan bumi, dan sejenisnya)
  2. Laboratorium Survei Pemetaan
    Menangani pemetaan baik darat (terestris) maupun laut (Sounding Survey). Peta topografi maupun tematik, Uitzet, Staking out, dan lainnya untuk gedung, jalan raya, dan sebagainya.
  3. Laboratorium Fotogrametri dan Kartografi
    Menangani pembuatan peta secara fotogrametris (foto udara) dan penyajian peta yang memenuhi kaidah kartografi.
  4. Laboratorium Remote Sensing dan GIS
    Menangani masalah pembuatan basis data baik peta digital, analog dan citra untuk digunakan dalam GIS (Geographic Information System)

 

Kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta, atau asing

Kerjasama yang dijalin antara Jurusan Teknik Geomatika FTSP ITS dengan Instansi terkait, baik didalam maupun luar negeri, diantaranya adalah:

DALAM NEGERI

Perguruan Tinggi Teknik Geodesi

Departemen Teknik Geodesi FTSP – ITB Bandung
Jurusan Teknik Geodesi - UGM, Yogyakarta

Instansi Pemerintah

Badan Pertanahan Nasional (BPN)
Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL)**
Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)**
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)
Dinas Hidrografi dan Oseanografi, TNI-AL (DISHIDROS)
Dinas Perikanan Kelautan (DKP)

Organisasi Profesi Teknik Geodesi

Ikatan Surveyor Indonesia (ISI)
Dewan Geomatika Indonesia (DGI)
Masyarakat Penginderaan Jauh Indonesia (MAPIN)

LUAR NEGERI

Centre of Excellence for GIS In Indonesia (CEGIS)
L’Universite des Reseaux d’Expression Francaise (UREF)
Toyo University, Jepang*
Hannover University, Jerman
Deutsche Geselschaf fur Photogrammetri & Fernerkundung, Jerman
Universite Paul Sabatier, Toulouse,Perancis
Universite de La Rochelle, Prancis*

…..
** = Telah ditandatangani MOU
* = MOU Kerjasama dalam bidang riset