Sistem Informasi - Institut Teknologi Sepuluh Nopember

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Nama Fakultas : Teknologi Komunikasi dan Informatika
Alamat Sekretariat : Program Studi Sistem Informasi
Fakultas Teknologi Informasi
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Kampus ITS Sukolilo
Surabaya
Kode Pos : 60111
Telp : (031) 5939214    Telp2 :
Email : khakim@its-sby.edu
Website : http://www.si.its.ac.id/
Nama Kepala Program Studi : Ir. Achmad Holil Noor Ali, M.Kom
Guru Guru Besar : Prof. Arif Djunaedi Ph.D.
Jumlah Mahasiswa : 170
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 120

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Sejarah Pendirian Program Studi Sistem Informasi

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan computer engineering yang berorientasi pada penciptaan produk-produk perangkat keras, dan computer science yang bermuara pada penciptaan produk-produk perangkat lunak, ilmu pengetahuan information system menjadi penting karena akan melahirkan produk-produk teori dan metodologi dalam penerapan teknologi informasi. Ketiga ilmu pengetahuan tersebut, saat ini mendominasi perkembangan disiplin Informatika dan Komputer.

Di Indonesia, respon terhadap perkembangan ketiga ilmu pengetahuan di atas, dicerminkan dalam satu hasil Kelompok Kerja Penataan Program Studi dalam keilmuan Informatika dan Komputer, yang meliputi tiga program studi berikut:

  • Program Studi Ilmu Komputer / Informatika
  • Program Studi Sistem Komputer
  • Program Studi Sistem Informasi

Selain Program Studi Ilmu Komputer / Informatika yang eksistensinya telah resmi diakui oleh Departemen Pendidikan Nasional, kedua program studi lainnya (Sistem Komputer dan Sistem Informasi) secara legal-formal telah juga disyahkan oleh Menteri Pendidikan Nasional. Kurikulum nasional program sarjana untuk kedua program studi tersebut telah disyahkan berturut-turut melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional (waktu itu masih bernama Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) Republik Indonesia Nomor 242/U/1999 (Program Studi Sistem Komputer) dan 243/U/1999 (Program Studi Sistem Informasi), tanggal 5 Oktober 1999.

Pendirian Program Studi Sistem Informasi di ITS terutama sekali terkait dengan rencana pengembangan ITS untuk mendirikan Fakultas Teknologi Informasi (FTIF) sebagai re­spon terhadap perkembangan Teknologi Informasi yang sangat pesat. Momentum pendirian FTIF ini menjadi lebih besar dengan adanya dukungan dari Bapak Presiden Republik Indonesia pada saat menyampaikan pidato kenegaraan dalam acara Dies Natalis ITS ke-40. Dalam pidatonya, Bapak Presiden menyarankan agar ITS mendirikan FTIF selaras dengan cepatnya perkem bangan teknologi tersebut.

Gagasan pendirian FTIF ini secara informal telah memperoleh persetujuan dari Menteri Pendidikan Nasional. Sebagai suatu fakultas, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi mengharuskan agar pada awalnya minimal terdapat dua (2) program studi di dalamnya. Sebagai realisasinya, pada tahap awal FTIF di ITS ini terdiri dari dua (2) Jurusan/program Studi, yaitu Jurusan Teknik Informatika (yang telah berdiri sejak tahun 1985) dan Program Studi Sistem Informasi. Pembentukan kedua Program Studi ini dalam FTIF juga didasarkan pada hasil penataan kembali program studi yang berada dalam keilmuan Informatika dan Komputer di Indonesia yang telah diuraikan dalam bagian sebelumnya. Eksistensi dari Program Studi Sistem Informasi FTIF di ITS ini disyahkan secara formal berdasarkan Surat Keputusan Rektor ITS No. 1155.1/K03/PP/2001, tanggal 14 Juni 2001.

Visi

Menjadi pusat keunggulan dalam penyelengaraan pendidikan sistem informasi khususnya dalam bidang E-Business, Perencanaan dan Pengembangan Sistem Informasi, serta Sistem Pendukung Keputusan dan Intelegensia Bisnis, dengan kualitas yang mampu untuk berkompetisi di tingkat nasional maupun internasional.

Misi
  1. Menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian pada masyarakat untuk mencapai visi program studi.
  2. Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak tinggi, berbudaya Indonesia, bersemangat ilmiah serta memiliki kemampuan akademik yang memadai dan sanggup berkinerja baik, serta mampu menerapkan, mengembangkan dan melakukan inovasi dalam bidang sistem informasi.
  3. Membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang sistem informasi, prinsip etika yang kuat agar mampu dan mempunyai kepercayaan diri yang tinggi untuk bersaing di pasar nasional maupun internasional.
  4. Menyebarkan hasil penelitian dan teknologi terapan dalam bidang sistem informasi, untuk dimanfaatkan dalam kegiatan produktif dan peningkatan mutu kehidupan masyarakat.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Fasilitas Program Studi

Ruang Kelas Multimedia dan Ber-AC

Seluruh Ruang Kelas di Program Studi Sistem Informasi telah dilengkapi dengan peralatan canggih seperti komputer multimedia, LCD Proyektor, Screen, Jaringan WiFi, Koneksi Internet, Sound System, dan AC sehingga perkuliahan dapat berjalan lebih efisien, efektif, dan nyaman.


Laboratorium Komputer

Terdapat 2 buah Laboratorium: Laboratorium Pemrograman (Laprog) dan Laboraorium Tugas Akhir (Lab TA). . Di Laprog terdapat 43 komputer workstation, 4 buah komputer server, jaringan LAN, koneksi internet 24 jam, serta ber-AC. Sedangkan di Lap TA terdapat 13 komputer yang khusus digunakan untuk mengerjakan Tugas Akhir.


Parkir yang Luas

Area parkir di Program Studi Sistem Informasi cukup luas. Terdapat dua area parkir, yaitu diluar yang digunakan mulai pukul 07.00 - 18.00 WIB dan parkir di dalam yang digunakan pada malam hari. Mahasiswa tidak pipungut biaya untuk parkir.


Gazebo

Dibawah Labprog terdapat Gazabo SI yang biasa digunakan para Mahasiswa untuk berkumpul, belajar, rapat dan lain-lain.