Teknik Informatika - Institut Teknologi Sepuluh Nopember

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Nama Fakultas : Teknologi Komunikasi dan Informatika
Alamat Sekretariat : Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Jl. Raya ITS - Gedung Teknik Informatika ITS Surabaya
Kode Pos : 60111
Telp : (031)5939214    Telp2 :
Fax : (031)5913804    Fax2 :
Email : yudhi@its-sby.edu
Website : http://www.if.its.ac.id/
Nama Kepala Program Studi : Yudhi Purwananto, S.Kom. M.Kom.
Guru Guru Besar : Prof. Supeno Djanali Ph.D.
Jumlah Mahasiswa : 246
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 219

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Pada masa ini dan masa yang akan datang, teknologi informasi menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi bangsa.Saat ini pun invasi teknologi informasi sudah terasa di berbagai bidang kehidupan manusia. Hal ini sepenuhnya disadari oleh pemerintah, sehingga sejak repelita V yang lalu pemerintah telah mencanangkan bahwa pengembangan pendidikan tinggi dalam bidang komputer dan informatika merupakan salah satu program prioritas, bersama-sama dengan disiplin ilmu lainya seperti rekayasa, perilaku, manajeman, akuntansi, dan kesenian.

Pendidikan tinggi diarahkan untuk mempersiapkan bangsa Indonesia dalam menghadapi era pembangunan industri dan informasi. Untuk itu pemerintah melalui Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi pada tahun 1985 menginstruksikan untuk membuka Program Studi S1 baru untuk bidang ilmu dan Teknologi Komputer di 4 (empat) Universitas/Institut, dimana ITS termasuk di dalamnya. Di ITS, program ini awalnya diberi nama Program Studi Teknik Komputer. Namun sejak tahun 1993, nama Program Studi Teknik Komputer diubah menjadi Jurusan Teknik Komputer. Akhirnya , pada tahun 1996 secara resmi jurusan ini berganti nama menjadi Jurusan Teknik Informatika berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor 224/DIKTI/Kep/1996, tanggal 11 Juli 1996. Pada saat ini , Jurusan Teknik Informatika memperoleh nilai akreditasi A berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 003/BAN-PT/Ak-X/S1/V/2006, tanggal 18 Mei 2006.

Selain program sarjana (S1), Jurusan Teknik Informatika juga menyelenggarakan program pascasarjana (S2) yang dirintis sejak tahun 1994, dengan surat keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No. 2851/D/T/2001, perihal ijin penyelenggaraan Program-Program Studi Jenjang Program Strata-2 (S2) pada Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Visi

Menjadi Jurusan Teknik Informatika yang unggul di tingkat nasional dan dikenal di tingkat internasional

Misi

·         Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Teknik Informatika dengan menggunakan kurikulum yang adaptif dan didukung SDM yang berkualitas dan fasilitas yang memadai

·         Meningkatkan penguasaan Teknik Informatika dengan melaksanakan penelitian yang bermutu dengan menjalin kemitraan baik dalam maupun luar negeri

·         Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat guna peningkatan kualitas hidup masyarakat

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

Prosedur Pengajuan Beasiswa

Setiap beasiswa yang ditawarkan kepada mahasiswa selalu mensyaratkan IPK dan  penghasilan orang tua dari mahasiswa yang bersangkutan, untuk itu agar setiap mahasiswa mempunyai peluang yang sama dalam memperoleh beasiswa,  setiap mahasiswa diharuskan menyiapkan berkas-berkas berikut dalam setiap pengajuan beasiswa :

a.  Daftar Kemajuan Hasil Belajar.

b.  Keterangan Gaji orang tua.

c.  Foto Copy Bukti Pembayaran Listrik.

d.  Foto Copy Bukti Pembayaran Telepon.

e. Data Pribadi mahasiswa (ketik sendiri yang rapih) yang berisi : nama, alamat, nomor telpon (kalau ada), prestasi yang diraih (baik dalam bidang akademik maupun kegiatan lain), data beasiswa yang pernah diperoleh.

Berkas-berkas tersebut masukkan dalam map dan serahkan ke Subag. Pendidikan dan Kemahasiswaan FTIF-ITS.

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi

Berbagai fasilitas telah disediakan untuk mempermudah mahasiswa dan dosen untuk mengembangkan keilmuannya. Seiring dengan semakin meningkatnya jumlah mahasiswa dan kemajuan teknologi, Jurusan Teknik Informatika menyediakan berbagai fasilitas tambahan, selain yang telah disediakan oleh ITS, seperti: ruang perpustakaan (ruang baca), laboratorium/workshop yang terbuka 24 jam, gedung perkuliahan, kantin, musholla, dll. Kesemua fasilitas tersebut telah dilengkapi dengan wireless network sehingga mahasiswa dan dosen dapat lebih mudah dalam melakukan aktivitas akademiknya.

Informasi Praktik Kerja Lapangan

Proses registrasi administratif kegiatan Kerja Praktik di Jurusan Teknik Informatika yang harus dilalui oleh setiap mahasiswa calon praktikan seperti berikut :

 

1. Periode pendaftaran kegiatan kerja praktik dilaksanakan setiap waktu.

2. Mahasiswa yang bersangkutan dapat berkonsultasi dengan Dosen Wali dan koordinator kegiatan kerja praktik mengenai waktu dan lokasi kegiatan kerja praktik serta permasalahan yang akan dikaji selama melakukan kegiatan kerja praktik;

3. Mahasiswa (kelompok mahasiswa) yang bersangkutan diharuskan mengisi formulir pendaftaran kegiatan kerja praktik kemudian diserahkan ke koordinator kerja praktik dan membuat proposal kegiatan kerja praktik apabila perusahaan meminta. Garis besar proposal kegiatan kerja praktik sebagai berikut :
a. Halaman depan roposal berisi permasalahan yang akan dikaji, obyek/lokasi kegiatan kerja praktik dan institut tempat asal mahasiswa calon Praktikan. 
b. Isi proposal berturut-turut adalah : latar belakang, maksud dan tujuan, permasalahan yang ingin dikaji, data diri calon praktikan (Nama, NRP, Alamat Surat,Alamat Email, No.Telp), Waktu pelaksanaan kegiatan kerja praktik yang diusulkan, jadwal kegiatan, penutup, kolom tanda tangan mahasiswa dan koordinator kerja praktik. 
Catatan :
Format Proposal Kerja Praktik terlampir. Dalam penyusunan Proposal ini mahasiswa diharuskan men-download Format ini dari intranet jurusan.

 

4. Mengambil formulir pendaftaran kegiatan Kerja Praktik . (1 lembar)

 

5. Mengisi formulir yang berisi data seperti berikut :
a. Bagian Pertama formulir tersebut adalah Data Diri mahasiswa yang bersangkutan. Bagian ini harus diisi secara lengkap dan  benar. Benar dalam arti pembatalan kegiatan Kerja Praktik dapat dilakukan oleh pihak Jurusan apabila suatu saat dijumpai data yang tidak sesuai dengan kenyataan pada saat pengisian formulir;
b. Bagian Kedua formulir berisi data-data Instansi atau Perusahaan yang akan dijadikan obyek/lokasi kegiatan Kerja Praktik. Bagian ini juga harus diisi secara lengkap dan benar, karena memuat data mengenai Nama Obyek, Alamat/Lokasi Obyek, Nama Contact Person, dan Waktu yang disulkan untuk melakukan kegiatan Kerja Praktik;

 

6. Meminta pengesahan dari Jurusan Teknik Informatika melalui Koordinator Kegiatan Kerja Praktik.

 

7. Selanjutnya Koordinator Kegiatan Kerja Praktik akan mengarsipkan formulir pendaftaran dan membuat Surat Pengantar (dengan pengesahan Ketua Jurusan Teknik Informatika ITS) kepada Instansi atau Perusahaan yang akan dituju oleh mahasiswa sebagai lokasi kegiatan Kerja Praktik. Surat Pengantar tersebut berisi: 
a. Data Mahasiswa sebagai Praktikan (perorangan atau kelompok) yang akan melaksanakan kegiatan Kerja Praktik dan
b. Permohonan alokasi waktu dan sumber daya di Instansi atau Perusahaan yang bersangkutan sebagai konsekuensi atas kehadiran mahasiswa Jurusan Teknik Informatika selama masa kegiatan Kerja Praktik dilaksanakan;

 

8. Selanjutnya pihak Jurusan Teknik Informatika akan mengirimkan Surat Pengantar tersebut kepada Instansi atau Perusahaan yang bersangkutan.

 

9. Ada kemungkinan Obyek/Lokasi Kegiatan Kerja Praktik yang dituju menolak memberikan alokasi waktu pelaksanaan Kegiatan Kerja Praktik, sehingga mahasiswa calon Praktikan harus mencari alternatif Obyek/Lokasi Kegiatan Kerja Praktik yang lain.

Kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta, atau asing

Kerjasama Akademik :

PT Indosat Tbk.

PT Pertamina

PT PLN Sidoarjo

Bank Indonesia

PT Kaltim Methanol Industri

PT Telkom

PT. Chevron

PT Petrokimia Gresik

PT Semen Gresik Tbk.

PT Pupuk Kalimantan Timur

PT. EXCELCOMINDO PRATAMA ( XL )

IBM

Jawa Pos

Traspac

PT Badak NGL