Teknik Industri - Institut Teknologi Sepuluh Nopember

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Nama Fakultas : Teknologi Industri
Alamat Sekretariat : Gedung Teknik Industri - ITS
Sukolilo, Surabaya
Kode Pos : 60111
Telp : 031-5939361    Telp2 :
Email : office@ie.its.ac.id
Website : http://www.ie.its.ac.id
Nama Kepala Program Studi : Ir. Sritomo Wignjosoebroto, M.Sc

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Seiring dengan perkembangan disiplin ilmu Teknik Industri dan semakin banyaknya tuntutan akan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dalam bidang perindustrian yang merupakan konsekuensi dari arah pembangunan nasional Indonesia, maka dirasakan perlu berdiri sebuah jurusan/ program studi Teknik Industri selain jurusan Teknik Industri yang ada di ITB. Oleh sebab itulah pada tahun 1984 ITS membentuk sebuah Tim Program Studi Teknik Industri yang bertugas mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pembukaan Program Studi Teknik Industri ITS. Tim tersebut terdiri atas Ir. Sritomo Wignjosoebroto, M.Sc. (Teknik Mesin/ Ketua Tim), yang beranggotakan antara lain adalah Dr. Ir. Suparno, MSIE. (Teknik Mesin), Ir. Soewarso, MSc. (Teknik Fisika), Drs. Haryono, MSc. (Statistik) dan Drs. Slamet Mulyono, MSc., Ph.D. (Statistik). Pembentukan tim ini tertuang dalam SK Dekan FTI no. 1023/PT12.5/Q/1984. Pada tahun 1985, berdasarkan SK Dirjen DIKTI No. 048/DJ/Kep/1985, berdirilah program studi Teknik Industri yang berada dibawah Fakultas Teknologi Industri. Selama kurun waktu 1985 - 1992 kegiatan akademik program studi Teknik Industri berlangsung di Jurusan Teknik Mesin dan antara 1992 - 1994 berlangsung di Gedung Workshop ITS. Baru pada tahun 1994 program studi Teknik Industri mendapat gedung baru yang ditempati secara bersama-sama dengan program studi Teknik Komputer. Selanjutnya berdasarkan Sk Dirjen DIKTI No. 89/DIKTI/Kep/1996 yang dikeluarkan pada tahun 996, program studi Teknik Industri berubah menjadi jurusan Teknik Industri. Kemudian pada bulan Agustus pada bulan Agustus 1999 jurusan Teknik Industri menempati gedung baru yang dipergunakan untuk mendukung kegiatan administrasi dan kegiatan perkuliahan. Dan pada tanggal 19 Agustus 2000 jurusan Teknik Industri telah mendapatkan akreditasi A sesuai sertifikat nomor : 03654/Ak-I-III-020/ITSTKI/VIII/2000.
Visi Jurusan Teknik Industri ITS ingin menjadi institusi pendidikan tinggi Teknik Industri unggulan yang memiliki reputasi internasional dan mampu mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan.
Misi • Melaksanakan program pendidikan dan kegiatan penelitian dibidang Teknik Industri yang bereputasi Internasional. • Menyediakan pelayanan yang relevan dengan kebutuhan industri serta masyarakat untuk mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan. • Membangun jaringan kerjasama pengembangan kegiatan pendidikan dan penelitian untuk memberdayakan sumber daya insani dan seluruh resources yang dimiliki; • Melakukan penelitian dan pengembangan di bidang keilmuan teknik industri yang berkualitas dan memberi kontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi;

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

Mahasiswa program S1 Jurusan Teknik Industri dapat memperoleh kesempatan menerima beasiswa selama masa studinya. Terdapat kurang lebih 32 macam beasiswa yang tersedia selama ini, yaitu antara lain berasal dari Asian Development Bank (ADB), Pemerintah Jerman (DAAD), Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Ikatan Orang Tua Mahasiswa (IKOMA) ITS, Ikatan Alumni (IKA) ITS, BKM, EEDP, PT.Astra Internasional, PT. Gudang Garam, dan sebagainya. Informasi mengenai beasiswa/ ikatan dinas/ beasiswa kerja mahasiswa dapat diperoleh di bagian kemahasiswaan Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, Gedung KPA lantai I Kampus ITS Sukolilo. Beasiswa yang ditawarkan diatas memiliki jumlah dan rentang waktu yang berbeda beda tergantung dari penyelenggaranya. Prosedur dan persyaratan umum pengajuan beasiswa/ ikatan dinas/ beasiswa kerja mahasiswa antara lain adalah : 1. Mengajukan permohonan melalui pimpinan fakultas (pembantu dekan III) dengan rekomendasi ketua jurusan ; 2. Foto kopi daftar nilai semester dengan IPK minimal 2,50 atau sesuai dengan permintaan penyandang dana/ sponsor ; 3. Keterangan penghasilan orang tua/ slip gaji orang tua yang sah ; 4. Foto kopi kartu Susunan Keluarga terbaru ; 5. Surat keterangan RT, RW dan Lurah bagi orang tua yang tidak mampu membiayai studinya.

FASILITAS

Fasilitas Program Studi • Lab. Ergonomi dan Perancangan Sistem Kerja • Lab. Sistem Manufaktur Optimasi & Simulasi & Data Mining • Lab. Perancangan Sistem & Manajemen Industri • Lab. Logistik & Supply Chain Management