Fisika - Institut Teknologi Sepuluh Nopember

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Nama Fakultas : Teknologi Industri
Website : http://www.ep.its.ac.id/
Jumlah Mahasiswa : -
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : -
Jumlah Mahasiswa Tahun Depan : -

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Ilmu Teknik Fisika (Engineering Physics) merupakan disiplin ilmu yang memiliki karakteristik multifacet. Ilmu Teknik Fisika mempelajari tentang aplikasi inter disiplin ilmu fisika dalam bidang rekayasa seperti instrumentasi, energi, fotonik, material, lingkungan, dan lain-lain. Ilmu Teknik Fisika akan memberikan pemahaman yang kuat dalam bidang basic science dan basic engineering untuk memecahkan permasalahan dan menghasilkan karya inovatif dalam bidang teknologi pada saat ini maupun di masa mendatang. Program Studi Teknik Fisika di ITS pada awalnya merupakan salah satu bidang studi di Jurusan Fisika Fakultas Ilmu Pasti dan Alam (FIPIA), yang pertama kali berdiri pada Nopember 1965. Dalam perkembangannya, sejak tanggal 10 Nopember 1983 bidang studi ini berkembang menjadi jurusan yang terpisah dan berdiri dibawah Fakultas Teknologi Industri FTI - ITS dengan nama Jurusan Teknik Fisika. Dengan demikian Jurusan Teknik Fisika memiliki peranan yang penting dalam pengembangan ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan industri secara luas. Sebagai institusi pendidikan tinggi, Jurusan Teknik Fisika telah memperoleh Akreditasi A (Sangat Baik) sejak 2006. Pada tahun 1995 Jurusan Teknik Fisika FTI-ITS membuka program studi D3 Instrumentasi sebagai jawaban atas tingginya permintaan pasar terhadap tenaga ahli madya dibidang instrumentasi, dimana calon mahasiswa Program Studi D3 Teknik Instrumentasi berasal dari beberapa SMU dan SMK yang mayoritas di Jawa Timur dimana proses penerimaannya dilaksanakan secara terpadu dengan program Studi D3 lainnya di ITS. Dengan demikian Jurusan Teknik Fisika saat ini mengelola: -. Program Studi S1 Teknik Fisika -. Program Studi S2 Teknik Fisika -. Program Studi D3 Teknik Instrumentasi.
Visi Menjadi institusi pendidikan yang unggul dalam memenuhi kebutuhan masyarakat nasional, regional dan internasional dalam bidang teknologi yang berbasis ilmu teknik fisika.
Misi Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas tinggi di bidang teknik fisika untuk menghasilkan lulusan yang dapat bersaing di pasar kerja. Mengembangkan penelitian dasar dan terapan di bidang teknik fisika yang bermanfaat bagi masyarakat. Meningkatkan pelayanan pada masyarakat untuk mendukung program pengembangan teknologi yang berbasis pada keilmuan teknik fisika. Menumbuhkan dan menjaga moral akademik dan etika profesi Teknik Fisika.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A
Peringkat Program Studi -
Informasi Sertifikat dan ISO lainnya -

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Pendaftaran -
Per Semester / Per SKS -

INFORMASI BEASISWA

Beasiswa PPA (Peningkatan Akademik) dan Beasiswa BBM tahun ajaran 2009/2010

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi Laboratorium Rekayasa Instrumantasi Laboratorium Rekayasa Energi dan Pengkondisian Lingkungan Laboratorium Rekayasa Material Laboratorium Rekayasa Akustik dan Bangunan Laboratorium Rekayasa Simulasi dan Komputasi Workshop Instrumentasi Wi-Fi Hotspot Laboratorium Rekayasa Fotonika