Kimia - Institut Teknologi Sepuluh Nopember

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Nama Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Alamat Sekretariat : Jurusan Kimia
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
Kampus ITS Sukolilo Surabaya
Kode Pos : 60111
Telp : (031) 5943353    Telp2 : -
Fax : (031) 5948314    Fax2 : -
Email : kimia@its.ac.id
Website : http://www.chem.its.ac.id/
Jumlah Mahasiswa : -
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : -
Jumlah Mahasiswa Tahun Depan : -

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Sejarah Kimia ITS

Pendidikan ilmu Kimia di ITS berawal dari pertimbangan kebutuhan akan sarjana lulusan Kimia bagi lembaga pendidikan, penelitian dan industri, serta kondisi geografis ITS di Jawa Timur pada awal dekade 80-an. Saat itu, seiring dengan pesatnya perkembangan industri akibat “booming” minyak bumi, kebutuhan akan Sarjana Kimia di seluruh wilayah Indonesia meningkat tajam. Menilik terbatasnya kemampuan perguruan tinggi yang ada, maka ITS pada tahun 1983 membentuk Program Studi Kimia melalui SK Dirjen DIKTI No. 116/DIKTI/Kep/1984. Jurusan Kimia sebagai unsur pelaksana akademik pada Fakultas MIPA ITS yang mewadahi Program Studi Kimia dibentuk pada tanggal 27 September 1996 melalui Keputusan Dirjen DIKTI SK No. 471/DIKTI/Kep/1996.

 Saat berdiri Jurusan Kimia menempati Gedung K yang semula direncanakan untuk program Basic Science ITS dan dikelola oleh empat orang staf pengajar yakni Drs. Taslim Ersam, MS, (Ketua Program Studi), Dra. Narkanti dan Drs. M. Suud Gani dengan 26 mahasiswa baru. Fasilitas pendidikan dan laboratorium pada saat itu masih sederhana dan hanya Laboratorium Kimia Dasar, Kimia Analitik dan Kimia Organik yang aktif. Setahun kemudian Program Studi Kimia mendapat kepercayaan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan untuk menangani kekurangan guru Kimia SLTA melalui Program D-3 Kependidikan Kimia. Program ini berlangsung pada tahun 1985-1994 dan telah meluluskan 196 alumni yang tersebar di penjuru tanah air. Seiring dengan kemajuan yang ada, maka sejak tahun ajaran 2004/2005 Jurusan Kimia membuka Program Magister (S-2) Kimia dengan SK Dirjen DIKTI No. 4471/D/T/2004. Pada saat yang sama pula mendapat kepercayaan dari Direktorat Menengah Kejuruan menangani Program Magister (S-2) Kimia peserta yang mendapat beasiswa dari Ditmenjur.

 Dana dari Asia Development Bank (ADB), Bantuan Presiden, Basic Sciences, DIP, OECF antara lain memberikan andil dalam melengkapi sarana dan prasarana di Jurusan Kimia. Selanjutnya Block Grant berupa Technological and Professional Skills Development Sector Project (TPSDP) 2004-2007 berhasil dimenangkan untuk mempercepat perkembangan Jurusan Kimia agar kualitas lulusan semakin mudah diserap stakeholder dan berkompetisi di era global.  Kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa antara lain mendapat dukungan dana penelitian kompetitif tingkat  nasional seperti Indonesia Toray Science Foundation (ITSF), Riset Unggulan Terpadu (RUT),  University Research for Graduate Education (URGE) Project, Domestic Collaboration Research Grant (DCRG), Hibah Bersaing (HB), Penelitian Dasar, Starter Grant, Technological and Professional Skills Development Sector Project.

 Saat ini, Jurusan Kimia menempati dua gedung utama, gedung J dan gedung K Kampus ITS Sukolilo Surabaya. Sampai wisuda sarjana September 2005, Jurusan Kimia telah meluluskan 661 alumni yang mampu bersaing di bursa kerja dan studi lanjut di dalam dan luar negeri. Sejak tahun 1999 Jurusan Kimia menyelenggarakan Seminar Nasional Kimia tahunan di bulan Agustus yang membahas perkembangan kimia dan aplikasinya terkini yang melinatkan peserta dari perguruan tinggi, lembaga/institusi riset, industri, mahasiswa, dan pemerhati perkembangan kimia. Jurusan Kimia bekerjasama dengan Himpunan Kimia Indonesia cabang Jawa Timur menerbitkan jurnal Akta Kimia Indonesia yang memuat laporan terbaru hasil penelitian, sumbangan teoritis baru, penjelasan metoda penelitian yang baru, atau pengertian baru dan hasil yang telah ada.

Visi

Sebagai institusi di bidang Kimia dan terapannya yang mendapat pengakuan internasional.

Misi  

* Menyelenggarakan pendidikan tinggi secara efisien sampai jenjang pasca sarjana, untuk menghasilkan lulusan berkualitas tinggi yang mampu bersaing secara internasional.

* Melaksanakan penelitian yang inovatif dan kreatif untuk pengembangan kimia dan terapannya

* Menyelenggarakan kegiatan pelayanan kepada masyarakat yang berhubungan kimia dan terapannya.

* Menyelenggarakan kegiatan promosi untuk memasyarakatkan kimia dan kapabilitas Jurusan. Menjunjung tinggi dan mempertahankan nilai-nilai akademik, moral, dan etika untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A
Peringkat Program Studi -

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Pendaftaran -
Per Semester / Per SKS -

INFORMASI BEASISWA

-

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi

Jurusan Kimia dilengkapi dengan sarana-sarana penunjang yang dimiliki ITS, seperti Perpustakaan Pusat, Pusat Komputasi, dan M-Web. Tersedia pula fasilitas lain seperti Ruang Baca Kimia dan sembilan laboratorium yang dimiliki oleh Jurusan Kimia, yaitu :

- Laboratorium Penelitian
- Laboratorium Kimia Terapan dan Instrumen
- Laboratorium Kimia Fisika Polimer
- Laboratorium Kimia Organik
- Laboratorium Biokimia
- Laboratorium Kimia Anorganik
- Laboratorium Kimia Fisika
- Laboratorium Kimia Analitik
- Laboratorium Kimia Dasar

Informasi Praktik Kerja Lapangan -
Kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta, atau asing -