Teknik Pangan - Universitas Pelita Harapan

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Pelita Harapan
Nama Fakultas : Teknologi Industri
Alamat Sekretariat : UPH Tower, Lippo Karawaci Jl.M.H.Thamrin Boulevard 1100 Tangerang 15811-Indonesia
Kode Pos : 15811
Telp : +6221 546 0901    Telp2 :
Fax : +6221 546 0910    Fax2 :
Email : tek_pangan@uph.edu
Website : http://foodtech.fti.uph.ac.id/
Nama Kepala Program Studi : Nuri Arum Anugrahati, S.Si., MP
Jumlah Mahasiswa : 381

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Departemen Teknologi Pangan sebagai bagian dari Fakultas Teknologi Industri di Universitas Pelita Harapan didirikan pada tahun 1995. Pada mulanya departemen ini hanya mempunyai 9 siswa, bersama dengan beberapa fasilitas laboratorium, yaitu. Laboratorium Pemrosesan Makanan, Laboratorium Mikrobiologi, Laboratorium Quality Control, Sensory Analisis Laboratorium, dan Laboratorium Kimia. Dalam perkembangannya sepanjang tahun lebih dari 100 siswa mendaftarkan diri ke departemen pada tahun 2004, dan jumlah ini dikelola melalui semua jalan masuk 2007. Peningkatan jumlah siswa tubuh memerlukan pembangunan dalam proses pendidikan, seperti pada baris e-jurnal akses baik untuk mahasiswa dan dosen, dan fasilitas laboratorium khusus yang dirancang khusus untuk siswa mereka melakukan proyek riset di tahun terakhir mereka. Pada tahun 2006, departemen memulai pertama dual degree program dengan melakukan kelas-kelas dalam bahasa Inggris dan juga di Indonesia. Pada bulan Juli 2008, UPH Teknologi Pangan Departemen dipindahkan maju kepada 7 siswa ke University of Newcastle, Australia. 7 pelajar ini akan mengambil bagian sebagai siswa pertama pernah berpartisipasi dalam program dual degree.
Visi To become the center of food science and technology development.
Misi
Prepares graduates as professional human resources with broad perspectives in the fields of food technology

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B
Informasi Sertifikat dan ISO lainnya Departemen Teknologi Pangan mempunyai dua program yaitu yang dilakukan di Indonesia dan dilakukan dalam bahasa Inggris (untuk siswa lulus standar bahasa Inggris). Kedua program kurikulum yang sama dan total kredit yang diperlukan untuk menyelesaikan program ini adalah 145 kredit. Untuk kelas dilakukan dalam bahasa Inggris, para siswa yang mampu untuk memenuhi standar akademik akan memiliki kesempatan untuk mengikuti program dual degree.

Dual degree program ini adalah program yang dirancang bersama-sama dengan mitra universitas di mana para calon yang berhasil menyelesaikan program baik di UPH atau di universitas mitra akan diberikan STP dari UPH dan gelar Sarjana dari universitas mitra. Dalam program ini, para siswa harus menyelesaikan sama dengan yang pertama 2 tahun UPH Gelar Program Sarjana di UPH, tahun ketiga di universitas mitra dan menyelesaikan tahun terakhir di UPH. Berbeda dengan program reguler yang dilakukan baik dalam bahasa Inggris atau Indonesia, total kredit yang diperlukan untuk menyelesaikan program dual degree 155 kredit.

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Fasilitas Program Studi Food Processing Laboratory
Laboratorium Pengolahan makanan dirancang untuk mendukung siswa dalam kegiatan yang berkaitan dengan makanan makanan dan teknologi. Beberapa topik yang telah dikembangkan adalah sebagai berikut:  Teknologi Pengolahan berbasis Cereal, buah-buahan, sayur dan umbi,Teknologi Pengolahan Daging dan Ikan, minuman berkarbonasi, Pemanfaatan limbah Pertanian dan Kelautan, seperti kulit telur, kulit kepiting dan tulang ikan.

Laboratorium Quality Control
Laboratorium Quality Control adalah sebuah laboratorium yang sistematis dan terpadu, dan ini digunakan untuk mendukung kegiatan yang erat terkait dengan komponen-analisa dan parameter kualitas produk makanan.

Microbiology Laboratory
Laboratorium Mikrobiologi dirancang untuk mendukung siswa kegiatan yang berkaitan dengan biologi dan mikrobiologi sebagai dasar untuk mengembangkan penelitian yang terkait erat dengan pemanfaatan mikroorganisme dalam pengolahan makanan, seperti produksi sider, yoghurt dan kombucha.

Sensory Analysis Laboratory

Sensory Analisis Laboratorium dirancang untuk mengevaluasi standar kualitas yang berkaitan dengan panca indera manusia, seperti rasa, warna, aroma dan tekstur.

Research Laboratory

Laboratorium Penelitian ini dirancang untuk memberikan para siswa dengan instrumen khusus dalam proyek-proyek penelitian terakhir mereka.
Kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta, atau asing University of New Castle, Australia adalah mitra universitas untuk Dept Teknologi Pangan UPH. Kemitraan dikembangkan berdasarkan saling pengertian yang dihasilkan dalam program dual degree mulai dari tahun ajaran 2006. Program Dual Degree yang disiapkan dan dirancang untuk siswa yang mengejar 2 gelar sarjana muda dalam kurun waktu 4 tahun akademik, yaitu STP (dari Dept Teknologi Pangan UPH) dan BFSHN (dari University of Newcastle)