Design Komunikasi Visual - Universitas Bunda Mulia

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Bunda Mulia
Alamat Sekretariat : Jl. Lodan Raya No. 2
Jakarta Utara
Jakarta
Indonesia
Kode Pos : 14430
Telp : (021) 6909090    Telp2 :
Email : bmscc@indo.net.id
Website : http://www.bundamulia.ac.id
Nama Kepala Program Studi : -
Guru Guru Besar : -
Jumlah Mahasiswa : -
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : -
Jumlah Mahasiswa Tahun Depan : -

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Mengamati perkembangan keilmuan serta praktek keprofesian bidang Desain Komunikasi Visual, maka disimpulkan bahwa arti/ makna desain bagi DKV adalah konsep dan medium komunikasi yang berbasis pada ide atau gagasan yang dirancang dengan maksud dan tujuan tertentu untuk menjawab suatu persoalan (problem solving), baik untuk persoalan/ kepentingan sosial, maupun komersial.
Sedangkan makna Komunikasi Visual dalam konteks bidang keilmuan DKV adalah seni berkomunikasi (Arts of Communication) dengan menggunakan bahasa rupa (Visual Text) untuk menyampaikan suatu pesan dan disampaikan melalui media (desain). Bahasa Rupa tersebut dominant erujud image grafis, tanda/ symbol atau unsur grafis lainnya yang tersusun berdasarkan kaidah/ prinsip berbahasa yang khas/ tersendiri. Isi pesan diungkapkan secara kreatif dan komunikatif serta mengandung solusi (alternative) untuk permasalahan yang hendak disampaikan.

Kompetensi Lulusan Program Studi :

Kompetensi lulusan program studi ada dua kelompok spesialis keahlian, yakni :

Sebagai Ahli Desain Grafis Digital, yang memiliki kemampuan utamanya dalam menangani pekerjaan perancangan image grafis digital untuk Desain Tipografi, Ilutrasi, Komik, Identitas Visual, Web, Kemasan, Pameran, Fotografi, Promosi/ Publikasi dan jenis Desain Grafis lainnya; lulusan Prodi DKV – UBM dididik/ diarahkan untuk memiliki Kompetensi  sbb :

  • Memiliki kemampuan utama dalam mengolah Image Grafis untuk keperluan Komunikasi Grafis
  • Mampu membuat konsep Desain Grafis, melalui Prosedure dan Problem Solving Method secara efisien dan efektif
  • Mampu memilih dan mengorganisasikan berbagai unsur desain, seperti bentuk huruf, ilustrasi, tipografi atau unsur grafis lainnya untuk keperluan membuat Desain Komunikasi Grafis
  • Mampu secara efektif menggunakan unsur-unsur dasar grafis, seperti garis, shape/ bentuk ruang, warna, value, tekstur dan bentuk (form) dalam mengembangkan image grafis.
  • Memiliki pengetahuan tentang Proses dan Teknik Cetak, khususnya pengetahuan tentang membuat gambar kerja (Final Artwok) secara konvensional/ manual ataupun digital/computerized

 

Sebagai spesialis Ahli Desain Multimedia yang memiliki kemampuan utamanya dalam menangani pekerjaan perancangan image fotografis digital untuk Desain Multimedia, seperti desain iklan TV (TV Spot), desain/ program AV/ Fotografi untuk keperluan kegiatan komersial, hiburan atau sosial, animasi dan ilustrasi digital dan desain website/ situs internet atau desain media rekam digital lainnya. Lulusan Prodi DKV-UBM dididik/ diarahkan untuk memiliki kompetensi, sbb:

  • Mampu membuat Konsep Desain Multimedia, melalui Procedure dan Problem Solving Method secara efisien dan efektif
  • Mampu mengaplikasikan Pengetahuan dan Teknik Fotografi, termasuk mengoperasikan kamera, membuat Komposisi Image Fotografis, Electronic Image Capture and Manipulation.
  • Mampu berkreasi memilih dan mengorganisasikan unsur/ bahan dasar desain seperti berbagai ragam image fotografis, bentuk huruf, gambar ke dalam gagasan desain yang terstruktur untuk sebuah desain Multimedia.
  • Mampu mempergunakan perangkat lunak komputer untuk menciptakan, menggunakan, merekam dan memanipulasi image fotografis untuk keperluan produksi video, multimedia, ataupun untuk keperluan produksi cetak (printing).
  • Mampu mengaplikasikan prinsip/estetik suara/bunyi untuk sebuah desain komunikasi yang dirancang, serta memilih dan mengorganisasikan unsur/bahan untuk presentasi multimedia.
  • Mampu mengidentifikasikan dan menganalisis audiences dan persoalan pemasaran ke dalam desain dan perencanaan komunikasi multimedia.
  • Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip komunikasi Hypermedia dan Scripting, termasuk memahami karakter informasi elektronik yang berpengaruh ke dalam Produksi dan Desain Multimedia.
Visi Menjadi perguruan tinggi yang menekankan pada keunggulan pendidikan yang berbasis industri dan teknologi informasi, berkomitmen tinggi kepada mutu dan berwawasan global.
Misi

Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan siap pakai yang mempunyai kompetensi dan daya saing tinggi dibidang keilmuan masing-masing.

Menyelenggarakan program-program penelitian dan pengembangan guna menghasilkan konsep-konsep, teori dan hasil kajian yang secara fungsional dapat mendukung pengembangan kehidupan bermasyarakat.

Melaksanakan dan mengembangkan program-program pengabdian kepada masyarakat melalui inovasi dibidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa Indonesia.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B
Peringkat Program Studi -
Informasi Sertifikat dan ISO lainnya SK Dirjen Dikti No.73/D/O/2003, tanggal 10 Juni 2003

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Pendaftaran Rp. 200.000,-
Per Semester / Per SKS Rp. 7.500.000/semester

INFORMASI BEASISWA

-

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris.
Fasilitas Program Studi -
Informasi Praktik Kerja Lapangan -
Kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta, atau asing -