Ilmu Ekonomi - Universitas Islam Indonesia

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Islam Indonesia
Nama Fakultas : Ekonomi
Alamat Sekretariat : 1. Kampus terpadu/Pusat Jalan Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta - 55584 2. Taman Siswa Campus Jalan Tamansiswa No. 158 Yogyakarta -55151 3. Cik Di Tiro Campus Jalan Cik Di Tiro No. 1 Yogyakarta - 55223 4. Demangan Campus Jl. Demangan Baru No. 24 Yogyakarta -55281 5. Condong Catur Campus Jalan Condong Catur Ring Road Utara, Depok, Sleman, Yogyakarta - 55383
Kode Pos : 55584
Telp : +62 (274) 898444    Telp2 :
Fax : +62 (274) 898459    Fax2 :
Email : info@uii.ac.id
Website : http://www.uii.ac.id
Nama Kepala Program Studi : Jaka Sriyana, MSi.PhD
Guru Guru Besar :

Edy Suandi Hamid

Jumlah Mahasiswa : 324
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 377

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Program Studi Ilmu Ekonomi (PSIE) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia didirikan pada tahun 1990/1991 dengan nama Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP). Memperoleh Status Terdaftar pada tanggal 21 Februari 1991 berdasarkan SK Mendibud RI No. 076/0/1991. Memperoleh status Diakui pada tahun akademik 1993/94 berdasarkan SK. Dirjen Dikti Depdikbud RI No. 193/DIKTI/ Kep/1994 tanggal 9 Juli 1994. Kemudian berdasarkan sistem akreditasi baru yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN), PS IESP mendapatkan akreditasi dengan nilai A sesuai dengan SK. BAN Perguruan Tinggi Depdikbud RI No. 002/BAN-PT/Ak-II/XII/1998 tertanggal 22 Desember 1998. Selanjutnya, pada akreditasi ulang berikutnya yakni pada tahun 2003, PS bisa mempertahankan nilai A.
Seiring dengan perkembangan pendidikan ilmu ekonomi, penggunaan nama PS IESP dinilai oleh banyak perguruan tinggi kurang mencerminkan kompetensi yang dimiliki PS. Oleh karena itu beberapa perguruan tinggi telah menggunakan nama PS Ilmu Ekonomi. Usaha secara formal menggunakan nama Program Studi Ilmu Ekonomi dimulai dari hasil konferensi penyelenggara PS IESP di Universitas Trisakti pada tanggal 25-27 Januari 2006 yang menghasilkan rekomendasi penggunaan nama Program Studi Ilmu Ekonomi. Atas dasar itu, Program Studi IESP FE UII mengadakan rapat pleno dengan seluruh sivitas akademika yang akhirnya menyetujui penggunaan nama Program Studi Ilmu Ekonomi. Atas dasar itu ketua PS mengirim surat kepada rektor UII untuk mengajukan permohonan perubahan nama Program Studi IESP menjadi Program Studi Ilmu Ekonomi (PSIE). Perubahan nama PS IESP menjadi Program Studi Ilmu Ekonomi dituangkan dalam SK Rektor UII No. 149/SK/Rek/DA/IV/2008 tentang Perubahan Nama Jenjang Strata-1 (S-1) program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan menjadi Program studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.
Visi Terwujudnya Program Studi Ilmu Ekonomi unggulan, sebagai Rahmattan Lil’alamin yang memiliki komitmen pada kesempurnaan dan risalah Islamiyah di bidang ilmu ekonomi.
Dengan visi tersebut PS Ilmu Ekonomi bertekad menjadi salah satu PS yang unggul di lingkup Asia pada tahun 2018. Keungggulan yang diharapkan dimiliki oleh PS adalah pada kompetensi ekonomi Islam. Untuk mewujudkan visi tersebut telah dilakukan berbagai kebijakan strategis, yaitu revisi kurikulum pada tahun 2006/2007, pengiriman dosen studi lanjut untuk program master dan doktor pada bidang ekonomi Islam. Berbagai kerjasama juga telah dilakukan dengan dukungan pimpinan fakultas dan universitas, diantaranya dengan the Australian Consortium for Incountry Indonesian Studies (ACICIS) , Wollongong University, Universiti Kebangsaan Malaysia dalam bidang pengembangan pendidikan dan kajian ilmiah.
Misi
  1. Melaksanakan pendidikan tinggi di bidang ekonomi dengan kompetensi ekonomi Islam yang didukung oleh keunggulan kurikulum dan proses belajar-mengajar serta kelengkapan fasilitas penunjang.
  2. Mengembangkan dan memanfaatkan ilmu ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan, kehormatan, dan martabat masyarakat.
    Untuk mewujudkan misi tersebut dilakukan dengan meningkatkan jumlah dosen yang memiliki kompetensi ekonomi Islam. Kebijakan yang dilakukan adalah pengiriman studi lanjut tiap tahun, mengirim dosen pada training bidang ekonomi Islam serta mendorong dosen menulis buku dan karya ilmiah dalam bidang ekonomi Islam. Selain itu dilakukan peningkatan kualitas proses pembelajaran berupa pembatasan jumlah mahasiswa dalam kelas, peningkatan penggunaan e-learning, penggunaan kasus dan metode student center learning. Peningkatan karya tulis dosen dilakukan dengan program produktivitas dosen.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Pendaftaran Rp 125.000 - Rp 200.000
Per Semester / Per SKS SPP Rp 1.400.000, SKS Rp 80.000

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi
  • Ruang Kelas
    Semua ruang kelas ber-AC dan dilengkapi dengan fasilitas modern seperti komputer dan viewer.
  • Perpustakaan
    Perpustakaan merupakan sarana penunjang kelancaran kegiatan proses belajar mengajar, maka dengan selesainya pembangunan gedung perpustakaan pada tahun 1995/1996, perpustakaan FE UII menjadi lebih luas. Sampai dengan bulan Juli 2007, perpustakaan telah memiliki 56. 623 eksemplar buku yang terdiri dari 12. 317 judul buku berbahasa Indonesia (28. 804 eksemplar) dan 4. 206 judul buku berbahasa asing (11. 296 eksemplar). Usaha-usaha penambahan jumlah buku maupun judul buku terus dilakukan sesuai dengan kebutuhan kurikulum dan silabi yang diberlakukan di FE UII. Perpustakaan dalam meningkatkan pelayanan dan tertib administrasi telah menggunakan system komputerisasi pelayanan secara terbuka (Open Access), termasuk di dalamnya layanan pandang dengar (audio visual).
  • Pojok Bursa Efek Jakarta (Pojok BEJ)
    Pojok BEJ merupakan wahana yang melayani kebutuhan data informasi dan konsultasi untuk go public, investasi dan penelitian. Pojok BEJ ini terhubung secara on line real time dengan BEJ.
  • Laboratorium Komputer dan Statistik
    Guna menunjang kelancaran kegiatan proses belajar mengajar di FE UII, pada saat ini telah dibentuk tiga laboratorium yaitu: Laboratorium Praktik Akuntansi, Statistik, dan Komputer. Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa pada tahun 1999 telah dibangun sistem jaringan Local Area Network (LAN). Selain itu, FE UII senantiasa meng-upgrade dan menambah fasilitas komputer yang dimiliki seiring dengan perkembangan kebutuhan dan teknologi. Saat ini Program Studi Akuntansi juga telah menggunakan software akuntansi SAP dan membuat mata kuliah baru yaitu Enterprise Resource Planning (ERP) yang berbasis laboratorium dan menggunakan SAP sebagai softwarenya.
  • Warung Telekomunikasi
    FE-UII menyediakan fasilitas warung telekomunikasi untuk mahasiswa. Fasilitas ini adalah unit bisnis komersial yang menyediakan pelayanan seperti telepon, fax dan fasilitas pos. Pelayanan ini buka 24 jam sehari.
  • Fasilitas Perbankan
    Untuk memfasilitasi mahasiswa dalam melakukan transaksi perbankan di kampus, FE UII menyediakan counter bank yang disediakan oleh bank Bukopin dan bank Mandiri. Selain itu tersedia juga fasilitas ATM Mandiri dan Bukopin yang jaringannya terhubung dengan network Cirrus.
  • Koperasi Mahasiwa
    Unit bisnis ini dijalankan oleh Koperasi Mahasiswa FE UII dan menjual berbagai macam produk untuk mahasiswa, seperti buku, alat tulis, stiker, kaos, makanan dan minuman kecil. Koperasi Mahasiswa juga menyediakan mesin fotokopi dengan harga yang terjangkau bagi mahasiswa.
  • Internet
    Untuk meningkatkan akses data dan jurnal-jurnal ilmiah serta akses informasi lainnya bagi civitas akademika FE UII, telah disediakan fasilitas internet tanpa kabel (Hotspot) maupun fasilitas internet dengan kabel di semua kelas dan tempat-tempat strategis lainnya.
  • Kantin
    Tersedia kantin yang nyaman bagi mahasiswa dan staf. Kantin ini menyediakan berbagai macam makanan dan minuman dengan harga yang wajar dan buka dari Senin sampai Sabtu mulai pukul 8 pagi hingga pukul 2 siang.