Teknik Informatika - Universitas Islam Indonesia

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Islam Indonesia
Alamat Sekretariat : 1. Kampus terpadu/Pusat Jalan Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta - 55584 2. Taman Siswa Campus Jalan Tamansiswa No. 158 Yogyakarta -55151 3. Cik Di Tiro Campus Jalan Cik Di Tiro No. 1 Yogyakarta - 55223 4. Demangan Campus Jl. Demangan Baru No. 24 Yogyakarta -55281 5. Condong Catur Campus Jalan Condong Catur Ring Road Utara, Depok, Sleman, Yogyakarta - 55383
Kode Pos : 55584
Telp : +62 (274) 898444    Telp2 :
Fax : +62 (274) 898459    Fax2 :
Email : info@uii.ac.id
Website : http://www.uii.ac.id
Nama Kepala Program Studi : YUDI PRAYUDI
Guru Guru Besar : TAUFIQ HIDAYAT, M.Sc
FATHUL WAHID, M.Sc
AMI FAUZIJAH, M.T
Jumlah Mahasiswa : 1303
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 1434

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Sebagai wujud dari peran aktif UII dalam pendidikan tinggi nasional, maka UII melihat bidang komputer dan teknologi informasi adalah bidang yang perlu dibangun fondasi keilmuannya di lingkungan UII. Untuk itulah maka Teknik Informatika UII didirikan. Jurusan Teknik Informatika FTI UII berdiri pada tahun 1994 dan mendapat akreditasi B pertama kali pada bulan Juli 2000, kemudian reakreditasi kedua pada bulan September 2005 dengan nilai juga B.

Tujuan

Untuk mengukur kesesuaian antara Visi dan Misi terdapat sejumlah kriteria yang kemudian dijadikan sebagai tujuan dari pendidikan Teknik Informatika UII, yaitu:

  • Terbentuknya mahasiswa sebagai sumberdaya manusia yang handal di bidang ICT sehingga memiliki kemampuan akademik yang kompetitif dan memiliki kesiapan dalam hal: (1) kesadaran individu untuk mewujudkan nilai-nilai islam yang berorientasi pada penegakkan dan pengamalan Al Quran dan As Sunnah secara kaffah; (2) bekerja secara profesional dalam bidang yang terkait dengan ICT; (3) melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi; (4) berperan aktif dalam masyarakat modern sesuai dengan kapasitas ilmu yang dimilikinya; (5) mengimplementasikan ilmu yang dimilikinya sehingga dapat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat dan kesejahteraan umat manusia; (6) sikap dan perilaku yang berorientasi pada kecakapan interpersonal, wawasan global, komunikasi efektif, berjiwa mandiri, kreatif, inovatif, serta wirausaha.
  • Terselenggaranya aktifitas proses belajar mengajar dengan infrastruktur dan lingkungan yang kondusif untuk tercapainya kompetensi yang diharapkan.
  • Tersedianya staff yang mampu menguasai, mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi secara kreatif dan inovatif yang diwujudkan antara lain dengan meningkatnya performance penelitian dan pelayanan pada masyarakat.
  • Terbentuknya jaringan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak (termasuk alumni) yang mendukung pengembangan dan aplikasi ilmu komputer yang diwujudkan dalam bentuk terealisasinya konsep inkubator sebagai implementasi dari Knowledge Based Economy dan Technopreneurship.
  • Tersedianya sejumlah fasilitas (laboratorium, pusat studi, pusat pelatihan, perpustakaan, dll) serta infrastruktur jaringan komputer yang handal yang akan menjadi salah satu sarana penting bagi tercapainya Visi dan Misi Teknik Informatika UII.
  • Terwujudnya Otonomi dan desentralisasi jurusan/jurusan dan laboratorium serta pusat-pusat pengembangan ilmu dan teknologi yang akan memunculkan nilai kompetitif masing-masing dengan komitmen pada Accountability, Transparansi, Quality Assurance, dan Healthy organization.

Kompetensi

Secara lebih spesifik, untuk mengukur kapasitas individu terkait dengan lulusan/keluaran jurusan Teknik Informatika maka terdapat standar kemampuan dan kewenangan yang dimiliki oleh setiap lulusan/keluaran jurusan teknik informatika berdasar pengetahuan, ketrampilan dan sikap kerja yang dinyatakan dalam kompetensi. Untuk merumuskan kompetensi jurusan teknik informatika, maka diperoleh masukan awal dalam bentuk Scientific Vision dan market signal. Scientific Vision merupakan pandangan dan pendapat pakar atau pengajar yang berwawasan ke depan sehingga mampu menduga kemampuan lulusan yang diperlukan di dunia kerja di masa yang akan datang. Sementara market signal digunakan untuk menggambarkan adanya sinyal permintaan pasar terhadap kompetensi lulusan agar mampu bekerja di lapangan kerja secara berkualitas.
Visi Berdasar kondisi internal dan eksternal maka untuk dapat eksis serta tetap berperan aktif dalam dunia pendidikan tinggi teknik informatika maka Jurusan Teknik Informatika FTI UII menetapkan Visi untuk 2010, yaitu: “menjadi penyelenggara pendidikan teknologi informasi yang berkualitas dan berperan aktif dalam pembangunan bangsa berlandaskan pada karakter khairo ummah”.
Misi

Berdasar visi tersebut maka yang akan dilakukan oleh jurusan Teknik Informatika untuk mewujudkan visi tersebut adalah tertuang dalam Misi sebagai berikut, yaitu:

  • Mewujudkan institusi yang menjadi bagian dari dakwah islamiyah sesuai dengan tuntunan Al Quran dan Al Hadits di bidang teknologi informasi dan tempat dihasilkannya insan ulil albab yang beriman dan bertaqwa dan mampu menunjukkan jati diri sebagai khairo ummah.
  • Menyiapkan lulusan yang memiliki sikap dan perilaku (attitude and character) yang baik serta berberjiwa mandiri dengan kapasitas intelektual dan profesional yang sesuai dengan kebutuhan jaman serta mampu menghadapi tantangan masa depan dengan komitmen pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.
  • Menyelenggarakan sistem belajar mengajar dengan dukungan Information and Communication Technology (ICT) dalam kerangka sistem pendidikan tinggi yang modern yang berorientasi pada kemajuan ilmu dan teknologi, dan komitmen pada penerapan berbagai instrumen untuk menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas.
  • Memberikan dukungan resource bagi staff untuk mengembangkan diri agar menjadi ilmuwan dan peneliti yang kreatif dan inovatif serta  pendidik yang handal.
  • Menjalankan proses-proses penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan prinsip quality, accountability, autonomy dan equity, sehingga menjadi sebuah institusi pendidikan yang sehat dan  memiliki nilai kompetitif bagi bangsa.
  • Memelihara komunikasi dengan alumni guna memberikan terselenggaranya proses belajar sepanjang hayat serta manfaat dari pengalaman, skill dan pengetahuan yang dimilikinya.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Pendaftaran Rp 125.000 - Rp 200.000
Per Semester / Per SKS SPP Rp 1.500.000, SKS Rp 80.000B

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi
Perpustakaan Pusat Universitas Islam Indonesia memiliki koleksi lebih dari 250 ribu buku. Perpustakaan Pusat berapa di Kampus Terpadu Jalan Kaliurang Yogyakarta. Online Public Access Catalogue (OPAC) dapat diakses di sini (link ke simpus). Portal Pusaka saat ini sedang dibangun.

Masjid Ulil Albab adalah bangunan utama yang menjadi jantung kehidupan Kampus Terpadu. Bila anda memasuki Kampus ini maka Masjid Ulil Albab akan menyambut anda.

Auditorium Kahar Muzakkir adalah bagian dari bangunan multifungsi. Mahasiswa maupun masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas tersebut.

Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia adalah salah satu inovasi dalam rangka mengkaitkan antara kehidupan agama dalam kehidupan akademik. Silakan jelajahi karya para santri di halaman situs mereka.

Rumah Sakit Jogja International Hospital adalah persembahan UII kepada masyarakat luas dalam pelayanan medis. Baik sebagai pasien maupun sebagai rekanan bisnis informasi dapat diperoleh melalui halaman web yang telah tersedia. Untuk informasi lebih lanjut hubungi mereka di Jogja International Hospital (JIH)

Jalan  Ring Road Utara No. 160 Condong Catur, Sleman, Yogyakarta 55283
Telp. 0274-446 3535 (Hunting)
Fax. 0274-4463 444
Emergency Call. 0274-4463 555

Apotik Polifarma di Kampus Terpadu memberi fasilitas kesehatan kepada mahasiswa dan masyarakat sekitar. Pelayanan dokter umum juga diberikan pada jam-jam tertentu. Keterangan kebih lanjut hubungi  0274-898444  ext 1117.

Gelanggang Olah Raga adalah gedung terbaru yang dimiliki oleh UII. GOR yang sangat representatif ini berkapasitas kurang lebih 600 orang. Terdapat satu lapangan basket dan 3 lapangan badminton yang dapat dinikmati oleh mahasiswa ataupun masyarakat umum.

Radio Unisi 104.75 FM adalah salah satu dari beberapa radio penyiaran universitas yang pertama di Yogyakarta.

Warung Internet Cyberspace terdapat di Basement Gedung Rektorat Kampus Terpadu. Di sini mahasiswa dapat meminta akses untuk fasilitas hotspot terintegrasi (Hotspot Express). Hubungi Bowo 0274-898444 ext 1109