Teknik Kimia - Universitas Islam Indonesia

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Islam Indonesia
Alamat Sekretariat : 1. Kampus terpadu/Pusat Jalan Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta - 55584 2. Taman Siswa Campus Jalan Tamansiswa No. 158 Yogyakarta -55151 3. Cik Di Tiro Campus Jalan Cik Di Tiro No. 1 Yogyakarta - 55223 4. Demangan Campus Jl. Demangan Baru No. 24 Yogyakarta -55281 5. Condong Catur Campus Jalan Condong Catur Ring Road Utara, Depok, Sleman, Yogyakarta - 55383
Kode Pos : 55584
Telp : +62 (274) 898444    Telp2 :
Fax : +62 (274) 898459    Fax2 :
Email : info@uii.ac.id
Website : http://www.uii.ac.id
Nama Kepala Program Studi : Dr. Ir. R. Chairul Saleh, M.Sc.
Guru Guru Besar : Prof. DR. Ir. R. Chairul Saleh, M.Sc.
Muhammad Mastur, MSIE
Ir. Erlangga Fauza, MSCIS
Jumlah Mahasiswa : 911
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 1019

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Jurusan Teknik Industri FTI UII berdiri sejak tahun 1982, dan kini berstatus akreditasi dengan nilai A dari Badan Akreditasi Nasional dan telah menghasilkan ribuan alumni yang tersebar dan bekerja antara lain di sektor swasta maupun pemerintah.

Kurikulum Jurusan Teknik Industri dirancang berbasis manufaktur dan jasa yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi yang cepat dan secara global mempengaruhi perilaku manusia dan dunia industri. Sistem pembelajaran Jurusan Teknik Industri mengacu pada pembelajaran aktif (active learning) yang didukung oleh dosen-dosen tetap maupun tidak tetap yang sebagian besar berpendidikan S2 dan S3 serta sarana gedung yang megah dan nyaman. Perpustakaan sebagai pendukung sistem pembelajaran mempunyai ribuan judul buku dan Jurnal dan dengan fasilitas pelayanan yang optimal, di buka dari pagi sampai sore hari. Fasilitas ini setiap tahun selalu dikembangkan dengan anggaran dana yang memadai.

Jurusan Teknik Industri mempunyai 7 (tujuh) laboratorium yang dikelola secara profesional untuk pelayanan praktikum, penelitian baik dosen maupun mahasiswa serta pelatihan. Fasilitas dan peralatan selalu dikembangkan setiap tahun melalui dana pengembangan laboratorium maupun Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ketujuh laboratorium tersebut adalah: (1) Laboratorium Sistem Manufaktur, (2) Laboratorium Analisis Perancangan Kerja dan Ergonomi (APK & E), (3) Laboratorium Data Mining, (4) Laboratorium Pemodelan dan Simulasi Industri, (5) Laboratorium Enterprice Resource Planning (ERP), (6) Laboratorium Innovasi dan Pengembangan Organisasi dan (7) Laboratorium Integrasi. Dengan sarana dan pra sarana yang tersedia di Jurusan Teknik Industri, direncanakan setiap mahasiswa dapat menyelesaikan studinya dalam waktu 4 sampai 4,5 tahun.
Visi Terwujudnya Jurusan Teknik Industri (TI) Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia yang terkemuka pada taraf nasional, mampu menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang keteknikindustrian, berakhlaq mulia, dan berkontribusi terhadap pembangunan nasional.
Misi
  1. Melaksanakan pendidikan tinggi TI bertaraf nasional yang berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Melaksanakan dan menghasilkan kegiatan penelitian yang bermanfaat bagi pembangunan nasional.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dan dakwah islamiyah yang bermanfaat bagi kemajuan masyarakat.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Pendaftaran Rp 125.000 - Rp 200.000
Per Semester / Per SKS SPP Rp 1.500.000, SKS Rp 80.000

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi

Laboratorium Jurusan Teknik Industri

(1) Sistem Manufaktur

(2) Analisis Perancangan Kerja dan Ergonomi

(3) Statistik dan Optimasi Industri

(4) Pemodelan dan Simulasi Industri

(5) Enterprise Resource Planning

(6) Studio Perancangan Tata Letak Fasilitas dan Lokasi Industri

(7) Studio Manajemen