Ilmu Hukum - Universitas Islam Indonesia

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Islam Indonesia
Nama Fakultas : Hukum
Alamat Sekretariat : 1. Kampus terpadu/Pusat Jalan Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta - 55584 2. Taman Siswa Campus Jalan Tamansiswa No. 158 Yogyakarta -55151 3. Cik Di Tiro Campus Jalan Cik Di Tiro No. 1 Yogyakarta - 55223 4. Demangan Campus Jl. Demangan Baru No. 24 Yogyakarta -55281 5. Condong Catur Campus Jalan Condong Catur Ring Road Utara, Depok, Sleman, Yogyakarta - 55383
Kode Pos : 55584
Telp : +62 (274) 898444    Telp2 :
Fax : +62 (274) 898459    Fax2 :
Email : info@uii.ac.id
Website : http://www.uii.ac.id
Nama Kepala Program Studi : Muhammad Abdul Kholiq, SH., M.Hum.
Guru Guru Besar : Abdul Jamil, H., SH., MH.
Jumlah Mahasiswa : 2284
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 2362

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Fakultas Hukum (FH) UII yang memiliki jenjang Pascasarjana (S2 dan S3), S1 (Reguler dan Internasional Program), serta Profesi adalah salah satu fakultas yang menjadi cikal bakal Universitas. Alumninya yang telah tersebar dan menduduki posisi yang terhormat merupakan bukti kinerja dan kualitas fakultas ini.

Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia pertama kali dibuka pada masa periode transisi, yaitu ketika terjadi perubahan nama dari Sekolah Tinggi Islam (STI) yang didirikan pada tanggal 8 Juli 1945 menjadi Universitas Islam Indonesia (UII), pada bulan Pebruari 1948. Pada saat itu Universitas Islam Indonesia telah mempunyai 4 (empat) fakultas yaitu:

 

§          Fakultas Agama

§          Fakultas Hukum

§          Fakultas Pendidikan

§          Fakultas Ekonomi 

 

Berkat usaha yang gigih dari tokoh-tokoh Universitas Islam Indonesia, seperti Prof. Dr. Kusumaadmadja, SH; Prof. KH. Abdul Kahar Muzakkir; Prof. Notosusanto, SH; Prof. Mr. RHA, Kasmat Bahuwinangun; Prof. H. Kasman Singodimedjo, SH; Prof. Kertonegoro, SH; Prof. Moeljatno, SH; Prof. Dr. M. Sardjito; Prof.Sunaryo Kolopaking; Prof. Dr. Slamet Imam Santoso; BKRT. Hertog Djojonegoro; Prof. Dr. Pudjo Subroto; Dr. Abutari; KHA. Musaddad; KHA. Fatuchrrachman Kafrawi; KHR. Muhammad Adnan; Dr. Moh. Hatta; Muhammad Natsir dan lain-lain, Universitas Islam Indonesia sampai sekarang telah berkembang menjadi 8 (delapan) fakultas, meliputi: Fakultas Hukum; Fakultas Ekonomi; Fakultas Ilmu Agama Islam; Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan; Fakultas Teknik Industri; Fakultas Psikologi dan Sosial Budaya, Fakultas MIPA; dan Fakultas Kedokteran. Fakultas Hukum hingga saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, ditandai dengan dibukanya program studi magister (S2) Tahun 1995 dan program doktor (S3) ilmu hukum Tahun 2002. Serta membuka program kelas internasional pada tahun 2001, sebagai respon terhadap tuntutan perkembangan keilmuan yang semakin mengglobal.   

 

Visi

Terwujudnya Fakultas Hukum yang memiliki kualitas dan reputasi nasional dan internasional sehingga mendukung terwujudnya Universitas Islam Indonesia sebagai rahmatan IiI'alamin, yang memiliki komitmen pada kesempurnaan dan risalah Islamiyah di bidang pendidikan, penelitian, pengabdikan masyarakat dan dakwah Islamiyah.

 

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan hukum yang terintegrasi yang memadukan hukum positif dengan hukum Islam;
  2. Menyelenggarakan penelitian hukum yang hasilnya dapat dimanfaatkan untuk pengembangan ilmu hukum dan untuk dijadikan sebagai dasar pertimbangan dalam pembuatan, penerapan atau penegakkan hukum.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui pendayagunaan ilmu hukum dan sumber daya manusianya dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat dan martabat kemanusiaan.
  4. Melakukan dakwah lslamiyah dalam rangka menyebarluaskan ilmu hukum pada khususnya dan nilai-nilai ke-Islaman serta kemanusiaan pada umumnya

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Pendaftaran Rp 125.000 - Rp 200.000
Per Semester / Per SKS SPP Rp 1.400.000, SKS Rp 80.000

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi

 
Ruang Kuliah
 

Ruang kuliah ber AC, serta dilengkapi dengan white board, OHP, LCD Projector, pointer laser, wireless/LAN. Kondisi ruang kuliah yang representatif tentu sangat menunjang penyelenggaraan kuliah dan akan memberikan kenyamanan bagi civitas akademika dalam kegiatan proses belajar mengajar.

 
  Perpustakaan
 

Perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia merupakan Perpustakaan bagian dari Pusat Perpustakaan Universitas.
Walaupun merupakan perpustakaan bagian, Perpustakaan Fakultas Hukum tidak hanya melayani kebutuhan pustaka yang diperlukan oleh fakultas hukum saja, melainkan juga melayani pustaka yang diperlukan oleh fakultas-fakultas lain serta program magister (S-2) di lingkungan Universitas Islam Indonesia.Bahkan Perpustakaan Fakultas Hukum UII ternyata juga diminati pengguna dari luar UII, khususnya untuk koleksi referensi, tentu saja melalui prosedur yang berlaku.Perpustakaan Fakultas Hukum UII sampai saat ini mempunyai koleksi kurang lebih 9.600 judul dengan jumlah buku 41.500 eksemplar.Koleksi utama adalah buku-buku yang terkait dengan bidang hukum, kemudian koleksi umum serta koleksi yang bersifat referensi. Untuk mengelola koleksi tersebut, Perpustakaan Fakultas Hukum UII menggunakan pedoman DDC edisi 20 serta menggunakan sistem komputerisasi 'Sistem INSIS 123'. Seiring perkembangan Intormation and Technology serta untuk mendukung terciptanya Digital Library, Sistem INSIS 123 sudah digantikan dengan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan (SIMPUS) versi 2,2. Saat ini SIMPUS sudah on-line ke seluruh jaringan intranet UII dan internet.

   
Laboratorium
 

Kebutuhan akan laboratorium (komputer dan bahasa melalui laboratorium Fakultas Hukum UII yang berada di Jl. Tamansiswa 158 Yogyakarta gedung sayap utara lantai II (dua) dan Laboratorium Klinik Hukum (PKBH dan PUSDIKLAT) di Jl. Lawu 3 Kotabaru Yogyakarta untuk kegiatan praktek hukum dan pendidikan hukum klinis. Untuk memperdalam persoalan-persoalan yang berkaitan dengan Hak Asasi Manusia UII juga memiliki PUSHAM (Pusat Studi Hak Asasi Manusia).  

   
Student Lounge
 

Student Lounge merupakan sarana bagi mahasiswa untk dapat melakukan penelusuran ”surfing” materi pembelajaran dengan menggunakan komputer yang terkoneksi ke jaringan wireless. Disamping melakukan surfing mahasiswa juga dapat melakukan aktifitas melihat dan membaca buku-buku referensi yang tersedia

   
Masjid
 

Lokasi penyelenggaraan Program Magister dilengkapi dengan sarana ibadah berupa Masjid Kampus Al Azhar yang mampu menampung + 200 jamaah, sehingga semua civitas akademika dapat selalu menjalankan ibadahnya dengan tenang dan khusu¿ tanpa perlu ke luar kampus ataupun pulang.  

   
Copy Center
 

Untuk menunjang kemudahan belajar bagi para peserta, di komplek Kampus FH juga terdapat copy center yang melayani berbagai kebutuhan pen-copy-an berbagai materi kuliah. Pelayanan yang mudah dan cepat akan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan para peserta program.  

   
Laboratorium Bahasa
 

Bekerjasama dengan Cilacs (Centre for International Language and Cultural Studies), Para peserta program yang ingin mendalami bahasa bisa mengikuti berbagai macam paket kursus bahasa Inggris. Disediakan sebuah laboratorium bahasa untuk keperluan tersebut. Untuk keperluan ini, diberlakukan beaya yang terpisah dengan beaya pendidikan.  Demikian halnya, di sini juga diselenggarakan ujian TOEFL sesuai dengan schedule yang ditetapkan oleh Cilacs. Proses pendaftaran dan keterangan lebih lanjut bisa hubungi staf Cilacs di counter Fakultas Hukum UII.  

 

Internet

 

Bagi Mahasiswa FH UII, disediakan secara gratis fasilitas internet Melalui Anjungan yang letaknya representatif dan Hotspot Area.

 
Kantin
 

Terletak Selatan Ruang Baca Perpustakaan, Kantin/Kafetaria Fakultas Hukum menyediakan berbagai menu makanan, dengan harga terjangkau bagi semua kalangan, terutama mahasiswa. Fasilitas ini juga menjadi ruang publik yang dimanfaatkan untuk dapat berinteraksi sesama mahasiswa, maupun mahasiswa dengan dosen secara informal.

 
 Loket Bank


 

 

 

Bank merupakan fasilitas penunjang yang disediakan untuk seluruh mahasiswa Fakultas Hukum. Fasilitas ini berupa sarana pembayaran SPP, tabungan, transfer, dan layanan bank lainnya.