Kimia - Universitas Islam Indonesia

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Islam Indonesia
Nama Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Alamat Sekretariat : 1. Kampus terpadu/Pusat Jalan Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta - 55584 2. Taman Siswa Campus Jalan Tamansiswa No. 158 Yogyakarta -55151 3. Cik Di Tiro Campus Jalan Cik Di Tiro No. 1 Yogyakarta - 55223 4. Demangan Campus Jl. Demangan Baru No. 24 Yogyakarta -55281 5. Condong Catur Campus Jalan Condong Catur Ring Road Utara, Depok, Sleman, Yogyakarta - 55383
Kode Pos : 55584
Telp : +62 (274) 898444    Telp2 :
Fax : +62 (274) 898459    Fax2 :
Email : info@uii.ac.id
Website : http://www.uii.ac.id
Nama Kepala Program Studi : Hardjono Sastrohamidjojo, Prof., Dr.
Guru Guru Besar : Hardjono Sartrohamidjojo, Prof., Dr. (Pjs. Ketua Prodi)
Allwar, Drs., M.Sc.
Is Fatimah, S.Si., M.Si.
Noor Fitri, S.Si., M.Si.
Jumlah Mahasiswa : 63
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 104

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Program Studi Ilmu Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam  Universitas Islam Indonesia (FMIPA-UII) adalah program studi yang didirikan pada tanggal 20 Juni 1996 berdasarkan Keputusan Dirjen DIKTI No.96/DIKTI/Kep./1996.

Program Studi Ilmu Kimia memiliki perhatian dan pemikiran yang besar terhadap perkembangan lingkungan di mana program studi ini berdiri, tumbuh dan berkembang  serta lingkungan disekitarnya. Potensi daerah dirasakan selama ini jauh dari perhatian pengembangan dan penerapan keilmuan perguruan tinggi. Sumber daya alam dan manusia di daerah di mana UII berada, atau masing-masing civitas akademika UII berasal, memiliki keragaman dan kelebihan potensial yang perlu dioptimalkan. 
Keinginan untuk berkiprah dengan teknologi tinggi yang dikembangkan di proyek industri mercusuar telah menjauhkan perguruan tinggi dari teknologi aplikatif yang diinginkan untuk pengembangan potensi daerah, sehingga potensi yang ada selama ini hanya berkembang dengan cara tradisional. Salah satu upaya nyata Program Studi Ilmu Kimia untuk mewujudkan hal itu adalah dengan melakukan kegiatan ilmiah yang melibatkan masyarakat luas dalam bentuk workshop dan pelatihan tentang potensi, budidaya, produksi dan perdagangan minyak atsiri yang merupakan potensi daerah yang belum disentuh. Kegiatan yang secara rutin dilakukan tiap tahun ini cukup menarik minat masyarakat, baik petani, pedagang, usahawan, lembaga swadaya masyarakat dan pemuda.
Program Studi Ilmu Kimia merupakan satu-satunya program studi yang berada dalam pengelolaan Jurusan/program studi Kimia. Ketersediaan sumber daya di bidang kimia sebagai staf akademik yang dapat mengelola Program Studi Ilmu Kimia dan tersedianya fasilitas laboratorium serta ketersediaan ruang dan fasilitas perkuliahan merupakan faktor-faktor internal yang mendukung berdirinya program studi ini. Di samping itu, terjalinnya kerja sama yang erat antara UII dengan Universitas Gadjah Mada (UGM), pemanfaatan laboratorium penelitian dan analisis milik pemerintah, seperti BATAN, BP POM, BTKL, BPPTK, dan Balai Kulit DIY sehingga pemanfaatan sumber daya di bidang kimia untuk membantu pelaksanaan proses pembelajaran dapat dimungkinkan.
Melalui program SEMI-QUE V tahun 2003 yang pernah diperolehnya, prodi ilmu kimia telah berhasil memperbaiki manajemen internal dan mutu akademik, sehingga berdampak terhadap kualitas proses pembelajaran.

Visi Terwujudnya Program Studi Ilmu Kimia sebagai: rahmatan lil 'alamin, memiliki komitmen pada kesempurnaan (keunggulan), risalah islamiyah di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan dakwah dalam bidang Ilmu Kimia.
Misi Mengembangkan secara menyeluruh proses-proses pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan dakwah untuk mempersiapkan tenaga-tenaga yang profesional dalam bidang ilmu kimia.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Pendaftaran Rp 125.000 - Rp 200.000
Per Semester / Per SKS SPP Rp 1.500.000, SKS Rp 80.000

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi
Perpustakaan Pusat Universitas Islam Indonesia memiliki koleksi lebih dari 250 ribu buku. Perpustakaan Pusat berapa di Kampus Terpadu Jalan Kaliurang Yogyakarta. Online Public Access Catalogue (OPAC) dapat diakses di sini (link ke simpus). Portal Pusaka saat ini sedang dibangun.

Masjid Ulil Albab adalah bangunan utama yang menjadi jantung kehidupan Kampus Terpadu. Bila anda memasuki Kampus ini maka Masjid Ulil Albab akan menyambut anda.

Auditorium Kahar Muzakkir adalah bagian dari bangunan multifungsi. Mahasiswa maupun masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas tersebut.

Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia adalah salah satu inovasi dalam rangka mengkaitkan antara kehidupan agama dalam kehidupan akademik. Silakan jelajahi karya para santri di halaman situs mereka.

Rumah Sakit Jogja International Hospital adalah persembahan UII kepada masyarakat luas dalam pelayanan medis. Baik sebagai pasien maupun sebagai rekanan bisnis informasi dapat diperoleh melalui halaman web yang telah tersedia. Untuk informasi lebih lanjut hubungi mereka di Jogja International Hospital (JIH)

Jalan  Ring Road Utara No. 160 Condong Catur, Sleman, Yogyakarta 55283
Telp. 0274-446 3535 (Hunting)
Fax. 0274-4463 444
Emergency Call. 0274-4463 555

Apotik Polifarma di Kampus Terpadu memberi fasilitas kesehatan kepada mahasiswa dan masyarakat sekitar. Pelayanan dokter umum juga diberikan pada jam-jam tertentu. Keterangan kebih lanjut hubungi  0274-898444  ext 1117.

Gelanggang Olah Raga adalah gedung terbaru yang dimiliki oleh UII. GOR yang sangat representatif ini berkapasitas kurang lebih 600 orang. Terdapat satu lapangan basket dan 3 lapangan badminton yang dapat dinikmati oleh mahasiswa ataupun masyarakat umum.

Radio Unisi 104.75 FM adalah salah satu dari beberapa radio penyiaran universitas yang pertama di Yogyakarta.

Warung Internet Cyberspace terdapat di Basement Gedung Rektorat Kampus Terpadu. Di sini mahasiswa dapat meminta akses untuk fasilitas hotspot terintegrasi (Hotspot Express). Hubungi Bowo 0274-898444 ext 1109