Statistika - Universitas Islam Indonesia

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Islam Indonesia
Nama Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Alamat Sekretariat : 1. Kampus terpadu/Pusat Jalan Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta - 55584 2. Taman Siswa Campus Jalan Tamansiswa No. 158 Yogyakarta -55151 3. Cik Di Tiro Campus Jalan Cik Di Tiro No. 1 Yogyakarta - 55223 4. Demangan Campus Jl. Demangan Baru No. 24 Yogyakarta -55281 5. Condong Catur Campus Jalan Condong Catur Ring Road Utara, Depok, Sleman, Yogyakarta - 55383
Kode Pos : 55584
Telp : +62 (274) 898444    Telp2 :
Fax : +62 (274) 898459    Fax2 :
Email : info@uii.ac.id
Website : http://www.uii.ac.id
Nama Kepala Program Studi : Kariyam, S.Si., M.Si.
Guru Guru Besar :
  1. Prof. Drs. Zanzawi Soejoeti, M.Sc
Jumlah Mahasiswa : 86
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 116

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Jurusan Statistika UII bernaung di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Dan didirikan pada tahun 1995.
Jurusan Statistika mempunyai satu Program Studi (Prodi) yaitu Program Studi Statistika, dan merupakan satu-satunya jurusan yang pertama kali dimiliki ketika awal berdirinya Fakultas MIPA.
Pembentukan Jurusan Statistika,  diarahkan untuk melayani tuntutan masyarakat akan kebutuhan sarjana MIPA guna mendukung pelaksanaan pembangunan nasional.
Pada awal berdirinya, Jurusan Statistika memperoleh status terdaftar, berdasarkan Surat Keputusan nomor 196/DIKTI/Kep./1996 tertanggal 20 Juni 1996.
Saat ini Prodi Statistika memperoleh Sertifikat Akreditasi  B  dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan surat nomor 08206/Ak-IX-S1-026/UIISXT/I/2006, yang berlaku hingga Januari 2011.  Tenaga edukatif tetap Prodi Statistika UII mempunyai jenjang pendidikan yang sangat membanggakan, dimana dari  7  dosen tetap, satu orang profesor dosen tetap purna tugas, satu orang dosen sudah bergelar doktor, dua dosen sedang menempuh program doktor, dan 3 dosen sudah bergelar magister.  Untuk menunjang proses pembelajaran, Prodi Statistika mempunyai dua buah laboratorium yaitu laboratorium Statistika Bisnis dan Sosial, dan laboratorium Statistika Industri.
Hingga September 2007, Prodi Statistika UII telah meluluskan 225 sarjana Statistika. Berdasarkan tracer study terhadap alumni Statistika UII, diperoleh bahwa rata-rata waktu tunggu untuk mendapatkan pekerjaan pertama dari sarjana Statistika UII adalah  8,4 bulan.
 Mayoritas alumni Statistika UII sudah bekerja dan tersebar di beberapa instansi baik negeri maupun swasta, seperti di Badan Pengembangan Teknologi Nuklir (BAPETEN), Perguruan Tinggi, Pemerintah Daerah (Pemda), Bank, Perusahaan Asuransi, Lembaga Konsultasi, Industri, dan lain-lain.


TUJUAN

Menghasilkan sarjana Statistika (sumber daya manusia) yang mempunyai keunggulan dalam keilmuan ke-Islaman, berilmu amaliah, mempunyai landasan Statistika dan komputasi yang kuat, profesional dalam perancangan dan terapan statistik, literate dalam teknologi informasi,  berakhlak mulia, mempunyai nilai dan moral tinggi serta emosional yang matang, beramal ilmiah, mampu bekerja sama dalam tim dengan pakar dalam bidang lain,  serta mampu bersaing baik di tingkat nasional maupun internasional.
Visi Terwujudnya Jurusan Statistika FMIPA UII sebagai rahmatan lil¿alamin, memiliki komitmen pada kesempurnaan (keunggulan), risalah Islamiyah di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan dakwah.
Misi Seluruh staf Jurusan Statistika UII berkomitmen dalam :
1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan, penelitian dan pelayanan serta pengabdian masyarakat dan dakwah Islamiyah di bidang Statistika.
2. Mengupayakan agar lulusan Statistika: mempunyai akhlak mulia, kemandirian, kepribadian dan kepemimpinan yang berjiwa Islam dengan emosional yang matang, mampu bekerja sama dalam tim dengan pakar dalam bidang lain, mempunyai landasan Statistika dan komputasi yang kuat, profesional dalam terapan statistik, serta literate dalam teknologi informasi.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Pendaftaran Rp 125.000 - Rp 200.000
Per Semester / Per SKS SPP Rp 1.500.000, SKS Rp 80.000

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi
Perpustakaan Pusat Universitas Islam Indonesia memiliki koleksi lebih dari 250 ribu buku. Perpustakaan Pusat berapa di Kampus Terpadu Jalan Kaliurang Yogyakarta. Online Public Access Catalogue (OPAC) dapat diakses di sini (link ke simpus). Portal Pusaka saat ini sedang dibangun.

Masjid Ulil Albab adalah bangunan utama yang menjadi jantung kehidupan Kampus Terpadu. Bila anda memasuki Kampus ini maka Masjid Ulil Albab akan menyambut anda.

Auditorium Kahar Muzakkir adalah bagian dari bangunan multifungsi. Mahasiswa maupun masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas tersebut.

Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia adalah salah satu inovasi dalam rangka mengkaitkan antara kehidupan agama dalam kehidupan akademik. Silakan jelajahi karya para santri di halaman situs mereka.

Rumah Sakit Jogja International Hospital adalah persembahan UII kepada masyarakat luas dalam pelayanan medis. Baik sebagai pasien maupun sebagai rekanan bisnis informasi dapat diperoleh melalui halaman web yang telah tersedia. Untuk informasi lebih lanjut hubungi mereka di Jogja International Hospital (JIH)

Jalan  Ring Road Utara No. 160 Condong Catur, Sleman, Yogyakarta 55283
Telp. 0274-446 3535 (Hunting)
Fax. 0274-4463 444
Emergency Call. 0274-4463 555

Apotik Polifarma di Kampus Terpadu memberi fasilitas kesehatan kepada mahasiswa dan masyarakat sekitar. Pelayanan dokter umum juga diberikan pada jam-jam tertentu. Keterangan kebih lanjut hubungi  0274-898444  ext 1117.

Gelanggang Olah Raga adalah gedung terbaru yang dimiliki oleh UII. GOR yang sangat representatif ini berkapasitas kurang lebih 600 orang. Terdapat satu lapangan basket dan 3 lapangan badminton yang dapat dinikmati oleh mahasiswa ataupun masyarakat umum.

Radio Unisi 104.75 FM adalah salah satu dari beberapa radio penyiaran universitas yang pertama di Yogyakarta.

Warung Internet Cyberspace terdapat di Basement Gedung Rektorat Kampus Terpadu. Di sini mahasiswa dapat meminta akses untuk fasilitas hotspot terintegrasi (Hotspot Express). Hubungi Bowo 0274-898444 ext 1109