Teknik Lingkungan - Universitas Islam Indonesia

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Islam Indonesia
Nama Fakultas : Teknik
Alamat Sekretariat : 1. Kampus terpadu/Pusat Jalan Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta - 55584 2. Taman Siswa Campus Jalan Tamansiswa No. 158 Yogyakarta -55151 3. Cik Di Tiro Campus Jalan Cik Di Tiro No. 1 Yogyakarta - 55223 4. Demangan Campus Jl. Demangan Baru No. 24 Yogyakarta -55281 5. Condong Catur Campus Jalan Condong Catur Ring Road Utara, Depok, Sleman, Yogyakarta - 55383
Kode Pos : 55584
Telp : +62 (274) 898444    Telp2 :
Fax : +62 (274) 898459    Fax2 :
Email : info@uii.ac.id
Website : http://www.uii.ac.id
Nama Kepala Program Studi : LUQMAN HAKIM
Guru Guru Besar : ANDIK YULIANTO, M.T
ANY JULIANI, M.Sc
WIDODO, M.Sc
Jumlah Mahasiswa : 232
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 260

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi TUJUAN PSTL
Menghasilkan tenaga profesional yang mampu mengelola, mendesain, membangun,  memelihara dan mengoperasikan teknologi  lingkungan (air, tanah dan udara).
Rencana pengembangan jangka panjang tersebut kemudian diterjemahkan ke dalam kebijakan dasar umum program kerja tahun 2001-2005 (pada saat ini PSTL sedang dalam proses reorganisasi sehingga program tahun mendatang sedang dalam proses penyusunan) yang meliputi: a) peningkatan SDM mahasiswa, dosen dan karyawan, b) peningkatan proses belajar mengajar melalui sistem manajemen mutu, c) peningkatan kompentensi kurikulum, fungsi sarana-prasarana, d) meningkatkan efisiensi organisasi dan finansial, e) meningkatkan produktifitas dan komitmen, dan f) menentukan ciri keunggulan lulusan.

Program Studi Teknik Lingkungan, untuk selanjutnya disingkat PSTL, berdiri pada tanggal 22 September 1999 sesuai dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No 413/DIKTI/kep/1999 sekaligus dikeluarkannya status terdaftar. Alasan yang melatarbelakangi pendirian PSTL UII adalah kebutuhan pada saat itu dan masa mendatang dimana :
  1. Persoalan kerusakan/degradasi  lingkungan yang terus terjadi/meningkat baik secara nasional maupun internasional sehingga menjadi isu global yang kemudian adanya kesadaran secara bersama oleh oleh 179 negara di dunia termasuk Indonesia untuk melakukan Konferensi Tingkat Tinggi Bumi (Earth Summit) tahun 1992 di Rio de Jaeniro.
  2. Hasil KTT Bumi tersebut kemudian pemerintah Indonesia menindaklanjuti dengan Agenda 21 Indonesia tentang strategi nasional untuk pembangunan berkelanjutan.
  3. Langkah tersebut point 1 kemudian direspon oleh pemerintah Indonesia dengan membuka Kantor Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (BAPEDAL) baik ditingkat pusat, propinsi dan kabupaten se Indonesia.
  4. Diprediksikan pada tahun 1999 terjadi gap supply and demand dimana kebutuhan tenaga ahli TL secara nasional adalah sebanyak 40.040 orang pada satu sisi  sarjana TL yang dihasilkan PT yang memiliki prodi teknik lingkungan belum mencapai 1500 orang.
  5. Isu point 2 dan 3 menjadikan kesadaran masyarakat dan dunia industri untuk melakukan pengelolaan lingkungan apabila tidak ingin mendapatkan sanksi. Sebagai konsekwensi logisnya kebutuhan sarjana teknik lingkungan meningkat.
Pada tahun 2002 PSTL UII telah terakreditasi C sesuai dengan SK BAN PT No. 009/BAN-PT/AK-V/S1/V/2002 kemudian pada tahun 2005 mendapatkan akreditasi B sesuai dengan SK BAN PT No. 020/BAN-PT/Ak-IX/S1/X/2005 (lampiran 1).
Dalam perkembangannya selama kurun waktu enam (6) tahun sejak didirikan, PSTL UII telah menjadi PSTL yang cukup diperhitungkan dalam kancah program studi serupa di tingkat nasional. Hal ini dapat diindikasikan dari banyaknya PSTL dari perguruan tinggi lain yang melakukan studi banding ke PSTL dan menyatakan akan kekaguman kemajuan dibidang teknologi pembelajaran yang telah dilakukan oleh PSTL UII. Ajakan kerjasama dari sektor industri, lembaga pemerintah maupun LSM menunjukkan mulai tumbuhnya kepercayaan terhadap PSTL UII.
Pada tahun 2003 PSTL UII mendapatkan hibah bersaing DIKTI Semi Que V dimana hibah ini sangat berperan bagi peningkatan kualitas pengelolaan program studi dan pengembangan metode pembelajaran. Sustainabilitas program tersebut sampai saat ini masih berjalan meskipun program hibahnya telah selesai. Program yang sampai saat ini masih dijalankan diantaranya adalah metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL), pengajaran secara tervisualisai, rancang bangun prototipe instalasi pengolahan air bersih dan limbah dll. Ini menunjukkan bahwa PSTL UII memiliki komitmen yang tinggi terhadap keberlanjutan program yang telah diperolehnya.
Visi Mewujudkan Program Studi Teknik Lingkungan  yang Rahmatan lil ‘alamin sebagai pilar utama  di bidang pengelolaan lingkungan dalam persaingan global.
Misi Program Studi Teknik Lingkungan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan tinggi, produktif, inovatif, belajar sepanjang masa dalam bidang pengelolaan lingkungan dengan berlandaskan pada nilai-nilai keislaman.

 

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Pendaftaran Rp 125.000 - Rp 200.000
Per Semester / Per SKS SPP Rp 1.800.000, SKS Rp 80.000

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi

Jurusan Teknik Lingkungan  sebagai salah satu program Studi di Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia memiliki berbagai Fasilitas Yang cukup memadai

A. Laboratorium  

1. Laboratorium Rancang Bangun

   Laboratorium ini di gunakan untuk mata praktikum kuliah rancang bangun yaitu mendesain suatu prototipe atau model alat atau bangunan yang tepat guna, seperti RBC, Tray Aerasi dll

 

2 . Laboratorium Kualitas Air

    Laboratorium ini mempunyai spesifikasi guna pengujian kualitas air minum,  peralatan di laboratorium tersebut cukup memadai bahkan baru -baru ini sedang diusahakan untuk mendapatkan Akreditasi dari KAN. Laboratorium ini mempunyai kemampuan selain untuk praktikum mahasiswa juga dpat digunakan untuk pengujian paa berbagai penelitian kualitas air. 

3. Laboratorium B3

4. Laboratorium Kualitas Udara