Teknik Metalurgi dan Material - Universitas Indonesia

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Indonesia
Nama Fakultas : Teknik
Alamat Sekretariat : Kampus Salemba Jl. Salemba Raya 4, Jakarta Pusat
Kode Pos : 10430
Telp : (021) 330355    Telp2 :
Fax : (021) 330343    Fax2 :
Email : pusadmui@makara.cso.ui.ac.id
Website : http://www.eng.ui.ac.id
Nama Kepala Program Studi : Dr.-Ing Ir. Bambang Suharno
Guru Guru Besar :

PENGETAHUAN

Deskripsi

Dengan meningkatkan perkembangan teknologi di industri yang berbasis material, maka Departemen Teknik Metalurgi & Material terus menerus mengupayakan adanya perbaikan kurikulum sesuai dengan perkembangan teknologi material. Perbaikan pada kurikulum 2008 ini mengacu kepada fakta bahwa aplikasi material tidak lagi didomonasi oleh logam saja, material lain seperti polimer, keramik dan komposit dewasa ini telah menjadi material alternatif dan diperkirakan akan berkembang pada industri material di masa depan. Sejak disahkannya surat Keputusan Rektor Nomor: 51 5/SK/R/UI/2002 pada tangggal 5 November 2002, Departemen Metalurgi FTUI telah memperluas cakupan program studinya menjadi Program Studi Teknik Metalurgi dan Material.

Melalui kurikulum pendidikan Teknik Metalurgi dan Material ini diharapkan para mahasiswa mampu untuk mengembangkan dirinya menjadi sarjana teknik yang handal sesuai dengan perkembangan material yang sangat pesat saat ini khususnya di negara – negara maju seperti Eropa dan Amerika, yaitu perkembangan material non logam seperti keramik, komposit, material lanjut (advanced materials) dan material nano. Pengembangan material tersebut dituangkan dalam kurikulum pendidikan tahun 2008 yang mengacu pada ABET 2000 (Accreditation Board for Engineering Technology).

Sejarah Perkembangan Departemen Teknik Metalurgi dan Material

Departemen Teknik Metalurgi dan Material Universitas Indonesia didirikan pada tahun 1965 sebagai salah satu program studi di Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Ketua Jurusan pertama kali adalah Dr-Ing. Poernomosidhi Hadjisaroso yang juga merangkap sebagai pembantu dekan untuk bidang umum di fakultas teknik saat itu. Kegiatan akademik pertama kali hanya diikuti oleh 25 mahasiswa. Karena terbatasnya tenaga pengajar dibidang metalurgi dan juga kurangnya fasilitas laboratorium, departemen metalurgi untuk sementara tidak menerima mahasiswa baru

pada tahun 1969. Namun sejak tahun 1975, Fakultas Teknik UI kembali membuka program studi Teknik Metalurgi dengan menerima kurang lebih 40 mahasiswa baru, dan pada tahun itu pula jurusan ini menghasilkan 7 orang sarjana. Sedangkan sisanya sebanyak 7 orang, menyelesaikan studinya di Departemen Tambang-ITB. Sampai saat ini lulusan dari Teknik Metalurgi sudah mencapai kurang lebih 1500 lulusan yang bekerja diberbagai industri dan institusi baik sektor swasta maupun di pemerintahan.

Lulusan sarjana teknik metalurgi & material dapat bekerja di berbagai sektor baik swasta maupun pemerintahan seperti industri otomotif, manufaktur, alat berat, tambang serta minyak dan gas, dan lain lain baik di dalam maupun di luar negeri.

Visi

Menjadi pusat unggulan dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang ilmu teknik metalurgi dan material

Misi

Menghasilkan lulusan berkualitas tinggi dengan dasar akademik yang kuat, berkemampuan komprehensif dalam teknologi proses dan enjiniring material serta mampu berperan aktif dan dinamis dalam komunitas nasional, regional maupun internasional.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Per Semester / Per SKS BOP: Rp 7.500.000, Uang Pembangunan: Rp 25.000.000

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi 1. Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Indonesia merupakan salah satu fasilitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang ada di lingkungan Universitas Indonesia.

Koleksi yang dimiliki berkaitan erat dengan bidang rekayasa seperti teknik sipil, mesin, elektro, metalurgi, arsitektur, kimia, industri dan perkapalan.

Untuk memulai pencarian koleksi perpustakaan dapat menggunakan tombol Katalog Online.

Sistem pelayanan pada Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Indonesia menggunakan sistem pelayanan terbuka (open access) yaitu suatu sistem atau cara peminjaman koleksi perpustakaan yang memberikan kesempatan kepada pemakai untuk mengambil sendiri bahan pustaka yang dibutuhkan. Sedangkan untuk koleksi skripsi dan tesis menggunakan sistem pelayanan tertutup (closed access).

2. Unit Pengembangan Kampus Digital
3. FTUI bekerjasama dengan Lembaga Bahasa LIA untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa FTUI berbahasa Inggris dengan membuka kelas TOEFL preparation dan conversation. Mahasiswa FTUI khususnya mahasiswa kelas internasional dapat memanfaatkan kedua kelas tersebut yang diberikan di kampus FTUI Depok.

4. Career Development Center
CDC adalah pusat pelayanan terpadu dalam rangka membangun dan mengembangkan profesionalisme lulusan FTUI. Melalui pusat ini diharapkan dapat terjadi interaksi antara mahasiswa dan alumni dengan dunia industri sehingga lulusan FTUI dapat terserap sesuai dengan bidang keahliannya dan kebutuhan dunia industri. Kegiatan CDC antara lain adalah mengumpulkan dan menyampaikan informasi lowongan pekerjaan kepada anggota CDC baik itu mahasiswa atau alumni FTUI maupun perguruan tinggi lain yang menjadi anggota CDC. Sepanjang tahun, berbagai perusahaan maupun wakil industri/dunia kerja memberikan presentasi sekaligus melakukan wawancara dengan mahasiswa maupun alumni.