Teknik Industri - Universitas Indonesia

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Indonesia
Nama Fakultas : Teknik
Alamat Sekretariat : Kampus Salemba Jl. Salemba Raya 4, Jakarta Pusat
Kode Pos : 10430
Telp : (021) 330355    Telp2 :
Fax : (021) 330343    Fax2 :
Email : pusadmui@makara.cso.ui.ac.id
Website : http://www.eng.ui.ac.id
Nama Kepala Program Studi : Dr. Ir. T. Yuri Maemunsyah, MSc
Guru Guru Besar :

PENGETAHUAN

Deskripsi

Program Studi Teknik Industri dibentuk pada pertengahan tahun 1970an sebagai suatu program studi tambahan di lingkungan Jurusan Teknik Mesin FTUI, mengingat pada masa itu terdapat kebutuhan di masyarakat akan seorang ahli teknik mesin “spesial” yang memiliki kemampuan seperti seorang ahli teknik industri dewasa ini. Pada pertengahan tahun 1998 berdasarkan Surat Keputusan Ditjen Dikti no. 207/DIKTI/ Kep/1998, 30 Juni 1998, Program Studi Teknik Industri dipindahkan pengelolaannya dibawah Jurusan Teknik Industri yang baru, sehingga memberikan otonomi yang lebih luas dalam mengintegrasikan keilmuan teknik industri ke dalam program studi ini.

Memasuki windu ke-2 sejak didirikan sebagai Departemen, Teknik Industri telah menunjukkan berbagai macam prestasi baik secara organisasi, aktivitas mahasiswa, maupun lulusannya. Hal yang paling menggembirakan adalah semakin tingginya akseptabilitas dari industri dan masyarakat terhadap lulusan teknik Industri. Hingga saat ini, lulusan Teknik Industri FTUI telah tersebar di berbagai industri jasa dan industri manufaktur, pemerintah maupun swasta. Industri jasa yang dimaksud mencakup lembaga keuangan, jasa konsultasi, jasa teknologi informasi, pelayanan masyarakat dan lain sebagainya. Sedangkan di Industri manufaktur telah mencakup bidang manajemen


produksi, sumber daya manusia, pemeliharaan, logistik, inventori dan lain sebagainya

Visi

“Menjadi institusi pendidikan yang bereputasi baik dalam men ghasilkan lulusan dan penelitian Teknik Industri yang bermutu serta bermanfaat bagi industri Indonesia”

Misi

“mewujudkan kecintaan pada bidang keil­muan Teknik Industri dengan menumbuhkan healthy academic atmosphere yang dapat memfasilitasi kegiatan akademik yang ter­baik bagi dosen dan mahasiswa”

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Per Semester / Per SKS BOP: Rp 7.500.000, Uang Pembangunan: Rp 25.000.000

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi 1. Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Indonesia merupakan salah satu fasilitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang ada di lingkungan Universitas Indonesia.

Koleksi yang dimiliki berkaitan erat dengan bidang rekayasa seperti teknik sipil, mesin, elektro, metalurgi, arsitektur, kimia, industri dan perkapalan.

Untuk memulai pencarian koleksi perpustakaan dapat menggunakan tombol Katalog Online.

Sistem pelayanan pada Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Indonesia menggunakan sistem pelayanan terbuka (open access) yaitu suatu sistem atau cara peminjaman koleksi perpustakaan yang memberikan kesempatan kepada pemakai untuk mengambil sendiri bahan pustaka yang dibutuhkan. Sedangkan untuk koleksi skripsi dan tesis menggunakan sistem pelayanan tertutup (closed access).

2. Unit Pengembangan Kampus Digital
3. FTUI bekerjasama dengan Lembaga Bahasa LIA untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa FTUI berbahasa Inggris dengan membuka kelas TOEFL preparation dan conversation. Mahasiswa FTUI khususnya mahasiswa kelas internasional dapat memanfaatkan kedua kelas tersebut yang diberikan di kampus FTUI Depok.

4. Career Development Center
CDC adalah pusat pelayanan terpadu dalam rangka membangun dan mengembangkan profesionalisme lulusan FTUI. Melalui pusat ini diharapkan dapat terjadi interaksi antara mahasiswa dan alumni dengan dunia industri sehingga lulusan FTUI dapat terserap sesuai dengan bidang keahliannya dan kebutuhan dunia industri. Kegiatan CDC antara lain adalah mengumpulkan dan menyampaikan informasi lowongan pekerjaan kepada anggota CDC baik itu mahasiswa atau alumni FTUI maupun perguruan tinggi lain yang menjadi anggota CDC. Sepanjang tahun, berbagai perusahaan maupun wakil industri/dunia kerja memberikan presentasi sekaligus melakukan wawancara dengan mahasiswa maupun alumni.