Teknik Kimia - Universitas Indonesia

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Indonesia
Nama Fakultas : Teknik
Alamat Sekretariat : Kampus Salemba Jl. Salemba Raya 4, Jakarta Pusat
Kode Pos : 10430
Telp : (021) 330355    Telp2 :
Fax : (021) 330343    Fax2 :
Email : pusadmui@makara.cso.ui.ac.id
Website : http://www.eng.ui.ac.id
Nama Kepala Program Studi : Prof. Dr. Widodo Wahyu Purwanto, DEA
Guru Guru Besar :

PENGETAHUAN

Deskripsi

Tujuan pendidikan di Departemen Teknik Kimia adalah menghasilkan lulusan yang berkualitas, yaitu sarjana yang mampu menerapkan ilmu dasar teknik kimia dan bioproses untuk bekerja dan berkarya dalam bidang teknologi proses kimia, mampu mengembangkan diri sebagai perencana dan pengelola industri, serta mampu mengembangkan iptek. Strategi yang digunakan adalah membekali lulusan dengan ilmu-ilmu dasar dan terapan teknik kimia dan bioproses serta membangkitkan motivasi untuk terus mengembangkan diri berdasarkan peningkatan wawasan pengetahuan yang luas (broad-based knowledge).

Kriteria Kompetensi

Dengan mempertimbangkan masukan dari industri dan berbagai instansi, dipilih 5 kriteria kompetensi prioritas yang harus dimiliki oleh lulusan dari Departemen Teknik Kimia, yaitu kemampuan

1.menerapkan pengetahuan matematika, sains dan teknik (to apply knowledge of mathema­thics, science and engineering):

2.mengidentifikasi, merumuskan dan menyele­saikan persoalan (to identify, formulae, solve engineering problems);

3.berkomunikasi secara efektif (communicate effectively);

4.bekerja sama dalam tim multidisiplin (to function on multi-diciplin team);

5. belajar dan mengembangkan diri terus menerus (life-long learning).

Kriteria kompetensi di atas dijadikan landasan untuk pengembangan kurikulum maupun metoda pengajaran.

Sejarah perkembangan

Berdirinya Departemen Teknik Kimia berawal dari Program Studi Teknik Gas (PSTG) yang lahir pada tahun 1981 di Departemen Metalurgi atas permintaan PERTAMINA berkenaan dengan kebutuhan nasional akan sarjana teknik yang mampu dan siap untuk menangani proses pencairan gas bumi. Mahasiswa PSTG berasal dari Jurusan Teknik Metalurgi, Teknik Mesin, dan Teknik Elektro (FT-UI), serta dari Jurusan

Fisika dan Kimia (FMIPA-UI). Pada tahun yang sama lahir Program Studi Teknik Kimia (PSTK) di Jurusan Mesin. Pada tahun 1985, PSTG dan PSTK digabung menjadi Jurusan Teknik Gas dan Petrokimia (TGP) dan mulai menerima mahasiswa dari semester 1 melalui Sipenmaru. Melalui SK Ditjen Dikti tahun 1989 Jurusan TGP masuk ke dalam kelompok Program Studi Teknik Gas dan Petrokimia, namun tahun 1996 dikelompokkan ke dalam Program Studi Teknik Kimia (PSTK). Tahun 2003 berdasarkan ART UI-BHMN nama jurusan berubah menjadi departemen, dan tahun 2006 berdasarkan SK Rektor UI nama Departemen Teknik Gas dan Petrokimia berubah menjadi Departemen Teknik Kimia (DTK).

Sebagai PSTK, maka bidang studinya menjadi luas, dan tantangan ke depan adalah menghasilkan Sarjana Teknik Kimia berkualitas yang mampu bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lain, lulusan yang mampu berperan menyelesaikan persoalan sehari-hari demi meningkatkan kesejahteraan manusia melalui inovasi proses, berkiprah dalam meningkatkan kemakmuran nasional melalui peningkatan daya guna sumber daya alam yang dimiliki Indonesia dengan cara yang lebih berkelanjutan, pengembangan teknologi

proses kimia yang efisien dan ramah lingkungan

tanpa menimbulkan persoalan-persoalan baru, berperan memberikan solusi terhadap persoalan global yang antara lain mengembangkan sumber energi baru, meningkatkan sumber daya alam melalui sintesis material, memproduksi bahan kimia untuk menaikkan produksi pertanian, mengurangi penggunaan energi melalui perencanaan sistem yang efisien, mencari metode pengelolaan pencemaran lingkungan dan mendaur-ulang bahan buangan.

Visi

“Departemen Teknik Kimia FTUI Diakui sebagai Institusi pendidikan dan riset yang merupakan pusat unggulan teknologi kimia.”

Misi

• Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang bermoral serta memiliki


kemampuan akademik dan atau profesional yang unggul dan mampu bersaing secara nasional maupun internasional.

·   Menemukan, mengembangkan menciptakan karya di bidang teknologi kimia, serta menye­barkan demi kepentingan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan umat manusia.

·   Mengembangkan kepekaan dan kepedulian terhadap kehidupan masyarakat; dan

·   Ikut berperan dalam meninggkatkan perada­ban dunia melalui lulusan yang berwawasan global, toleran dan cinta damai.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Per Semester / Per SKS BOP: Rp 7.500.000, Uang Pembangunan: Rp 25.000.000

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi 1. Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Indonesia merupakan salah satu fasilitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang ada di lingkungan Universitas Indonesia.

Koleksi yang dimiliki berkaitan erat dengan bidang rekayasa seperti teknik sipil, mesin, elektro, metalurgi, arsitektur, kimia, industri dan perkapalan.

Untuk memulai pencarian koleksi perpustakaan dapat menggunakan tombol Katalog Online.

Sistem pelayanan pada Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Indonesia menggunakan sistem pelayanan terbuka (open access) yaitu suatu sistem atau cara peminjaman koleksi perpustakaan yang memberikan kesempatan kepada pemakai untuk mengambil sendiri bahan pustaka yang dibutuhkan. Sedangkan untuk koleksi skripsi dan tesis menggunakan sistem pelayanan tertutup (closed access).

2. Unit Pengembangan Kampus Digital
3. FTUI bekerjasama dengan Lembaga Bahasa LIA untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa FTUI berbahasa Inggris dengan membuka kelas TOEFL preparation dan conversation. Mahasiswa FTUI khususnya mahasiswa kelas internasional dapat memanfaatkan kedua kelas tersebut yang diberikan di kampus FTUI Depok.

4. Career Development Center
CDC adalah pusat pelayanan terpadu dalam rangka membangun dan mengembangkan profesionalisme lulusan FTUI. Melalui pusat ini diharapkan dapat terjadi interaksi antara mahasiswa dan alumni dengan dunia industri sehingga lulusan FTUI dapat terserap sesuai dengan bidang keahliannya dan kebutuhan dunia industri. Kegiatan CDC antara lain adalah mengumpulkan dan menyampaikan informasi lowongan pekerjaan kepada anggota CDC baik itu mahasiswa atau alumni FTUI maupun perguruan tinggi lain yang menjadi anggota CDC. Sepanjang tahun, berbagai perusahaan maupun wakil industri/dunia kerja memberikan presentasi sekaligus melakukan wawancara dengan mahasiswa maupun alumni.