Arsitektur - Universitas Indonesia

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Indonesia
Nama Fakultas : Teknik
Alamat Sekretariat : Kampus Salemba Jl. Salemba Raya 4, Jakarta Pusat
Kode Pos : 10430
Telp : (021) 330355    Telp2 :
Fax : (021) 330343    Fax2 :
Email : pusadmui@makara.cso.ui.ac.id
Website : http://www.eng.ui.ac.id
Nama Kepala Program Studi : Kemas Ridwan Kurniawan, ST., MSc., Ph.D
Guru Guru Besar :

PENGETAHUAN

Deskripsi

Departemen Arsitektur FTUI akan menempatkan dirinya sebagai salah satu komunitas belajar yang bhineka, bertanggung jawab secara sosial dengan kualitas kecendiakawanan yang tinggi maupun kedisiplinan akademik.

Departemen akan memanfaatkan sumberdaya kultural, intelektual dan ekonomi dari wilayah JABODETABEK dan terutama lokasinya yang dekat dengan Jakarta untuk memperkaya dan memperkuat program-program pendidikan­nya.

Norma:

Integritas

Kreativitas

Fleksibilitas

Pengembangan professional dan personal Ko-operasi

Keunggulan Intelektual

Kompetisi pendidikan arsitektur yang ung­gul dan masa datang yang penuh tantangan menuntut proses pembelajaran yang mendorong kemampuan berpikir kritis, menulis ilmiah, dan memahami masalah keprofesian. Di samping itu

proses pembelajaran juga menuntut lulusan yang mampu belajar sepanjang hayat (life-long learning). Departemen arsitektur FTUI melalui program QUE telah meningkatkan kualitas pem­belajaran sesuai dengan visi/misi yang diemban serta dengan kualifikasi yang ditetapkan oleh NAAB maupun UIA, dalam konteks penyiapan kemampuan lulusan dengan kualifikasi pra­profesional, artinya, sesuai dengan beban pembelajaran selama delapan semester, gelar yang dianugerahkan adalah gelar akademik - sarjana arsitektur, atau Bachelor of Architec­ture – dengan sedikit pembekalan kemampuan praktis keprofesian.

Visi

Menghadirkan sebuah institusi pendidikan arsi­tektur yang berkualitas unggul yang mendapat­kan pengakuan nasional dan internasional, dalam rangka membina pemimpin – pemimpin yang berpikiran kritis, bersikap bijaksana, bertindak kreatif dengan wawasan global na­mun tetap memperhatikan kearifan lokal dan lingkungan.

Misi

Inti dari misi Departemen Arsitektur FTUI adalah pendidikan arsitektur berkualitas yang mendo­rong pengetahuan perancangan, ketrampilan yang diperlukan bagi pribadi lulusan dan pro­fessional, dan nilai atau sikap yang dibutuhkan sebagai anggota masyarakat, serta sikap peduli atau tanggap terhadap persoalan-persoalan yang berkaitan dengan ruang kehidupan ma­nusia.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Per Semester / Per SKS BOP: Rp 7.500.000, Uang Pembangunan: Rp 25.000.000

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi Beberapa pusat kajian yang telah dirintis sesuai dengan ranah peminatan dan kepakaran staff pengajar adalah: 1) Center for Vernacular Architecture and Settlement; 2) Center for Archipelagic Settlement; 3) Center for Urban Design; 4) Center for Building Science and Management. Pusat-pusat ini merupakan lokal para cendekiawan arsitektur dalam ranah pemi­natan masing-masing sesuai dengan kelompok kesetaraan ilmiah (peer-groups) yang ada. Tahun 2008, Pusat –Pusat ini dilebur kedalam wadah Pusat penelitian & Perancangan Lingkung – Bangun (P3LB).
Kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta, atau asing

Pada tahun 1999 Departemen Arsitektur berhasil mendapatkan Dana Hibah untuk Peningkatan Kualitas Program Strata-1 (Quality for Under Graduate Program /QUE) dari Departemen Pen­didikan Nasional R.I. Kegiatan ini berlangsung selama lima tahun sejak tahun 1999 dan berakhir pada bulan Maret tahun 2004. Dengan suntikan dana yang cukup besar sebanyak kurang lebih satu koma delapan juta dolar AS, Departemen Arsitektur berhasil menjalankan good practices dalam proses pembelajaran dengan meningkat­kan kualitas program yang merujuk pada kriteria peni ngkatan Relevansi, Academic atmosphere, Internal management, Sustainabilitas, dan Efisiensi dan produktifitas (RAISE). Salah satu terobosan yang dikembangkan adalah peramp­ingan kurikulum 1996 menjadi kurikulum 2000 yang lebih ringkas dan padat, selain metoda pembelajaran berbasis problem, kolaboratif dan berpusat pada pelajar.

Departemen Arsitektur FTUI telah dan terus menerbitkan sebuah Jurnal Arsitektur dengan nama Kilas. Pemuatan tulisan dilakukan dengan metode blind review. Para reviewer adalah dari institusi terkemuka baik lokal maupun regional seperti dari ITB, UGM, ITS, National University of Singapore serta University of Adelaide.

Departemen Arsitektur FTUI aktif menyeleng­garakan seminar baik berskala nasional maupun internasional. Seminar internasional mengenai vernacular settlement dan perkotaan, semi­nar nasional mengenai pendidikan arsitektur, teori arsitektur dan permukiman pantai. Penyelenggaran seminar tersebut dilengkapi dengan penerbitan makalah seminar (seminar proceeding).