Teknik Mesin - Universitas Indonesia

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Indonesia
Nama Fakultas : Teknik
Alamat Sekretariat : Kampus Salemba Jl. Salemba Raya 4, Jakarta Pusat
Kode Pos : 10430
Telp : (021) 330355    Telp2 :
Fax : (021) 330343    Fax2 :
Email : pusadmui@makara.cso.ui.ac.id
Website : http://www.eng.ui.ac.id
Nama Kepala Program Studi : Dr. Ir. Harinaldi, MEng
Guru Guru Besar :

PENGETAHUAN

Deskripsi

Departemen Teknik Mesin, yang sebelumnya bernama Jurusan Teknik Mesin, berdiri ber­samaan dengan diresmikannya Fakultas Teknik Universitas Indonesia pada tanggal 27 Nopember 1964 di Salemba, Jakarta.

Saat ini Departemen Teknik mesin memiliki 2 Program Studi yaitu Program Studi Teknik Mesin dan Program Studi Teknik Perkapalan. Program Studi Teknik Mesin memberikan pengetahuan yang dititik beratkan pada bidang Konversi Energi, Perancangan, Proses Produksi dan Manufaktur serta memberikan pengetahuan dasar Operasional dan Manajerial pengelolaan Industri. Program Studi Teknik Perkapalan me­nitik beratkan pendidikannya pada bidang Per­ancangan Kapal, Proses Produksi Kapal, Kegiatan Perbaikan Kapal, Instalasi Permesinan Kapal dan Peraturan-peraturan Kemaritiman serta memberikan pengetahuan dasar dan manaje­men pengelolaan galangan kapal.

Lulusan Teknik Mesin telah mengabdikan dirinya di berbagai bidang, antara lain Industri otomo­tif, minyak bumi dan gas, mesin mesin berat, institusi pendidikan, institusi penelitian dan industri lainnya.

Departemen Teknik Mesin menyelenggarakan berbagai program pendidikan teknik mesin yang meliputi : Program Sarjana S-1 (Reguler, Ekstensi dan Internasional bekerja sama dengan Queensland University of Technology/QUT, Aus­tralia) dan Program Pasca Sarjana S-2, dan S3.

Sejak Agustus 2007, Departemen Teknik Mesin Universitas Indonesia untuk Program Studi Teknik Mesin S1 telah berhasil memperoleh

sertifikasi internasional dalam Manajemen Mutu

ISO 9001:2000 sebagai wujud komitmen dalam pengelolaan manajemen yang berkualitas demi kualitas akademik yang baik dan kepuasan stakeholder. Selain itu Program Studi Teknik Mesin telah berhasil memperoleh nilai akreditasi akademik tertinggi di Indonesia berdasarkan akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional pada tahun 2005.

Dalam upaya sejalan dan menjawab era global­isasi, Departemen Teknik Mesin berkomitmen untuk menjadi bertaraf internasional dan ung­gul dibidangnya, yang dinyatakan dengan tegas melalui visi, misi, dan tujuannya.

Visi

Visi Departemen Teknik Mesin adalah sebagai pusat penelitian dan pelayanan pendidikan yang unggul di bidang teknik mekanikal.

Misi

Misi Departemen Teknik Mesin adalah melak­sanakan penelitian dan pendidikan berbasis penelitian untuk pengembangan ilmu dan teknologi dibidang teknik mekanikal, dan me­nyelenggarakan penelitian dan pendidikan yang mengupayakan penggunaannya untuk mening­katkan taraf dan kualitas kehidupan masyarakat dan kemanusian.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Per Semester / Per SKS BOP: Rp 7.500.000, Uang Pembangunan: Rp 25.000.000

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi 1. Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Indonesia merupakan salah satu fasilitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang ada di lingkungan Universitas Indonesia.

Koleksi yang dimiliki berkaitan erat dengan bidang rekayasa seperti teknik sipil, mesin, elektro, metalurgi, arsitektur, kimia, industri dan perkapalan.

Untuk memulai pencarian koleksi perpustakaan dapat menggunakan tombol Katalog Online.

Sistem pelayanan pada Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Indonesia menggunakan sistem pelayanan terbuka (open access) yaitu suatu sistem atau cara peminjaman koleksi perpustakaan yang memberikan kesempatan kepada pemakai untuk mengambil sendiri bahan pustaka yang dibutuhkan. Sedangkan untuk koleksi skripsi dan tesis menggunakan sistem pelayanan tertutup (closed access).

2. Unit Pengembangan Kampus Digital
3. FTUI bekerjasama dengan Lembaga Bahasa LIA untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa FTUI berbahasa Inggris dengan membuka kelas TOEFL preparation dan conversation. Mahasiswa FTUI khususnya mahasiswa kelas internasional dapat memanfaatkan kedua kelas tersebut yang diberikan di kampus FTUI Depok.

4. Career Development Center
CDC adalah pusat pelayanan terpadu dalam rangka membangun dan mengembangkan profesionalisme lulusan FTUI. Melalui pusat ini diharapkan dapat terjadi interaksi antara mahasiswa dan alumni dengan dunia industri sehingga lulusan FTUI dapat terserap sesuai dengan bidang keahliannya dan kebutuhan dunia industri. Kegiatan CDC antara lain adalah mengumpulkan dan menyampaikan informasi lowongan pekerjaan kepada anggota CDC baik itu mahasiswa atau alumni FTUI maupun perguruan tinggi lain yang menjadi anggota CDC. Sepanjang tahun, berbagai perusahaan maupun wakil industri/dunia kerja memberikan presentasi sekaligus melakukan wawancara dengan mahasiswa maupun alumni.