Teknik Sipil - Universitas Indonesia

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Indonesia
Nama Fakultas : Teknik
Alamat Sekretariat : Kampus Salemba Jl. Salemba Raya 4, Jakarta Pusat
Kode Pos : 10430
Telp : (021) 330355    Telp2 :
Fax : (021) 330343    Fax2 :
Email : pusadmui@makara.cso.ui.ac.id
Website : http://www.eng.ui.ac.id
Nama Kepala Program Studi : Prof. Dr. Ir. Irwan Katili
Guru Guru Besar :

PENGETAHUAN

Deskripsi

Teknik Sipil merupakan disiplin ilmu teknik yang tertua dan terluas cakupannya. Teknik Sipil bukan hanya sekedar ilmu terapan, tetapi berhubungan dengan pemecahan masalah nyata dalam kehidupan yang berdampak pada kualitas hidup masyarakat madani.

Sarjana teknik sipil bekerja pada lingkup luas termasuk pada sektor publik maupun swasta dalam menjawab tantangan saat ini seperti masalah pencemaran, pembangunan dan pemeliharaan sarana & prasarana, banjir, gempa bumi, kemacetan lalu lintas dan pengembangan daerah perkotaan. Sarjana teknik sipil merencanakan, merancang dan membangun serta mengelola berbagai fasilitas dalam upaya memenuhi kebutuhan kehidupan yang manusiawi dan modern.

Pekerjaan yang memerlukan keahlian teknik sipil bervariasi baik dimensi maupun cakupannya, seperti: jembatan, bangunan dan struktur, bangunan pembangkit tenaga listrik, lepas pantai, pelabuhan dan saluran pelayaran, jaringan perpipaan, jalan raya, bandar udara, sistem transportasi, bendungan, sistem saluran pembawa/drainasi, sistem penyediaan air bersih, sistem pengelolaan limbah padat dan limbah cair dan sistem pengelolaan limbah bahan beracun berbahaya lainnya.

Pendidikan Teknik Sipil menyiapkan mahasiswa agar mampu berkarya di bidang perencanaan, perancangan, konstruksi dan manajemen pada berbagai pekerjaan Teknik Sipil.

Sejak Tahun 2006, Departemen Teknik Sipil – FTUI pada jenjang Strata 1 mengelola dua program studi yaitu Program Studi Teknik Sipil yang menyelenggarakan program pendidikan jenjang Strata 1 sampai dengan Strata 3, yang masing-masing menghasilkan Sarjana Teknik, Magister Teknik dan Doktor Teknik dibidang ilmu Teknik Sipil dan Program Studi Teknik Lingkungan jenjang S1.

Pada awal tahun 2001 Program Studi Teknik Sipil telah memperoleh akreditasi international untuk program Sarjana Teknik Sipil yang diberikan oleh The Joint Board of Moderators of the Engineering Council yang berkedudukan di Inggris. The Joint Board of Moderators of the

Engineering Council terdiri dari institusi yang

terkait dengan program pendidikan teknik sipil di Inggris, yaitu: The Institution of Structural Engineers (ISE), The Institution of Civil Engineers (ICE), dan Chartered Institution of Building Service Engineers.

Sedangkan dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT), program studi Teknik Sipil memperoleh peringkat A untuk jenjang Strata 1 dan jenjang Strata 2, dan peringkat B untuk Jenjang Strata 3. Teknik Sipil UI adalah Program S3 yang pertama kali terakreditasi oleh BAN-PT di bidang Teknik Sipil.

Visi

“Menjadi Badan Pendidikan yang Profesional serta Memiliki Sistem Manajemen yang Handal”

Misi

·         Menciptakan sistem manajemen yang andal.

·         Mengembangkan elemen proses pendidikan di Departemen Teknik Sipil yang unggul.

·         Melaksanakan pembinaan yang ber­kesinambungan terhadapsumberdaya

manusia yang ada.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Per Semester / Per SKS BOP: Rp 7.500.000, Uang Pembangunan: Rp 25.000.000

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi 1. Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Indonesia merupakan salah satu fasilitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang ada di lingkungan Universitas Indonesia.

Koleksi yang dimiliki berkaitan erat dengan bidang rekayasa seperti teknik sipil, mesin, elektro, metalurgi, arsitektur, kimia, industri dan perkapalan.

Untuk memulai pencarian koleksi perpustakaan dapat menggunakan tombol Katalog Online.

Sistem pelayanan pada Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Indonesia menggunakan sistem pelayanan terbuka (open access) yaitu suatu sistem atau cara peminjaman koleksi perpustakaan yang memberikan kesempatan kepada pemakai untuk mengambil sendiri bahan pustaka yang dibutuhkan. Sedangkan untuk koleksi skripsi dan tesis menggunakan sistem pelayanan tertutup (closed access).

2. Unit Pengembangan Kampus Digital
3. FTUI bekerjasama dengan Lembaga Bahasa LIA untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa FTUI berbahasa Inggris dengan membuka kelas TOEFL preparation dan conversation. Mahasiswa FTUI khususnya mahasiswa kelas internasional dapat memanfaatkan kedua kelas tersebut yang diberikan di kampus FTUI Depok.

4. Career Development Center
CDC adalah pusat pelayanan terpadu dalam rangka membangun dan mengembangkan profesionalisme lulusan FTUI. Melalui pusat ini diharapkan dapat terjadi interaksi antara mahasiswa dan alumni dengan dunia industri sehingga lulusan FTUI dapat terserap sesuai dengan bidang keahliannya dan kebutuhan dunia industri. Kegiatan CDC antara lain adalah mengumpulkan dan menyampaikan informasi lowongan pekerjaan kepada anggota CDC baik itu mahasiswa atau alumni FTUI maupun perguruan tinggi lain yang menjadi anggota CDC. Sepanjang tahun, berbagai perusahaan maupun wakil industri/dunia kerja memberikan presentasi sekaligus melakukan wawancara dengan mahasiswa maupun alumni.