Matematika - Universitas Indonesia

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Indonesia
Nama Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Alamat Sekretariat : Kampus Salemba Jl. Salemba Raya 4, Jakarta Pusat
Kode Pos : 10430
Telp : (021) 330355    Telp2 :
Fax : (021) 330343    Fax2 :
Website : http:// www.math.ui.ac.id
Nama Kepala Program Studi : Dr. Yudi Satria, MT
Guru Guru Besar : Belawati HW, Prof. Dr.
Bevina D Handari, PhD
Jumlah Mahasiswa : 223
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 253

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Departemen (d/h Jurusan) Matematika didirikan pada tahun 1961 berdasarkan SK No. 108094/UU tertanggal 21 Desember 1960, bersama-sama dengan Departemen Fisika, Kimia, dan Biologi. Semua Departemen tersebut dikelompokkan dalam satu fakultas yang awalnya bernama Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA). Beberapa tahun kemudian, FIPIA berganti nama menjadi FMIPA, yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pada tahun-tahun awal berdirinya, Departemen Matematika menempati Lembaga Eyckman Jl. Diponegoro Jakarta Pusat, kemudian pindah ke Kampus UI Salemba di Jalan Salemba 4 Jakarta Pusat.

Selama tahun 1961 hingga 1965, Departemen Matematika hanya memiliki satu orang staf pengajar tetap. Kuliah dilangsungkan dengan bantuan beberapa staf pengajar tidak tetap yang berasal dari IBM, BATAN, dan perusahan-perusahaan swasta. Angkatan pertama mahasiswa Matematika lulus dan diwisuda pada tahun 1969.

Mulai tahun 1967, jumlah staf pengajar tetap Departemen Matematika bertambah. Sampai akhirnya pada tahun 2000, Departemen ini telah memiliki 41 orang staf pengajar tetap dan 12 orang staf pengajar tidak tetap. Tahun 2005 staff pengajar tetap berjumlah 42 orang. Kualifikasi staf pengajar bervariasi mulai dari S1 hingga S3 dengan kualifikasi mayoritas S2. Jumlah mahasiswa yang terdaftar pada ATA 2004/2005 ini adalah 236 orang, dengan rata-rata penerimaan tiap tahunnya sekitar 50 mahasiswa.

Tahun 1987 adalah tahun kepindahan Departemen Matematika ke lokasi baru di Kampus UI Depok dan menempati gedung D berlantai 4 yang ditempati bersama-sama dengan Departemen Farmasi. Setelah Departemen Farmasi menempati gedung baru, mulai tahun akademik 2004/2005 menempati seluruh ruang yang ada di gedung D. Pada saat ini Departemen Matematika memiliki 6 buah laboratorium komputer dengan kapasitas untuk 16 - 20 orang, auditorium dan sebuah perpustakaan. Perpustakaan dan 3 (tiga) laboratorium komputer terletak di gedung A. Perpustakaan dan laboratorium komputer ini dibangun dengan menggunakan dana dari Proyek Quality for Undergraduate Education Departemen Matematika. Departemen Matematika adalah salah satu dari 16 program studi yang menerima dana Proyek QUE untuk tahun 1998/1999-2002/2003 dengan total dana USD 1,600,000.

 

T U J U A N

 

  1. Pemahaman konsep serta metode matematis untuk penyelesaian persoalan teoritis maupun terapan.

  2. Kemampuan adaptasi: belajar secara mandiri terhadap perkembangan konsep dan metode matematis untuk penyelesaian persoalan teoritis maupun terapan baru.

  3. Etos kerja yang baik serta didukung daya analisis nalar matematis yang kritis.

  4. Kemampuan membina kerjasama.

 

KOMPETENSI SARJANA MATEMATIKA

 

Disamping memenuhi kompetensi sabagai sarjana UI dan sarjana FMIPA, sarjana Matematika mempunyai kompetensi :

  • Memiliki kemampuan untuk mengikuti perkembangan Matematika, sains dan teknologi

  • Memiliki kemampuan merancang, menganalisis dan menyelesaikan masalah Matematika dan terapannya.

Visi Departemen Matematika FMIPA UI menjadi institusi yang kuat di tingkat nasional dan diakui di tingkat internasional, dalam bidang pendidikan dan penelitian Matematika, serta terapannya..
Misi
  1. Mendidik mahasiswa menjadi lulusan yang mampu 'mengikuti dan beradaptasi terhadap' perkembangan Matematika, Sains, dan Teknologi.

  2. Mendukung dan mengembangkan kegiatan penelitian Matematika dan penelitian multidisiplin.

  3. Memberikan informasi dan konsultasi di bidang Matematika yang dapat membantu masyarakat dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan Matematika, Sains, dan Teknologi.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Per Semester / Per SKS BOP: Rp 7.500.000, Uang Pembangunan: Rp5.000.000

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Fasilitas Program Studi - Ruang kuliah berbasis IT
- Perpustakaan
- Laboratorium Komputer
- Ruang Pertemuan
- Koperasi