Ilmu Ekonomi - Universitas Indonesia

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Indonesia
Nama Fakultas : Ekonomi
Alamat Sekretariat : Kampus Salemba: Jl. Salemba Raya 4, Jakarta Pusat
Kode Pos : 10430
Telp : (021) 330355    Telp2 :
Fax : (021) 330343    Fax2 :
Email : pusadmui@makara.cso.ui.ac.id
Website : http://www.accounting-department.fe.ui.ac.id, http://www.labakuntansi-feui.com
Nama Kepala Program Studi : Dr. Robert A. Simanjuntak
Guru Guru Besar : ROBERT ARTHUR SIMANJUNTAK, Prof., Ph.D
SULASTRI SOEMARMO, Prof., Ph.D
Jumlah Mahasiswa : 412
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 466

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Latar Belakang
Jurusan ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan pemerintah dan swasta akan tenaga analis dan perencana ekonomi, baik pada tingkat makroekonomi maupun mikroekonomi.

Sejarah
Keberadaan Jurusan Ilmu Ekonomi di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) dimulai pada Januari 1952, ketika Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) dipindahkan ke FEUI dan menjadi Jurusan Umum dan Jurusan Sosiologi Ekonomi. Pada tahun berikutnya, didirikan Jurusan Keuangan Negara dan Tata Organisasi Pemerintahan. Selama setengah abad ini, telah terjadi berbagai perubahan organisasi. Pada 1978, Jurusan Ekonomi Umum dan Jurusan Ekonomi Pemerintahan digabungkan menjadi Jurusan Studi Pembangunan (sekarang menjadi Jurusan Ilmu Ekonomi).


Visi
Sasaran yang ingin dicapai oleh Jurusan Ilmu Ekonomi adalah (1) mempertahankan posisi sebagai jurusan ilmu ekonomi terbaik di Indonesia; (2) menghasilkan sarjana ekonomi berkualitas terbaik di Asia; (3) memperbaiki daya saing lulusan di pasar kerja nasional dan internasional.
Untuk mencapai sasaran tersebut, jurusan berupaya meningkatkan kualitas pengajaran dan penelitian melalui pengembangan staf, perbaikan atmosfir akademik, mengurangi inefisiensi dan meningkatkan produktivitas.
Misi
  • Menghasilkan lulusan dalam bidang studi Ekonomi dan Bisnis yang berkualitas tinggi di ASEAN.
  • Mencapai kualitas pengajaran bidang studi Ekonomi dan Bisnis di Indonesia yang unggul di antara negara-negara ASEAN.
  • Menciptakan budaya akademis yang kuat dalam bidang studi Ekonomi dan Bisnis di kalangan pengajar.
  • Mendorong penelitian dan pengabdian masyarakat yang dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Per Semester / Per SKS BOP: Rp 5.000.000, Uang Pembangunan: Rp10.000.000

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi


Selain fasilitas yang disediakan oleh fakultas, Jurusan Ilmu Ekonomi juga menyediakan berbagai fasilitas yang ditujukan untuk memperlancar kegiatan studi mahasiswa, sehingga diharapkan akan memperbaiki prestasi mahasiswa dan memperpendek masa studi. Fasilitas-fasilitas ini berlokasi di Gedung Jurusan Ilmu Ekonomi dan terdiri dari:

-

Laboratorium Ilmu Ekonomi
Laboratorium ini terdiri dari 1 (satu) ruang komputer dan 3 (tiga) ruang diskusi. Di ruang komputer disediakan 20 komputer yang dapat digunakan oleh para mahasiswa yang memerlukan komputer dalam penyelesaian makalah atau skripsi. Selama masa perkuliahan, kedua fasilitas ini dibuka dari pukul 08.00 hingga pukul 15.00.

-

Ruang Perpustakaanj Referensi
Fasilitas ini menyediakan buku-buku referensi yang dapat digunakan untuk menulis makalah atau skripsi. Selain buku, disediakan pula jurnal dan CDROM. Sebagaimana laboratorium, fasilitas ini dibuka dari pukul 08.00 hingga pukul 15.00.

Kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta, atau asing
Pada tahun 1998, Jurusan Ilmu Ekonomi berhasil memperoleh hibah kompetitif berupa dana QUE (Quality of Undergraduate Education). Dalam kerangka ini, selama lima tahun Jurusan memperoleh dana untuk kegiatan pengembangan jurusan, khususnya untuk Program S1. Kegiatan yang didanai antara lain pengiriman tenaga pengajar untuk memperoleh pendidikan lanjutan S3, baik di dalam maupun luar negeri, hibah penelitian dan pengajaran serta beberapa kegiatan lain, yang bertujuan meningkatkan kualitas pengajaran dan penelitian di Jurusan Ilmu Ekonomi.