Ilmu Komputer - Universitas Sanata Dharma

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Sanata Dharma
Nama Fakultas : Sains dan Teknologi
Alamat Sekretariat : Kampus Mrican, Jl. Gejayan, Mrican, Tromol Pos 29, Yogyakarta
Kode Pos : 55002
Telp : (0274) 513301    Telp2 : (0274) 5153552
Fax : (0274) 562383    Fax2 : (0274) 518913
Email : ppmb@staff.usd.ac.id
Website : www.usd.ac.id
Nama Kepala Program Studi : Puspaningtyas Sanjoyo Adi, S.T., M.T.
Guru Guru Besar :
      Drs. Johanes Eka Priyatma, M.Sc.

      Anastasia Rita Widiarti, S.Si., M.Kom.
 

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Hingga tahun 1995 Jurusan Matematika pada Fakultas MIPA Universitas Sanata Dharma hanya memiliki satu program studi (prodi) yaitu prodi Matematika. Meningkatnya permintaan sarjana bidang komputer memicu lahirnya prodi Ilmu Komputer yang menginduk pada Jurusan Matematika FMIPA. Prodi ini berdiri pada bulan Juni 1995 dengan SK DIKTI nomor 314/DIKTI/KOP/1995. Lima tahun setelah berdirinya, tepatnya tahun 2000, prodi Ilmu Komputer menerima status terakreditasi B sesuai SK BAN nomor 008/BAN-PT/Ak-IV/VI/2000.

Tujuan
Berdasarkan visi dan misi yang dirumuskan di atas, maka program studi Ilmu Komputer merumuskan tujuannya dalam 3 dharma berikut:

  • Pengajaran: mendidik dan menghasilkan sarjana-sarjana ilmu komputer yang memiliki kompetensi sebagai berikut:
    • Menguasai konsep-konsep dasar dalam bidang ilmu komputer
    • Memiliki kemampuan analitis dan kritis terhadap berbagai persoalan
    • Mampu menerapkan konsep-konsep yang dipelajari dalam ilmu komputer untuk memecahkan berbagai persoalan dalam bidang komputer, terutama persoalan-persoalan yang berkaitan dengan sistem informasi, sistem cerdas, grafika dan multimedia, maupun komputasi.
    • Memiliki dasar yang cukup untuk mengembangkan ilmu yang dipelajarinya ke tingkat lanjut maupun untuk mempelajari dan beradaptasi dengan perkembangan baru dalam bidang ilmu tersebut.
    • Memiliki integritas kepribadian yang tinggi serta kepekaan terhadap kebutuhan sesama dan masyarakat.
  • Penelitian: melakukan dan menghasilkan penelitian-penelitian dalam bidang ilmu komputer untuk mengembangkan ilmu tersebut maupun untuk menerapkan ilmu tersebut dalam mengatasi persoalan-persoalan konkrit masyarakat.
  • Pengabdian: menyelenggarakan kegiatan-kegiatan bagi masyarakat yang secara langsung maupun tidak langsung dapat meningkatkan kesejahteraan manusia dan keluhuran martabatnya.
   

Kurikulum

  • Kurikulum prodi Ilmu Komputer mensyaratkan untuk lulus dari program S1 Ilmu Komputer mahasiswa harus menempuh minimal 144 sks yang terdiri atas 124 sks mata kuliah wajib dan 20 sks mata kuliah pilihan.
  • Mata kuliah pilihan terbagi dalam 4 bidang peminatan (konsentrasi) yaitu:
    1. Sistem Informasi
    2. Sistem Cerdas
    3. Grafika dan Multimedia
    4. Komputasi
 

Prospek Kerja

Lulusan program studi Ilmu Komputer dapat bekerja di berbagai jenis organisasi baik organisasi pemerintah maupun swasta, sebagai programmer, analis dan desainer sistem, pengajar komputer, wirausaha, dsb.

Visi Dunia dan alam semesta diciptakan Allah sebagai sesuatu yang baik dan diperuntukkan bagi kesejahteraan umat manusia. Manusia dipanggil untuk mempelajari, meneliti, mengembangkan, dan memanfaatkan dunia dan alam semesta itu melalui ilmu pengetahuan, termasuk melalui ilmu komputer. Dengan ilmu pengetahuan, manusia dapat memahami dunia dan alam semesta yang dihuninya untuk mewujudkan kesejahteraan hidupnya serta kepenuhan perkembangan dirinya.
Pendidikan ilmu komputer berlangsung dalam suatu proses yang bercorak dialogis, konstruktivis, dan reflektif, dengan dilandasi prinsip-prinsip etika dan moral, untuk menghasilkan sarjana-sarjana ilmu komputer yang kompeten dalam bidang ilmunya, memiliki integritas kepribadian yang tinggi dan kepekaan terhadap kebutuhan sesama dan masyarakat.
Misi
Dilandasi oleh keyakinan dasar seperti terumus dalam visi di atas, program studi Ilmu Komputer FMIPA Universitas Sanata Dharma mengemban tugas untuk:
   
  • Mendidik dan menghasilkan sarjana-sarjana ilmu komputer yang mampu memadukan di dalam dirinya nilai-nilai humanistik dengan keunggulan penguasaan ilmu, yaitu yang di satu pihak kompeten dan unggul dalam penguasaan bidang ilmunya, dan di lain pihak memiliki integritas kepribadian yang tinggi dan kepekaan terhadap kebutuhan sesama dan masyarakat.
  • Mempelajari, meneliti, mengembangkan, dan memanfaatkan ilmu komputer untuk meningkatkan kesejahteraan manusia dan keluhuran martabatnya dalam rangka pelayanannya kepada masyarakat.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Pendaftaran Rp 100.000
Per Semester / Per SKS Uang Sumbangan Rp 12.000.000, SPP: Rp 1.800.000, SKS: Rp 130.000

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta, atau asing

Selama ini prodi Ilmu Komputer telah menjalin kerjasama dengan pihak-pihak berikut dalam berbagai kegiatan:

  • Oracle Indonesia dalam bentuk kerjasama Oracle Academic Initiative
    Intel Indonesia dan distributornya dalam penyelenggaraan berbagai seminar dan workshop
  • Pemerintah daerah dalam penyelenggaraan berbagai seminar dan workshop
    Yayasan Supersemar, KWI, Astra, Salim Group, Lippo Bank, Yayasan IJARI dalam bentuk pemberian beasiswa untuk mahasiswa berprestasi
  • dll

Lain-Lain

Salah satu cirri khas USD adalah hubungan kekeluargaan antar warganya (mahasiswa, dosen, dan karyawan). Dengan demikian, hubungan antara mahasiswa dengan dosen pun menjadi lebih dari hanya sekedar hubungan fungsional akademis. Di luar jam-jam kuliah, para dosen senantiasa membuka pintu bagi para mahasiswa yang memerlukan konsultasi. Pertemuan rutin antara para mahasiwa dan pembimbing akademiknya dalam acara-acara informal di dalam maupun luar kampus juga sering diselenggarakan.
Di samping itu, para mahasiswa melalui organisasi kemahasiswaan fakultas/prodi secara rutin maupun insidental dapat menyelenggarakan forum dialogal antara seluruh mahasiswa FMIPA/prodi dengan pimpinan fakultas/prodi. Dalam forum ini para mahasiswa dapat mengemukakan berbagai masalah yang dihadapinya maupun menyampaikan usulan, kritik dan saran demi lebih baiknya penyelenggaraan pendidikan.
Menurut komentar banyak mahasiswa prodi Ilmu Komputer, kuliah di prodi Ilmu Komputer itu nyaman karena hubungan dosen-mahasiswa dekat sehingga jika mahasiswa punya masalah, tidak perlu ragu-ragu datang pada dosen untuk ‘curhat’.