Fisika - Universitas Sanata Dharma

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Sanata Dharma
Nama Fakultas : Sains dan Teknologi
Alamat Sekretariat : Kampus Mrican, Jl. Gejayan, Mrican, Tromol Pos 29, Yogyakarta
Kode Pos : 55002
Telp : (0274) 513301    Telp2 : (0274) 5153552
Fax : (0274) 562383    Fax2 : (0274) 518913
Email : ppmb@staff.usd.ac.id
Website : www.usd.ac.id
Nama Kepala Program Studi : Ir. Sri Agustini Sulandari, M.Si.
Guru Guru Besar :
      Dr. Ignatius Edi Santosa, M.S.

      Drs. Asan Damanik, M.Si.

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Deskripsi Program Studi dan Tujuan Pendidikan
Program Studi Fisika berdiri secara resmi sejak 26 April 1993, dengan SK Mendikbud No 48/D/0/1993, seiring dengan pengembangan IKIP Sanata Dharma menjadi Universitas Sanata Dharma (USD). Pendirian ini sekaligus juga merupakan wujud perhatian dan komitmen USD terhadap perkembangan ilmu dasar sebagaimana telah tercantum dalam visi dan misinya.
Misi yang diemban oleh program Studi Fisika adalah:
1. Mendidik dan menghasilkan sarjana Fisika yang unggul dalam bidang ilmunya, memiliki integritas kepribadian yang tinggi, serta peka terhadap kebutuhan sesama.
2. Mempelajari, meneliti, mengembangkan dan memanfaatkan Fisika untuk mewujudkan kesejahteraan manusia dan keluhuran martabatnya.

Kurikulum
Secara garis besar terdiri dari dua bagian:
1. Kurikulum Inti: Dimaksudkan untuk memberikan dasar penguasaan materi Fisika yang bersifat umum, meluas dan mutlak diperlukan untuk pengembangan selanjutnya.
2. Kurikulum Institusional: Dimaksudkan untuk menampung kekhasan yang ingin dicapai dengan mempertimbangkan perkembangan ilmu dan teknologi serta kebutuhan masyarakat.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat, terutama dalam industri, menjadi tantangan bagi program studi dalam menyiapkan mahasiswa untuk dapat menghadapi persoalan di jamannya. Oleh karena itu program studi Fisika menyelenggarakan pendidikan Fisika yang mengarahkan lulusan program studi ini agar mampu menjawab tantangan perkembangan teknologi maupun dunia industri melalui penguasaan ilmu serta penerapan Fisika.
Untuk lebih memenuhi kebutuhan khas pasar kerja dan pengembangan ilmu fisika, kurikulum program studi Fisika memuat dua bidang minat, yaitu bidang minat Fisika terapan (dalam bidang industri) dan Fisika Murni.

Prospek Kerja
Kompetensi lulusan: Memahami prinsip-prinsip Fisika, sehingga dapat mengembangkan ilmu Fisika dan menerapkannya dalam bidang penelitian, pendidikan, teknologi dan industri, sehingga dapat berkompetisi di pasar kerja.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi C

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Pendaftaran Rp 100.000
Per Semester / Per SKS Uang Sumbangan Rp 7.500.000, SPP: Rp 1.350.000, SKS: Rp 1010.000

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi 1. Laboratorium
Program Studi Fisika mengelola laboratorium yang memenuhi kebutuhan praktikum Fisika Dasar, Elektronika, Listrik Magnet, Fisika Modern Mikrokomputer dan Fisika Komputasi. Selain digunakan untuk melayani kebutuhan program Studi, juga digunakan untuk melayani program studi lain dilingkungan dan di luar USD. Laboratorium Fisika memiliki bengkel Fisika yang melayani pembuatan dan perbaikan peralatan praktikum atau alat laboratorium lainnya.
2. Perpustakaan
Perpustakaan dikelola secara terpadu di tingkat universitas, dengan koleksi buku ,CD serta jurnal-jurnal ilmiah terkait, yang dilengkapi workstation untuk bekerja dan mengakses internet.