Ilmu Sejarah - Universitas Sanata Dharma

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Sanata Dharma
Nama Fakultas : Sastra
Alamat Sekretariat : Kampus Mrican, Jl. Gejayan, Mrican, Tromol Pos 29, Yogyakarta
Kode Pos : 55002
Telp : (0274) 513301    Telp2 : (0274) 5153552
Fax : (0274) 562383    Fax2 : (0274) 518913
Email : ppmb@staff.usd.ac.id
Website : www.usd.ac.id
Nama Kepala Program Studi : Drs. Heribertus Hery Santosa, M.Hum.
Guru Guru Besar :

      Dra. Lucia Juningsih, M.Hum.

      Drs. Hieronymus Purwanta, M.A.

&n

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Studi Ilmu Sejarah Membuka Misteri Masa Lampau Merancang Masa Depan"
Bangsa yang pada satu sisi telah bertekad untuk mensejajarkan diri dengan bangsa-bangsa maju dan disisi lain sedang dilanda krisis multidimensional sangat membutuhkan sejarah. Krisis identitas pada dasarnya adalah krisis sejarah. Banyak problem bangsa yang berakar pada masa lampau, banyak orang enggan menengok masa lampau. Krisis identitas itulah yang sedang dialami bangsa Indonesia sekarang ini. Tepatlah apa yang pernah dikemukakan oleh bapak bangsa kita:"Jas Merah: Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah!" Prodi Ilmu Sejarah Fakultas Sastra mengajak para generasi muda untuk bergabung bersama kami pada pekerjaan mulia dan amat menarik, yakni:"Membuka Misteri Masa Lampau untuk berpartisipasi merancang masa depan yang lebih baik".

Kegunaan Sejarah
Sejarah selalu ditulis orang, hal itu membuktikan bahwa sejarah itu penting. Selain berguna bagi pengetahuan, secara umum sejarah memiliki fungsi strategis sebagai sarana pendidikan moral, penalaran, politik, kebijakan, perubahan, masa depan dan estetika. Sejarah juga berfungsi sebagai rujukan dan pembenar tindakan.
   
Tujuan Jurusan Ilmu Sejarah
Jurusan Ilmu Sejarah memiliki satu program studi yakni program studi Ilmu Sejarah, bertujuan untuk menciptakan sejarawan yang mampu mengaktualisasikan dan mengekspresikan diri, peka, kritis dan humanis, serta mampu mengembangkan berbagai dimensi kemanusiaan guna meningkatkan kualitas kehidupan, baik secara pribadi maupun sebagai bangsa. Melalui mata kuliah - mata kuliah keahlian, mahasiswa diarahkan untuk mengembangkan profesionalisme dalam penelitian ilmiah, selain itu dilengkapi dengan sejumlah mata kuliah lain yang berfungsi sebagai penunjang. Satu hal yang menarik, prodi Ilmu Sejarah membekali mahasiswa dengan mata kuliah bahasa belanda sebagai bahasa sumber.
 
Sasaran
Menyediakan sumber daya manusia yang berkualifikasi Sarjana S-1 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang penelitian, pendidikan, kearsipan, media massa, wisata sejarah dan permuseuman
   
Cakupan Studi
Mengingat kehidupan manusia bersifat multidimensional, cakupan studi dalam Ilmu Sejarah cukup luas antara lain meliputi bidang politik, ekonomi, sosial, kebudayaan, agama, pendidikan, dll.
   
Tekanan Pembelajaran dan keunggulan Jurusan
Bertitik tolak dari tujuan dan sasaran tsb., program studi memberi tekanan pembelajaran pada mata kuliah yang menjadi dasar keahlian seperti: metode sejarah, teori dan metodologi sejarah, historiografi Indonesia, historiografi umum, bahasa Belanda, sejarah lisan/lokal, filsafat sejarah, praktek penelitian sejarah, seminar, sejarah Indonesia. Disamping itu beberapa mata kuliah ilmu bantu seperti: antropologi, sosiologi, ilmu politik, museologi, ilmu perpustakaan dan kearsipan, yang sifatnya membantu pengkajian sejarah. Beberapa mata kuliah sejarah yang tematis seperti: sejarah sosial, sejarah ekonomi, sejarah media massa, sejarah maritim, sejarah agraria, dll., pembahasannya lebih difokuskan pada bagaimana mengkaji satu aspek pengalaman manusia meskipun tentu saja tidak meninggalkan substansinya. Dengan kata lain kurikulum program studi dirancang untuk menghasilkan sejarawan khususnya keahlian dalam kajian sejarah Indonesia abad 20. Kegiatan-kegiatan di luar perkuliahan yang mendukung yakni studi trip, diskusi-diskusi, pemutaran film, kursus jurnalistik dan kursus kepariwisataan. Dengan penekanan pada pembelajaran tersebut maka tujuan dan sasaran prodi dapat tercapai.
Keunggulan prodi: mahasiswa lulus menjadi ahli sejarah (sejarawan) khususnya ahli dalam kajian sejarah Indonesia abad 20 sekaligus sebagai peneliti sosial, peneliti kebudayaan dan penulis.
   

Prospek Kerja
Lulusan S-1 Ilmu Sejarah memiliki peluang yang sangat besar untuk dapat bekerja sebagai:

  • Ahli Sejarah
  • Peneliti sosial dan budaya
  • Archiver
  • Pendidik (Dosen/Guru)
  • Jurnalis
  • Penulis
  • Ahli Museum
  • Perancang Wisata Sejarah

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Pendaftaran Rp 100.000
Per Semester / Per SKS Uang Sumbangan Rp 7.000.000, SPP: Rp 1.250.000, SKS: Rp 100.000

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi
1 Kampus dengan nuansa kehijauan
2 Perpustakaan 
3 Lab Komputer dan Internet
4 Alat peraga pembelajaran (film, slide)
5 Bengkel Sejarah
6 Pusat Studi Sejarah Indonesiana
7 Studi Lapangan