Bimbingan dan Konseling - Universitas Sanata Dharma

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Sanata Dharma
Nama Fakultas : Pendidikan
Alamat Sekretariat : Kampus Mrican, Jl. Gejayan, Mrican, Tromol Pos 29, Yogyakarta
Kode Pos : 55002
Telp : (0274) 513301    Telp2 : (0274) 5153552
Fax : (0274) 562383    Fax2 : (0274) 518913
Email : ppmb@staff.usd.ac.id
Website : www.usd.ac.id
Guru Guru Besar :
Drs. Paulus Wahana, M.Hum.
Dra. Maria Josepha Retno Priyani, M.Si.
Dr. Maria Margaretha Sri Hastuti, M.Si.
Drs. Y.B. Adim

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Program studi Bimbingan dan Konseling berada di bawah Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, yang memperoleh status DISAMAKAN (SK Ditjen DIKTI No. 266/DIKTI/Kep/1993) dan status TERAKREDITASI A (SK Mendikbud RI No.78/D/O/1997). Program studi ini bergerak di bidang helping profession yang memfokuskan diri pada pemberian bantuan psikologis bagi individu-individu yang berkepribadian normal agar dapat berkembang secara optimal.

Tujuan Pendidikan
Prodi BK-USD bertujuan mendidik lulusan SMU/SMK menjadi konselor yang unggul, terampil, adaptif dan berkepribadian dewasa dalam menyelenggarakan layanan bimbingan dan konseling, dengan penekanan pada pelayanan perorangan dan kelompok, baik di sekolah maupun di luar sekolah, seperti pelatihan pengembangan kepribadian, pelatihan kepemimpinan, pelatihan komunikasi, pendampingan kaum muda.

Keunggulan Sistem Pembelajaran
• Kurikulum Prodi BK berbasis kompetensi konselor sesuai dengan Standar Kompetensi Konselor Indonesia yang dirumuskan oleh Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN). Dari 151 sks, 93 sks (60%) adalah kurikulum yang berlaku sama di seluruh program studi BK di Indonesia. Kurikulum ini berlaku mulai tahun ajaran 2006-2007. Dengan perkuliahan reguler dan di tambah perkuliahan intensif pada akhir tahun ajaran memungkinkan mahasiswa dapat menyelesaikan 151 sks dalam 4 tahun.
• Selain menyiapkan tenaga konselor di jenjang sekolah menengah, kurikulum ini juga menyiapkan konselor di jenjang pendidikan dasar (Sekolah Dasar).
• Proporsi kurikulum yang 70% bermuatan ilmu Bimbingan, Konseling dan Psikologi sangat memadai dalam membekali kemampuan akademik bagi lulusan Prodi BK menjadi konselor di dalam memberikan konseling perseorangan (individual) dan bimbingan kelompok.
• Komposisi kurikulum yang 50% teori dan 50 % praktek sangat efektif dalam rangka penanamam konsep-konsep penting bimbingan dan konseling, pembentukan keterampilan intelektual yang unggul dalam rangka menganalisis masalah-masalah individu yang dilayaninya, dan penguasaan keterampilan konseling dan memproses kelompok (group process) yang memadai.
• Sistem perkuliahan menerapkan pendekatan belajar eksperensial melalui teknik-teknik dinamika kelompok, group process, sharing, olah refleksi, diskusi, seminar, praktikum, simulasi, studi kasus, widya karya, konseling sebaya, sehingga memudahkan mahasiswa mengoptimalisasikan kemampuan refleksi diri dan menyelami aspek-aspek psiko-sosial yang sangat bermanfaat untuk memahami kehidupan pribadinya sendiri dan pribadi individu yang akan dilayaninya kelak.
• Setiap mahasiswa didampingi oleh penasihat akademik yang selalu siap sedia ditemui untuk konsultasi pribadi di ruang kerjanya masing-masing. Layanan konsultasi pribadi ini dimaksudkan untuk membantu kelancaran proses studi mahasiswa.
• Hubungan dosen dan mahasiswa yang dialogis interpersonal dibangun di atas penghargaan terhadap nilai-nilai individualitas, demokrasi dan saling menghargai, sehingga tercipta suasana belajar yang kondusif.
• Hampir 40% dari jumlah mahasiswa untuk setiap angkatan adalah figur religius (biarawan/wati) yang memiliki komitmen tinggi dalam pelayanan pendampingan kolegial (konseling sebaya) untuk keutuhan perkembangan pribadi teman mahasiswa yang didampinginya.
• Pendampingan akademik dan perkembangan pribadi mahasiswa tidak hanya dilakukan di dalam kegiatan perkuliahan namun juga di luar perkuliahan: (1) di dalam kegiatan ko-kurikuler, seperti pelatihan belajar efektif, workshop pendekatan-pendekatan konseling, pelatihan pengembangan kepribadian, dan (2) di dalam kegiatan ekstrakurikuler, seperti sosiodrama, penulisan artikel, pendampingan kaum muda (rekoleksi)

Keunggulan Mahasiswa
Mulai semester V, para mahasiswa mampu memberikan bimbingan kelompok kepada kaum muda, seperti siswa-siswa SMU, bahkan para mahasiswa. Para mahasiswa semester V ke atas yang tergabung di dalam tim Guidance and Counseling Ministry (GC Ministry) meramu segala kegiatan pendampingan kaum muda dengan mempertimbangkan aspek-aspek psikologis orang-orang yang dilayaninya. Telah banyak kaum muda yang didampingi oleh tim ini, diantaranya siswa-siswa SMP Pangudi Luhur, Klaten; SMA Bopkri I, Yogyakarta; SMA Regina Pacis, Solo; SMA Kanisius, Wonosari; SMA St. Mikael, Sleman; SMA Noterdam, Jakarta; mahasiswa Universitas Atmajaya Yogyakarta; Keluarga Mahasiswa Katolik Fakultas MIPA UGM, Yogyakarta

Kegiatan pendampingan kaum muda ini, di satu sisi dipandang sebagai kegiatan pelayanan, namun di sisi lain dapat dipandang pula sebagai ajang penempaan diri menjadi konselor profesional kelak di kemudian hari.

Prospek Kerja
• Peluang kerja bagi lulusan prodi BK terbentang luas pada berbagai tataran, seperti pendidikan formal (TK/SD s.d PT); lembaga pelayanan karya sosial-pastoral tarekat religius; pusat pendidikan dan latihan (Pusdiklat) di perusahaan/perbankan; panti-panti sosial, seperti panti asuhan, panti rehabilitasi narkoba; Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM); pusat-pusat diklat tenaga kerja, dll.
• Sejalan dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya peran konselor sekolah, permintaan tenaga kerja sebagai konselor di sekolah-sekolah Katolik/Kristen di seluruh Indonesia setiap tahun terus mengalir.
• Kepedulian prodi BK untuk senantiasa ikut memikirkan peluang dan penempatan kerja para lulusan diwujudkan melalui jaringan kerja sama prodi BK dengan lembaga pengguna seperti yayasan pendidikan Katolik/Kristen, perusahaan, biro personalia bank, LSM, dll.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Pendaftaran Rp 100.000
Per Semester / Per SKS Uang Sumbangan Rp 7.500.000, SPP: Rp 1.350.000, SKS: Rp 1010.000

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Fasilitas Program Studi a. Staf Pengajar
Staf dosen prodi BK terdiri dari dosen tetap (95%) baik dari yayasan maupun kopertis V/DPK. Dari sudut kualifikasi, 90% diantaranya berpendidikan master/S2 baik dari luar maupun dalam negeri dan doktor/S3 dari luar negeri.

b. Laboratorium Bimbingan dan Konseling
Untuk menunjang kegiatan pembelajaran dengan pendekatan experiential learning, prodi BK memiliki laboratorium untuk berbagai aktivitas praktek seperti konseling, dinamika kelompok, dan testing. Ruang laboratorium dilengkapi berbagai media audio visual (TV, camera, video player, VCD player, slide projector), ruang simulasi konseling (one-way screen), perangkat tes psikologi dan inventori, serta berbagai media visual BK

c. UPT Perpustakaan
Perpustakaan USD pernah meraih prestasi sebagai perpustakaan terbaik Perguruan Tinggi Swasta pada Kopertis Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 1991. Diantara lebih dari 81.175 judul buku, 2.785 judul adalah yang berkaitan dengan bimbingan konseling dalam edisi terbaru. Selain buku-buku, jurnal-jurnal dan buletin- buletin tentang bimbingan konseling terbitan luar dan dalam negeri juga tersedia.

d. Pembinaan Mahasiswa
Dalam rangka pembinaan mahasiswa, diselenggarakan kegiatan kokurikelur seperti seminar-seminar ilmiah yang menunjang perkuliahan, studi banding ke universitas-universitas yang menyelenggarakan program Bimbingan dan Konseling, study trip ke lembaga-lembaga terkait antara lain Rumah Sakit Jiwa, rehabilitasi narkoba, panti asuhan, dll.

Selain itu, diselenggarakan pula kegiatan ekstrakurikuler, seperti pelatihan belajar efektif, workshop konseling, pembinaan olah pribadi melalui berbagai kegiatan gladi rohani, program pendampingan kaum muda melalui tim Guidance and Counseling Ministry, program relawan di lembaga-lembaga terkait, dan pengembangan minat dan bakat (tulis menulis, seni, olah raga)

Selain itu juga terdapat:
1 Tempat kuliah yang nyaman di Kampus I 
2 Ruang laboratorium yang ber-AC dilengkapi berbagai media audio visual (TV, camera, video player, DVD/VCD player, slide projector), ruang simulasi konseling (one-way screen, perangkat tes psikologi dan inventori, serta berbagai media visual BK digunakan untuk berbagai aktivitas praktik seperti konseling, dinamika kelompok, dan testing psikologi. 
3 Di antara lebih dari 81.175 judul buku, 2.785 judul adalah yang berakitan dengan bimbingan konseling dalam edisi terbaru. Selain buku-buku, jurnal-jurnal, dan buletin-buletin tentang bimbingan konseling terbitan luar dan dalam negeri juga tersedia.
Kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta, atau asing • Untuk menunjang praktek lapangan di sekolah, prodi BK bekerja sama dengan sejumlah SD, SMP dan SMA swasta (Katolik, Kristen Protestan, Islam) dan negeri di Yogyakarta.
• Untuk menunjang praktek lapangan di luar sekolah, prodi BK bekerja sama dengan sejumlah panti asuhan dan asrama di DIY dan Jawa Tengah, baik yang bernaung di bawah yayasan agama (Katolik, Kristen) maupun umum.
• Untuk menunjang kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, prodi BK bekerja sama dengan lembaga-lembaga yang terkait dan relevan, seperti Rumah Sakit Umum, Rumah Sakit Jiwa, Lembaga Permasyarakatan, Crisis Centre.
• Untuk pengembangan program pendidikan , prodi BK ikut aktif dalam kegiatan-kegiatan ilmiah yang diselenggarakan oleh organisasi profesi bimbingan dan konseling yaitu Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN).