Teknik Informatika - Universitas Trisakti

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Trisakti
Nama Fakultas : Teknologi Industri
Telp : (+62-21) 4000-1234    Telp2 :
Fax : (+62-21) 4000-1234    Fax2 :
Email : info@acehjustice.org
Nama Kepala Program Studi : Ahmad Zuhdi, S.Si, M.Kom

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Jurusan Teknik Informatika merupakan jurusan termuda yang bernaung dibawah Fakultas Teknologi Industri. Pelaksanaan belajar mengajar di Jurusan Teknik Informatika dilaksanakan atas dasar Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi - Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia no.: 379/DIKTI/Kep/1996 tentang Pemberian Status Terdaftar kepada Jurusan Teknik Informatika untuk jenjang Program S-1 pada Fakultas Teknologi Industri di Lingkungan Universitas Trisakti.

Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Trisakti terus-menerus mengembangkan diri. Sesuai dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi no.: 004/BAsN-PT/Ak-IV/IV/2000 tertanggal 27 April 2000 tentang Akreditasi Program Studi Teknik Informatika dengan peringkat B. Jurusan ini telah menghasilkan lulusan semenjak tahun 2001 dan mereka telah terserap di berbagai bidang industri.

Pada tahun akademik 2002/2003 mulai diselenggarakan program studi Sistem Informasi, berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi - Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia no. : 1603/D/T/2002 tertanggal 22 Agustus 2002.

Mulai tahun akademik 2003/2004, jurusan Teknik Informatika melakukan penajaman kompetensi lulusan dan kurikulum, dengan membuat beberapa peminatan studi atau konsentrasi, sebagai berikut :

Program studi Teknik Informatika.
  • Konsentrasi Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) yang memiliki Kompetensi mencakup semua aspek praktis dalam pengembangan & pendukung produk perangkat lunak, mulai inisiasi proyek hingga pengoperasian, pemeliharaan dan evolusinya.
  • Konsentrasi Sistem & Jaringan Komputer (Net-Centric Computing) yang memiliki Kompetensi pada pengembangan sistem & infra-struktur berbasis teknologi jaringan komputer.
  • Konsentrasi Grafika Komputer & Multimedia (Computer Graphics & Multimedia) yang memiliki Kompetensi pada penguasaan serta kemampuan analitis dalam rancang bangun sistem audio-visual berbasis komputer, khususnya untuk aplikasi grafik & multimedia.

    Program studi Sistem Informasi dengan peminatan Sistem Informasi.

    Kegiatan jurusan selalu berpedoman pada visi & misi Fakultas Teknologi Industri yang diturunkan dari visi & misi Universitas Trisakti, dengan mengacu pada etos kerja yang dijiwai moto "Total value enhancement", yakni peningkatan nilai seluruh entitas yang ada, meliputi sivitas akademika, kurikulum, laboratorium, dan proses belajar mengajar.
  • Visi
  • Memahami ilmu komputer, sebagai disiplin akademik maupun sebagai bidang profesi teknologi informasi (senior programmer, system engineer, IT manager, business solution architect, network specialist, database specialist.)
  • Mampu menerapkan pengetahuan dalam memecahkan masalah-masalah di bidang teknologi informasi, khususnya berkaitan dengan aplikasi sistem komputer ( jaringan komputer, sistem basis data, pemprograman aplikasi, dan komputasi enterprise), baik secara individual maupun kerja tim.
  • Memiliki kedalaman intelektual yang dibutuhkan dalam menjawab tantangan dan perkembangan teknologi informasi di masa yang akan datang.
  • Memiliki kompetensi tertentu, sesuai dengan peminatan studi yang dipilih dan dapat diuji keandalannya dalam bidang profesi yang akan ditekuni.
  • Misi Dengan memperhatikan tujuan-tujuan lain yang lebih umum, kurikulum yang dilaksanakan di Jurusan Teknik Informatika secara khusus bertujuan untuk menghasilkan sarjana S-1 yang berkualitas dalam bidang keilmuannya. Dengan demikian lulusan Jurusan Teknik Informatika, diharapkan mempunyai kualifikasi sebagai berikut:
  • Mampu menerapkan secara bijaksana ilmu-ilmu Teknologi Informasi dengan penuh disiplin dan dedikasi yang tinggi bagi kepentingan masyarakat, baik di sektor industri maupun sektor lain.
  • Memiliki pengetahuan, ketrampilan, perhatian dan perilaku yang sesuai dengan kebutuhan dan teknologi yang sedang berkembang.
  • Mempunyai kemampuan yang mencakup bidang perencanaan dan pengembangan suatu sistem berbasis Teknologi Informasi untuk diterapkan di instansi pemerintah maupun swasta.
  • Mampu untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan penelitian dan pengembangan dalam bidang Teknologi Informasi.
  • Mempunyai kemampuan untuk mengelola atau mengusahakan industri dan jasa-jasa dalam bidang Teknologi Informasi secara efektif dan efisien.
  • AKREDITASI PROGRAM STUDI

    Akreditasi B

    BIAYA KULIAH

    Biaya Rata rata per semester

    INFORMASI BEASISWA

    FASILITAS

    Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
    Fasilitas Program Studi
  • Grafik dan pemrosesan citra
  • LABORATORIUM KECERDASAN BUATAN
  • Laboratorium Sistem & Jaringan Komputer
  • LABORATORIUM INFORMATIKA DASAR
  • REKAYASA PERANGKAT LUNAK & SISTEM INFORMASI