Pendidikan Sejarah - Universitas Sanata Dharma

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Sanata Dharma
Nama Fakultas : Pendidikan
Alamat Sekretariat : Alamat: Kampus Mrican, Jl. Gejayan, Mrican, Tromol Pos 29, Yogyakarta
Kode Pos : 55002
Telp : (0274) 513301    Telp2 : (0274) 5153552
Fax : (0274) 562383    Fax2 : (0274) 518913
Email : ppmb@staff.usd.ac.id
Website : www.usd.ac.id
Guru Guru Besar : Dra. Theresia Sumini, M.Pd.

 Drs. Yohanes Rasul Subakti, M.Pd.

Drs. B. Musidi, M.Pd.

Drs. Adisusilo

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi S t a t u s
Program Studi Pendidikan Sejarah yang sudah berdiri sejak pada tahun 1955, statusnya disamakan sejak tahun 1962 dan terakreditasi dengan nilai A, tahun 2003. Sudah meluluslan ribuan Sarjana (Drs dan S-1) serta Sarjana Muda, Diploma IPS dan Diploma PPKN, yang bekerja di seluruh Indonesia, khususnya sebagai guru Sejarah, PKN dan Sosiologi

Tujuan
Dengan memadukan keunggulan akademik dan nilai-nilai humanistik, Program Studi Pendidikan Sejarah bertujuan menghasilkan sejarawan pendidik yang profesional, dalam bidang ilmu sejarah dan bidang kependidikan, yang dilandasi nilai-nilai kristiani yang universal dan nilai-nilai kemanusiaan.

Prospek Lulusan
Peluang kerja bagi lulusan Program Studi pendidikan Sejarah sangat luas. Lulusan Prodi Pendidikan Sejarah terbukti dapat menjadi salah satu dari profesi berikut:
> guru Sejarah, PPKN dan Sosiologi di SLTP, SMU maupun SMK serta IPS di SLTP.
> penulis buku teks sejarah Indonesia dan Dunia.
> kolumnis, editor penerbitan, wartawan atau jurnalis media cetak dan elektronik.
> tidak sedikit yang mengembangkan diri menjadi guide studi tour, wiraswasta kliping dan studi lanjut S2 maupun S3 serta menjadi dosen di perguruan tinggi.
> banyak lulusan sudah dipesan sebelum lulus.
> hingga saat ini semua mendapat pekerjaan, kurang dari satu bulan sejak lulus.
> lulusan bekerja di seluruh pelosok tanah air.

Program Unggulan
Dalam rangka mengantisipasi kebutuhan dunia kerja yang bersifat global, Program Studi Pendidikan Sejarah menawarkan dua program unggulan, yaitu paket Jurnalistik dan matakuliah pilihan yang mendukung pengajaran PPKN dan Sosiologi. Paket Jurnalistik memberikan bekal kepada mahasiswa agar memiliki keahlian sebagai kolumnis, jurnalis media massa cetak dan elektronik, atau editor penerbitan majalah dan buku pelajaran.

Profil Prodi
Kuliah dengan sistem kredit dan penyusunan tugas akhir dapat ditempuh lebih kurang 8 semester. Masa studi tersebut dapat dipercepat karena Prodi Pendidikan Sejarah menawarkan Semester Pendek ( Semester Antara ). Pada umumnya mahasiswa dapat menyelesaikan studi ( S-1) sekitar 9 semester. Masa tunggu untuk mendapatkan pekerjaan, 0 – 2 bulan (65 %) dan 2-3 bulan (35%).

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Pendaftaran Rp 100.000
Per Semester / Per SKS Uang Sumbangan Rp 7.000.000, SPP: Rp 1.250.000, SKS: Rp 100.000

INFORMASI BEASISWA

Ada berbagai macam beasiswa yang ditawarkan tanpa ikatan, antara lain Beasiswa Sanata Dharma & Bantuan Khusus, Beasiswa KWI, Supersemar, Lippo Bank, Bank Niaga, Bantuan Penyusunan Skripsi, Peningkatan Prestasi Akademik, Yayasan Toyota-Astra, Yayasan Salim dan Dana Van Lith.

Untuk membantu kesejahteraan mahasiswa disediakan perawatan kesehatan yang berupa asuransi dan bantuan perawatan kesehatan, poliklinik, pelayanan rohani, dan pelayanan psikologi.

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi Kegiatan Mahasiswa
Disediakan berbagai wadah untuk menyalurkan bakat dan kreativitas mahasiswa, antara lain: UKM Pramuka, Korps Sukarela, Penerbitan Majalah Kampus, Penalaran, Kesenian, Bela Diri, Pengembangan ketrampilan. Olah raga, Mapasadha, Koperasi Mahasiswa, Menwa, Paduan Suara Mahasiswa dan Kerohanian.
Kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta, atau asing Program Studi Pendidikan Sejarah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, misalnya lembaga pendidikan sekolah, yayasan panti asuhan dan perusahaan. Bentuk kerja sama itu antara lain praktek lapangan dan magang bagi mahasiswa.

Alumni
Program Studi Pendidikan Sejarah selalu mengadakan hubungan dengan para alumninya baik dalam rangka kerjasama maupun hubungan alumni dengan alma maternya. Hubungan itu dalam bentuk seminar rutin setiap 2 hingga 3 bulan sekali, kerjasama dalam promosi, dalam penempatan kerja bagi lulusan baru maupun reuni.